Android

Mengatasi Foto dan Video yang Tiba-Tiba Hilang di Android Serta Penyebabnya

By

on

Foto dan Video yang Tiba-Tiba Hilang di Android – Foto dan Video di smartphone mendadak hilang padahal sebelumnya masih tersimpan rapi di gallery biasanya terjadi karena beberapa faktor. Terdapat beberapa faktor penyebab foto dan video di smartphone yang secara tiba-tiba hilang, salah satunya terkena virus. Berikut ini beberapa faktor penyebab tiba-tiba foto dan video hilang di Android.

Penyebab Foto dan Video yang Tiba-Tiba Hilang di Android

1. Android Terkena Virus
Salah satu penyebab foto dan video hilang secara tiba-tiba bisa disebabkan karena virus yang menyerang smartphone. Serangan virus tersebut bisa saja terjadi akibat kesalahan penggunaan smartphone. Seperti menginstal aplikasi atau game yang tidak diketahui sumbernya.

2. Memori Smartphone Penuh
Selain file sampah yang menumpuk, foto dan video yang hilang juga disebabkan karena memori smartphone penuh. Untuk menghindari masalah tersebut sebaiknya bersihkan atau hapus beberapa file yang sekiranya tidak penting.

3. Encode Tidak Berfungsi Baik
Penyebab lainnya yaitu karena encode tidak berfungsinya dengan baik sehingga file atau foto yang diunduh tidak dapat dibaca ketika sudah disimpan di galeri smartphone. Hal ini terjadi karena sandi atau encode yang menempel pada file tersebut tak berfungsi secara baik, yang akhirnya file rusak ketika dibaca oleh smartphone.

4. Memori Sering Dilepas Pasang
Salah satu penyebab lainnya karena memori atau microSD yang sering dilepas dan dipasang kembali. Cara ini bisa membuat chips pada microSD mengalami kerusakan karena sering tersentuh jari ketika akan dipindahkan atau dilepas.

Baca Juga : Cara Mengunci Galeri di iPhone 

Cara Mengatasi Foto dan Video yang Tiba-Tiba Hilang di Android

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah foto dan hilang tiba-tiba di android.

Cara 1.

Matikan atau turn Off android, lalu lepaskan SIM Card dan memori Card, jika memungkinkan anda juga dapat melepas baterai. Setelah beberapa menit, pasang kembali perangkat yang dilepas dan hidupkan kembali smartphone anda.

Cara 2.

  • Install aplikasi ES File Explorer.
  • Lalu buka folder berisi foto, musik dan video.
  • Setelah itu, perhatikan jika ada file bernama.nomedia maka hapus file tersebut.
  • Kemudian restart atau reboot smartphone.

Cara 3.

Gunakan aplikasi Rescan Media (ROOT), namun pastikan sebelumnya smartphone sudah di Root.

  • Install aplikasi Rescan Media (ROOT).
  • Buka aplikasi dan tap tombol Re-enable Media Scanner, lalu tunggu muncul notifikasi Done.
  • Selanjutnya buka galeri dan tunggu beberapa menit, maka file akan ditampilkan.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Mudah Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Itulah informasi yang diberikan tentang Mengatasi Foto dan Video yang Tiba-Tiba Hilang di Android. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login