Android

Cara Terbaru Cek IMEI Samsung Resmi Atau Ilegal 100% Akurat

By

on

Cara Cek IMEI Samsung International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah kumpulan kode unik dari 14 hingga 16 digit angka yang berbeda-beda untuk setiap jenis ponsel. Nomor IMEI adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu GSM yang diproduksi oleh produsen ponsel. Jika diibaratkan manusia, IMEI adalah NIK untuk ponsel. Setiap ponsel memiliki kode IMEI yang berbeda, lalu bagaimana cara mengetahui kode IMEI pada ponsel anda?

Setiap ponsel memiliki kode IMEI yang berbeda, meskipun memiliki tipe ponsel yang sama. Deretan kode tersebut memiliki fungsi yang berguna untuk memastikan dan menjelaskan banyak hal tentang ponselnya. Namun masih banyak orang yang belum mengerti tentang pentingnya mengetahui kode IMEI ponsel. Berikut ini pentingnya mengetahui kode IMEI ponsel.

Baca Juga : Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi

Pentingnya Kode IMEI

1. Memberi Informasi Tentang Ponsel
Kode IMEI juga berfungsi untuk memberikan informasi tentang ponsel anda. Caranya dengan mengunjungi situs IMEI.info dan masukkan kode IMEI ponsel. Setelah itu akan muncul informasi secara rinci tentang ponsel anda, seperti tahun rilis, perusahan pembuat, dan model ponsel.

2. Mencegah Penipuan
Kode IMEI berfungsi untuk mencegah penipuan ketika anda ingin membeli ponsel bekas. Anda dapat mencocokkan kode IMEI yang tertera pada ponsel dengan kode IMEI yang tertera pada kotaknya. Jika kedua kode IMEI tidak sama, maka dipastikan kalau kotak tersebut bukan kotak asli dari ponselnya.

3. Melacak Ponsel yang Hilang
Kode IMEI juga berfungsi ketika ponsel anda hilang atau dicuri. IMEI dapat digunakan untuk melaporkan kehilangan ke COntact Center atau Service Center. Dengan begitu, akan diketahuo riwayat perbaikan unit yang selanjutnya bisa dipakai untuk menginformasikan data pengguna setelah ponsel itu hilang berdasarkan sistem.

4. Melacak Ponsel Ilegal
Beredar kabar, tahun 2020 pemerintah akan memblokir ponsel ilegal. Jadi, jika ponsel anda ilegal maka secara otomatis operator akan memblokir ponsel sehingga perangkat tidak bisa lagi digunakan. Provider bisa ‘mematikan’ ponsel melalui nomor IMEI. Nantinya, ponsel seludupan dan ponsel curian tidak bisa dipakai karena IMEI-nya tidak terdaftar secara resmi atau dilaporkan hilang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi LINE Tidak Bunyi

Cara Cek IMEI Samsung

Ada 3 cara yang bisa anda gunakan untuk cek kode IMEI di Hp Samsung. Cara cek IMEI Samsung sangat mudah. Anda bisa menggunakan salah satu cara yang kami sampaikan berikut ini.

1. Melalui Keypad

Cara cek IMEI samsung yang pertama, anda bisa menggunakan kode khusus, berikut caranya:

  • Terlebih dahulu buka menu Keypad atau Dial Pad.
  • Tekan kode *#06#.
  • Secara otomatis akan muncul tampilan yang menunjukkan kode IMEI ponsel anda termasuk kode IMEI untuk SIM Card 1 dan SIM Card 2 apabila menggunakan hp Samsung dual sim.

Kode dial tersebut dapat digunakan untuk semua tipe smartphone Samsung. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kode dial tersebut untuk cek IMEI iPhone ataupun smartphone lainnya, seperti buatan Xiaomi, Vivo, Oppo, LG, Sony, dan berbagai merek lainnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

2. Melalui Menu Setting

Selain menggunakan kode dial, anda juga bisa cek kode IMEI samsung melalui menu setting, berikut caranya:

  • Masuk ke menu aplikasi, lalu klik Setting
  • Kemudian cari About Phone
  • Selanjutnya tinggal cari kode IMEI

Selain melihat kode IMEI, kita juga bisa melihat baragam informasi lainnya, seperti sistem operasi yang digunakan dan lainnya.

3. Lihat Dushbook

Setelah melakukan cek kode IMEI dengan kedua cara diatas, selanjutnya anda bisa lakukan cek menggunakan Dushbook ponsel untuk mengecek apakah kode sama atau tidak. Jika nomor IMEI berbeda dengan yang tertera pada dushbook, maka kemungkinan dushbook palsu. Biasanya hal ini terjadi saat kita membeli hp Samsung bekas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi LINE Tidak Bunyi

Cek IMEI Samsung Resmi Atau Ilegal

Setelah mengetahui kode IMEI di ponsel anda, cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari informasi apakah kode IMEI Samsung anda Resmi atau Ilegal. Seperti yang kita ketahui, tahun 2020 mendatang pemerintah akan melakukan pemblokiran ponsel melalui nomor IMEI. Pemblokiran tersebut akan berlaku bagi hp Samsung yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar pada database kemenperin (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia).

Untuk itu, kita perlu mengetahui apakah omor IMEI yang kita miliki terdaftar atau tidak, simak cara di bawah ini.

  • Buka situs http://kemenperin.go.id/imei
  • Lalu masukan nomor IMEI hp Samsung yang kita miliki.
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai nomor IMEI, perusahaan, merek, dan model.
  • Jika tidak ada database yang ditampilkan, maka hp Samsung yang kita miliki merupakan hp ilegal atau black market.

Jika anda tidak bisa mengakses situs tersebut, ada kemungkinan situs sedang mengalami perbaikan atau pengembangan. Selain itu, anda bisa mengakses situs https://www.imei.info yang juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian Hp Samsung.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Terbaru Cek IMEI Samsung Resmi Atau Ilegal  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login