fbpx

Android

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di HP Android Paling Mudah

By

on

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di HP Android – Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, saat ini kita dapat menikmati video dengan kualitas gambar yang lebih tajam. Jika pada zaman dahulu banyak orang menonton televisi dengan kualitas gambar hitam putih, saat ini kita bisa menikmati video layar berwarna dengan berbagai resolusi yang disediakan, mulai dari HD video hingga video 4k atau UHD video. Tidak hanya dari televisi, saat ini kita juga bisa menikmati nonton video menggunakan smartphone. Namun pada kebanyakan smartphone, kita hanya bisa menonton video dengan kualitas HD, sedang resolusi UHD hanya bisa digunakan pada smartphone dengan spesfifikasi tinggi. Untuk itu, kali ini kita akan memberikan solusi tentang cara memutar video resolusi 4K di Hp android dengan spesifikasi rendah atau sedang.

Video 4K adalah hasil video dengan resolusi sangat tinggi yang mampu merekam video resolusi 4x lebih detil dari video HD biasa, atau disebut juga dengan Ultra HD (UHD). Dalam hitungan pixel, bidang gambar dari video 4K adalah 3840×2160 piksel yang melebar dengan aspek rasio 16:9. Video 4K itu punya data rate yang sangat tinggi, sehingga dalam waktu singkat bisa jadi kartu memori yang kita pasang langsung terisi penuh. Itupun dengan catatan kartu memori yang dipakai harus yang punya kecepatan baca tulis sangat tinggi.

Baca Juga : Aplikasi Convert Video 

Terdapat dua cara untuk mengatasi masalah smartphone android tidak dapat memutar video dengan resolusi tinggi. Cara pertama yaitu dengan membeli smartphone baru yang memiliki kualitas hardware yang lebih tinggi dengan harga yang cukup mahal, atau dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk untuk bisa nonton video 4K di HP android.

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K dengan MX Player

MX Player adalah salah satu aplikasi video player terbaik android yang dapat anda gunakan untuk memutar video resolusi tinggi 4K atau UHD Resolution. MX Player memiliki fiturHW+ decoder dan multi-core decoding sehingga dapat memutar video dengan kualitas yang lebih baik. Karena pada umumnya aplikasi bawaan android hanya dapat memutar video dengan kualitas 2K. Cara menggunakan aplikasi ini yaitu dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Terlebih dahulu download aplkasi MX Player melalui Google Play.
  • Lalu Install dan buka aplikasi MX Player.
  • Selanjutnya masukkan file video yang ingin anda putar ke memori eksternal android.
  • Lalu klik icon refresh pada bagian atas, agar nantinya semua daftar putar di perbarui.
  • Jika file video sudah masuk, video sudah siap untuk diputar.
    Selesai.

Meskipun dapat memutar video dengan resolusi tinggi, terkadang aplikasi video yang diputar terjadi patah-patah pada gambar atau terjadi lag.

Baca Juga : Cara Convert DVD ke Video Digital

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K dengan video player

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk memutar video resolusi tinggi 4K yaitu aplikasi video player yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki tampilan interface yang cukup bagus, serta didukung dengan pilihan format video yang cukup lengkap seperti AVI, MP3, WAV, AAC, MOV, MP4, WMV, RMVB, FLAC, 3GP, M4V, MKV, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi ini juga anda bisa menambahkan subtitle.

Baca Juga : Cara Convert Video ke GIF

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K dengan Video Player & Media Player All Format for Free

Video Player & Media Player All Format for Free adalah aplikasi pemutar video dari pengembang Video Maker Inc. Dengan aplikasi ini anda dapat memutar video secara maksimal dengan kualitas video resolusi tinggi 4K. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format video seperti AVI, MP3, WAV, AAC, MOV, MP4, WMV, RMVB, FLAC, 3GP, M4V, MKV, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan untuk penggunanya. Karena dengan menginstall dan buka aplikasi, secara otomatis aplikasi melakukan scanning pada semua video yang ada di internal dan eksternal memori. Dengan begitu, anda tidak perlu repot mencari satu persatu dari galeri.

scanning pada semua video yang ada di internal dan eksternal memori. Dengan begitu, anda tidak perlu repot mencari satu persatu dari galeri.

Baca Juga : Cara Convert DVD

Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K dengan KMPlayer

Aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kualitas video yang anda putar adalah dengan aplikasi KMPlayer dari pengembang Pandora TV. Aplikasi ini dapat memutar video resolusi tinggi termasuk termasuk HD, UHD, Full HD, hingga 4K. Selain itu, terdapat banyak fitur menarik yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan kebutuhan anda ketika nonton video.

Aplikasi KMPlayer bisa anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Baca Juga :  Cara Convert Video MP4 ke MP3

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di HP Android . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares