fbpx

Android

Aplikasi BackUp Data Android GRATIS Terbaik, Mudah Digunakan

By

on

Aplikasi BackUp Data Android – BackUp Data menjadi salah satu tindakan yang sering diabaikan oleh pengguna Android. Padahal backup data penting dilakukan untuk mencegah kehilangan file-file atau data dalam android. Pada penggunaan sistem pasti memiliki risiko kehilangan file atau data-data penting yang disebabkan oleh beberapa masalah. Berikut ini beberapa Aplikasi BackUp Data Android GRATIS Terbaik yang bisa anda gunakan untuk membantu proses backu up data menjadi lebih mudah.

File atau data pada android dapat hilang dengan sendirinya yang disebabkan oleh beberapa masalah seperti kerusakan pada perangkat, atau adanya permbaharuan firmware yang juga dapat memformat perangkat. Dengan aplikasi BackUp Data ini akan secara otomatis menyimpan data atau file secara online atau offline.

Aplikasi BackUp Data Android

App Backup & Restore – Easiest backup tool

App Backup & Restore ini dapat digunakan untuk menyimpan, mengarsipkan, atau menghapus file cadangan melalui UI-nya. Kita dapat menyimpan atau mencadangkan file dengan cepat dan mengatur file cadangan untuk disimpan di kartu SD.

Aplikasi ini juga memiliki scanner file dan pemindai virus APK bawaan. Namun aplikasi ini hanya memungkinkan kita untuk mencadangkan dan memulihkan file APK saja,tanpa data tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) HP Android 

Backup & Restore

Backup & Restore memiliki fitur pencadangan (BackUp) dan pemulihan (restore). Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat file cadangan, memulihkan, mentransfer, dan membagikan aplikasi dan data pribadi. Selain itu, anda juga dapat mencadangkan file dalam kartu SD atau sistem cloud online semacam Google Drive. Dengan aplikasi ini and ajuga dapat melakukan auto-backUp yang memungkinkan anda secara otomatis membuat cadangan setiap melakukan pembaruan instalasi aplikasi.

Aplikasi Backup & Restore juga memiliki fitur pemindai virus bawaan, pemindai file APK, modus malam, dan mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, tanggal atau ukuran file.

Contacts Backup & Restore by Simpler

Aplikasi Contacts Backup & Restore by Simpler paling cocok digunakan untuk mencadangkan kontak. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencadangkan kontak sebagai file VCF dan dapat berfungsi dalam mode offline. Selain itu pengguna juga dapat mengekspor file cadangan tersebut ke dropBox, Google Drive atau kartu SD.

Aplikasi dapat digunakan secara gratis, tanpa iklan dan pembelian aplikasi.

Baca juga : Game Mod Offline Unlimitied APK

G Cloud Backup

G Cloud Backup, dapat dikatakan menjadi salah satu aplikasi backup data terbaik di Android, karena pengguna akan mendapatkan 1GB ruang cadangan secara gratis. Ruang cadangan yang telah disediakan dapat digunakan untuk menyimpan SMS, log panggilan, kontak, pengaturan sistem, foto, video, dan musik. Dengan demikian kita akan lebih mudah untuk memindahkan file atau data yang akan di backup.

Aplikasi ini juga dilengkap dengan fitur kata sandi sehingga data atau file akan tersimpan dengan aman. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memerlukan akses root atau konfigurasi lainnya.

Google Drive

Google Drive salah satu aplikasi penyimpanan Cloud gratis dari Google yang memiliki ruang penyimpanan sebesar 15GB. Ruang penyimpanan tersebut mampu untuk menyimpan foto, file, atau beragam dokumen.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengakses drive Google Virtual dari perangkat apapun. Aplikasi ini juga dapat mengakses file secara offline hanya dengan menggunakan prosedur sederhana.

Namun, Google Drive tidak dapat melakukan pencadangan secara otomatis, Google Drive hanya mencadangkan file-file personal saja. File yang akan dicadangkan juga harus diunggah ke sistem cloud Google Drive.

Baca Juga : Emulator Android Ringan

Google Photos

Google Photos adalah aplikasi berbagi dan penyimpanan foto yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memiliki ruang penyimpanan unlimitied secara gratis dengan resolusi foto hingga 16MP dan video 1080p. Aplikasi ini dapat mencadangkan dan mengatur foto secara otomatis.

Aplikasi ini juga memiliki fitur editor bawaab dan dukungan untuk Chromecast. Serta dapat membagikan foto langsung dari aplikasi.

Helium – App Sync and Backup

Aplikasi Helium menjadi salah satu aplikasi backup data terbaik yang dapat digunakan tanpa melalui akses root. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mencadangkan aplikasi, data, kontak, pesan dan log panggilan.

Aplikasi ini tersedia verso premiun dan versi gratis. Untuk versi gratis memungkinkan file cadangan dan memulihkan ke kartu SD. sedangkan versi premiumnya hadir dengan fitur tambahan seperti penghapusan iklan, sinkromisasi android ke android lainnya, pencadangan dan pemulihan dari cloud.

SMS Backup and Restore

SMS Backup and Restore memungkinkan pengguna membuat file cadangan dari pesan teks pada android. Aplikasi ini akan menyimpan data SMS, MMS dan log panggilan dalam format file XML. Dengan aplikasi ini pengguna juga dapat mentransfer data antara dua perangkat melalui Wifi langsung atau mengirim lewat Email.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengunggah otomatis file cadangan ke Google Drive atau Dropbox. Dengan aplikasi ini anda juga bisa mengkonversikan file cadangan XML ke format lain untuk dibuka di perangkat yang berbeda.

Baca Juga: Cara Download dan Simpan Video Tik Tok 

Super Backup & Restore

Super Backup & Restore sering disebut sebagai aplikasi pencadangan dan pemulihan tercepat untuk Android. Dengan aplikasi ini pengguna dapat mencadangkan aplikasi, pesan, kontak, riwayat panggilan, bookmark dan kalender ke kartu SD atau Google Drive. Selain itu dengan aplikasi ini anda juga dapat menjadwalkan pencadangan otomatis.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah untuk di aplikasikan dengan tema-tema yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan berisi iklan. Namun, aplikasi ini perlu menggunakan akses root pada perangkat Android.

Titanium Backup

Titanium Backup menjadi aplikasi backup data paling banyak digunakan sejak pertama kali android dikenal masyarakat. Aplikasi bebas iklan dan tersedia dalam versi premium dan gratis. Dalam versi gratisnya, aplikasi ini dapat mencadangkan dan memulihkan aplikasi bersama dengan data aplikasi, SMS, kontak, dll. Sedangkan pada versi premiumnya, aplikasi ini menyediakan beberapa fitur tambahan seperti sinkronisasi ke penyimpanan cloud, backup otomatis, pemulihan batch, frezer aplikasi, dsb.

Secara keseluruhan aplikasi ini memiliki kualitas yang cukup bagus. Namun aplikasi ini membutuhkan akses root untuk dapat menggunakannya.

Baca Juga : Aplikasi Tombol Power Android Terbaik

Itulah Aplikasi BackUp Data Android GRATIS Terbaik, Mudah Digunakan. Semoga dapat dijadikan sebagai sumber referensi pengguna. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares