jaringan komputer

4 Perangkat Penting Untuk Membangun Jaringan

on

Pro.co.id – Jika anda seorang yang berkecimpung dalam dunia komputer atau seorang mahasiswa yang mengambil mata kuliah TI serta sering mendengar jika di kantor menggunakan jaringan LAN, WAN atau lainnya maka yang terlintas dalam benak kita adalah berupa perangkat seperti Switch, Accses Point atau Lainnya. Karena memang kedua perangkat tersebut sering kita temukan atau sering kita gunakan pada jaringan Lokal. Namun sebenarnya ada beberapa perangkat lainnya yang perlu anda tahu untuk membangung Infrastruktur jaringan skala kecil ataupun besar, Bahkan jika tidak menggunakan perangkat lainnya ini maka jaringan LAN tidak akan terbentuk.

Dalam menyiapkan beberapa perangat ini adalah suatu keharusan jika anda berkeinginan membangun sebuah jaringan LAN. Karena untuk membuat jaringan dengan skala yang besar dibentuk dari dasarnya terlebih dahulu. Maka sangat penting bagi anda untuk mengetahui mengenai jaringan dasar sebelum anda membuat jaringan dalam skala besar.

Beberapa perangkat yang di butuhkan Untuk Membangun Jaringan, Adalah sebagai berikut :

1. NIC (Network Interface Card)

NIC (Network Interface Card)

Sangat wajib dalam satu komputer harus memiliki minimal 1 NIC atau umumnya di sebut Port LAN jika ingin anda hubungkan dalam jaringan, baik berupa Interface Nirkable atau menggunakan kabel. Tanpa perangkat ini maka komputer tentu tidak akan bisa terhubung dengan komputer lainnya. Tapi dalam hal ini anda tidak perlu khawatir karena umumnya kebanyakan komputer sudah di sediakan oleh NIC yang di tanamkan langsung pada Motherboard.

2. Switch, Hub, ataupun Access Point

Switch, Hub, ataupun Access Point 1Switch, Hub, ataupun Access Point 3Switch, Hub, ataupun Access Point 2

Pada dasarnya ketiga dari perangkat ini memiliki fungsi yang penting yakni sebagai alat yang nantinya akan dapat menghubungkan ke lebih dari 1 komputer lainnya dalam jaringan. jadi sebagai media penghubung menggunakan LAN maka Switch dan Hub yang berperan penting sedangkan untuk jaringan wireless maka Access point sebagai pemegang peranan pentingnya. ada juga Accses Point yang menyediakan untuk jaringan Kabel jadi kedua akses baik Wireles atau Kabel bisa saling terhubung.

dari ketiga perangkat tersebut, switch merupakan perangkat yang terbaik dalam mengirimkan sebuah data karena swith dalam media pengirimannya sudah menggunakan metode yang bernama full duplex, sedangkan kedua perangkat lainnya tersebut yakni hub dan access point menggunakan half duplex. jadi dengan adanya metode Full Duplex tadi dalam melakukan pengiriman data bisa secara bersamaan. Sedangkan pada metode half duplex dalam pengiriman data di lakukan secara bergantian.

3. Router

Router

Perangkat ini adalah sangat penting karena memiliki fungsi sebagai pengatur data yang masuk dan keluar. Router memiliki berbagai Fitur dalam memenuhi semua kebutuhan jaringan, Misalkan saja dalam satu jaringan menginginkan dalam 2 ruangan saling terhubung namun dengan IP yang berbeda, nah disinilah Router berberan penting dalam mengatur Komputer mana yang bisa di hubungkan dan komputer mana yang tidak di hubungkan.

Jadi dengan adanya Router semua jaringan dengan skala besar yang menggunakan IP kelas berbeda bisa saling tehubung. yang paling terkenal dan populer serta banyak di gunakan oleh kalangan Praktisi IT Jaringan adalah Router Mikrotik.

4. Modem

Modem

Modem secara umum memiliki kegunaan untuk merubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya. namun perangkat ini bisa di katakan tdak penting salam jaringan LAN, karena Modem lebih ke arah agar terhubung dengan Internet.

Sebenarnya masih banyak perangkat lainnya yang belum di ulas dalam artikel ini, namun dari ke 4 perangkat yang sudah di jelaskan di atas, sudah cukup membangun jaringan LAN dengan skala kecil. Semoga Bermanfaat

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares