jaringan komputer

Cara Kerja Proxy Server Lengkap Pengertian Fungsi dan Manfaatnya

By

on

Penjelasan Terlengkap Seputar Pengertian , Cara Kerja, Manfaat, Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangan dari Proxy Server

Pro.Co.Id – Apa itu Proxy Server? Mungkin untuk anda yang berkecimpung dengan dunia jaringan komputer sudah sering mengenal istilah tersebut. Namun apakah anda sudah mengetahui pengertian dan fungsi sebenarnya dari proxy server? Pada dasarnya Proxy Server merupakan suatu bentuk dari server yaitu sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan juga menyediakan data bagi client ataupun usernya. Proxy server merupakan salah satu server yang posisinya terletak diantara aplikasi dari sebuah server dan juga aplikasi dari sebuah client pada saat jaringan kompter berlangsung dan berjalan. Lebih lanjut simak uraian di bawah ini.

Pengertian Proxy Server

Proxy Server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.

Proxy Server yang diletakkan di antara aplikasi client dan aplikasi server tersebut, dapat digunakan untuk mengendalikan maupun memonitor lalu-lintas paket data yang melewatinya (Wagito, 2007).

Cara Kerja Proxy Server

Prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public servernya.

Fungsi Utama Proxy Server

1. Connection Sharing
Fungsi conection sharing merupakan teknis dari sebuah proxy server, yang menempatkan sebuah proxy server menjadi sebuah gateway, dimana dapat membatasi antara penggunaan jaringan local dan juga jaringan luar. Dengan adanya fungsi ini, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan koneksi dari jaringan local ke dalam jaringan internet dengan menggunakan sambungan gateaway tersebut secara bersamaan. Inilah yang disebut sebagai connection sharing dalam fungsi teknis sebuah proxy server.

2. Filtering
Bekerja pada layar aplikasi sehingga berfungsi sebagai Firewalll paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Dapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertenu pada waktu-waktu tertentu.

3. Caching
Caching merupakan proses penyimpanan objek dan data yang sudah pernah direquest oleh user ketika melakukan browsing dan melakukan koneksi internet pada aplikasi-aplikasi internet. Contohnya adalah, ketika kita membuka sebuah website, maka gambar dan juga objek di dalam website tersebut akan disimpan dalam bentuk cache. Dengan adanya proxy server, maka proses caching akan lebih mudah untuk dilakukan, dimana setiap data dan juga objek yang sudah pernah diakses dan direquest sebelumnya akan disimpan ke dalam sebuah proxy server.

Manfaat Proxy Server

Bagi para user, yang melakukan koneksi terhadap jaringan internet, adanya proxy server ini tentu sangatlah membantu dan memberikan beberapa manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan proxy server bagi usernya:

1. Meningkatkan kinerja jaringan
2. Digunakan sebagai filter terhadap permintaan data dari suatu situs
3. Dapat mengurangi penggunaan bandwidth dari koneksi internet user
4. Meningkatkan kinerja dari jaringan internet
5. Melakukan pemblokiran terhadap situs tertentu
6. Keamanan jaringan yang lebih baik dan juga terjaga

Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server

Kelebihan proxy server dalam suatu jaringan TCP/IP adalah:

  • Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet)
  • Pengaksesan kembali terhadap situs-situs yang telah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  • Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.

Kekurangan proxy server dalam suatu jaringan TCP/IP adalah:

  • Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.
  • Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

Demikian penjelasan yang bisa diberikan, semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares