Informasi

Masalah Error Printer Epson L360 dan Cara Mengatasinya 100% WORK

By

on

Epson L360 merupakan salah satu jenis printer multifungsi karena selain mencetak dokumen, printer ini juga dilengkapi dengan scanner sehingga bisa digunakan mesin scanner dan fotokopi, karena itulah printer jenis ini banyak diminati pengguna baik bagi kalangan pribadi atau perkantoran untuk mencetak berbagai jenis kertas ataupun kertas HVS.

Printer Epson L360 juga mampu mencetak dokumen dengan cepat yaitu sekitar 33lembar/permenit sehingga sangat mendukung untuk pekerjaan yang sering mencetak dokumen setiap harinya. Meskipun demikian, penggunaan printer tentunya tidak lepas dari masalah error dan tidak bisa untuk mencetak dokumen. Salah satu error yang sering terjadi adalah lampu indikator printer yang berkedip dan lain sebagainya yang akan kita bahas diartikel ini.

Baca Juga : Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L360

Untuk itu, agar printer yang digunakan tidak bermasalah, user atau pengguna juga bertanggung jawab untuk merawat dan membersihkan printer tersebut agar tidak bermasalah. Namun, jika printer yang anda gunakan sedang bermasalah, maka kami akan memberikan solusi berdasarkan masalah yang terjadi pada printer, seperti dibawah ini.

Masalah Printer Epson L360 dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada Printer Epson L360 seperti lampu indikator berkedip, hasil cetak printer bergaris, printer tidak bisa melakukan proses print, printer tidak keluat tinta dan cara reset printer epson L360. Berikut beberapa masalah dan cara mengatasinya dibawah ini:

Baca Juga : Cara Sharing Printer Menggunakan Jaringan LAN

Lampu Indikator Printer Berkedip

Masalah error printer Epson L360 yang paling sering terjadi adalah lampu indikator merah berkedip-kedip yang disebabkan karena ada masalah pada paper jam atau kerta tidak bisa mencetak dan karena printer minat di reset.

Untuk mengatasi printer Epson L360 karena paper jam bisa dilakukan dengan pelan-pelan mengeluarkan kertas dari printer, lalu tekan tombol resume selama 2x dengan masing-masing sekitar 3 detik.

Namun ketika lampu indikator berwarna merah karena minta direset, maka lakukan cara reset pada printer epson L360. Untuk lebih jelasnya baca Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L360 dengan dan Tanpa Software.

Printer Epson L360 Hasil Cetak Bergaris

Masalah lain dari printer ini yaitu hasil cetak bergaris, berikut ini cara mengatasi printer Epson L360 hasil cetak bergaris dengan Cara Cleaning Printer.

  • Langkah pertama buka menu Start dan klik Device and Printer
  • Lalu pilih Printer Epson L360
  • Klik kanan pada Epson l360 dan pilih Printing Preferences
  • Selanjutnya pilih menu Maintenance dan klik Head Cleaning
  • Pilih Cleaning ataupun Power Cleaning, dan klik tombol Start untuk memulai proses cleaning
  • Tunggu hingga proses cleaning selesai dan muncul opsi Finish.
  • Jika hasil print Epson L360 masih bergaris ulangi langkah diatas hingga hasil print tidak bergaris lagi.

Namun ketika dengan cara diatas tidak bisa mengatasi masalah kertas cetak bergaris, maka disarankan untuk mematikan terlebih dahulu printer Epson L360. Karena terlalu sering melakukan proses cleaning juga dapat menyebabkan head printer epson.

Baca Juga : Cara Print Langsung Dari Android Ke Printer

Printer Epson L360 Ready Namun Tidak Bisa Print

Masalah lain yang sering terjadi pada Epson L360 yaitu printer tidak bisa untuk mencetak tapi printer ready to use. Namun sebelum melakukan proses perbaikan, terlebih dahulu pastikan kabel power printer telah terpasang dan terhubung dengan baik dan benar.

Namun jika tidak ada masalah pada kabel, maka bisa jadi karena ada efek aplikasi antimalware yang agresif dalam mengidentifikasi yang biasanya terjadi karena software Epson L360 telah teridentifikasi malware. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara mengatasi printer Epson L360 tidak bisa print namun printer ready to use.

Jika printer epson ready tapi tidak bisa untuk mencetak, namun muncul lampu indikator berwarna orange, maka dapat dilakukan perbaikan dengan cara reset printer secara manual maupun dengan software. Baca: Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L360 dengan dan Tanpa Software.

Hasil Cetak Tidak Keluar Tinta pada Printer Epson L360

Jika anda mengalami masalah printer bisa mencetak namun tinta keluar pada kertas, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada Cartridge printer epson. Berikut beberapa penyebab munculnya eror pada Cartridge printer epson dan solusinya:

Aliran tinta tersumbat bisa disebabkan karena tinta kering sehingga menyebabkan lubang Cartridge tertutup sehingga tinta tidak bisa keluar ketika untuk mencetak. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk menggunakan printer secara rutin minimal 1 minggu sekali agar tinta tidak kering.

Tinta printer kosong atau habis, maka solusinya adalah dengan isi tinta epson. Selanjutnya lakukan cleaning printer dengan proses yang sudah dijelaskan diatas.

Tinta tersumbat dan tinta tidak habis namun tinta tidak keluar ketika mencetak print, maka solusinya adalah dengan melakukan cleaning printer epson.

Itulah informasi yang diberikan tentangĀ Masalah Error Printer Epson L360 dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login