Security

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Listing Program XML

By

on

Perlu diketahui bahwa XML didesain untuk mendeskripsikan data, sedangkan HTML difokuskan untuk menampilkan data atau bagaimana data harus ditampilkan. Jadi dalam hal ini kita melihat bahwa XML dan HTML saling melengkapi.

Sebelum kita mulai dengan penjelasan XML secara lebih detil perlu diketahui untuk mempelajari XML sebaiknya kita sudah mengetahui WWW, HTML, dan prinsip dasar membangun halaman web. Selain itu, akan lebih baik jika kita juga mengetahui JavaScript dan VBScript yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya dari buku ini.

Pengertian XML 

Secara umum XML adalah

  • XML singkatan dari Extensible Markup Language.
  • XML sebenamya juga merupakan bahasa sebagaimana HTML.
  • XML didesain untuk mendeskripsikan data.
  • Tag XML tidak didefinisikan pada XML, karena itu kita harus mendefinisikannya sendiri.
  • XML menggunakan DTD (Document Type Definition) untuk mendeskripsikan data.
  • XML dengan DTD didesain untuk dapat menjelaskan dirinya sendiri.

Perbedaan utama antara XML dan HTML

  • XML didesain untuk membawa data.
  • XML tidak menggantikan HTML.
  • XML dan HTML didesain untuk tujuan yang berbeda
  • XML didesain untuk mendeskripsikan data dan difokuskan pada apa sebenarnya data itu.
  • HTML didesain untuk menampilkan data dan bagaimana data harus terlihat.
  • HTML adalah bagaimana menampilkan informasi, XML adalah bagaimana mendeskripsikan informasi.

XML tidak didesain sebagai perangkat untuk solusi berbagai masalah. XML dibuat sebagai cara untuk membuat data lebih terstruktur, menyimpan dan mengirim informasi.
Sebagai contoh di bawah ini catatan untuk Alif dari Avi, yang disimpan dalam format XML:

<note>
<to>Alif</to>
< f rora>Avi</f rom>
<heading>Reminder</heading>
<body>Jangan lupa janji kita minggu ini !</body>
</note>

Tag <note> digunakan sebagai judul atau ‘header’, dan sebagai isi digunakan tag < message >. Dalam struktur ini kita melihat pengirim (Avi) dan yang dikirim (Alif) sekaligus muncul.

Tetapi tetap terlihat bahwa dokumen XML tidak melakukan semuanya terutama masalah bagaimana data ini ditampilkan. Ini hanya informasi biasa yang dikurung dalam tag XML. Kita masih harus membuat potongan program untuk mengirim, menerima dan menampilkannya.

Tag XML belum didefinisikan karena itu kita harus membuat sendiri tag-tag yang kita perlukan. Pada HTML semua tag sudah didefinisikan dan kita dalam hal ini tinggal menggunakannya.
Ketika kita membuat suatu progam HTML kita tinggal menggunakan tag standar HTML (seperti <p> dan <h1>….dll.). Dalam XML programmer dimungkinkan mendefinisikan sendiri tag nya termasuk struktur dokumennya sendiri. Tag dalam contoh di atas (seperti <to> dan <from>) tidak ada dalam standar XML manapun, kedua tag ini didefinisikan sendiri oleh programer.

Fungsi XML

XML sama sekali dibuat bukan untuk menggantikan HTML. Pada pengembangan web di masa depan XML lebih ke arah deskripsi data, sedangkan HTML lebih ke bentuk data dan bagaimana menampilkannya. Sebenarnya yang terjadi adalah saling menggunakan (cross platform) tanpa tergantung dari perangkat lunak ataupun perangkat keras dan saling mengirim informasi.

XML akan digunakan di mana-mana, karena itu sangat penting untuk mulai terlibat sejak sekarang. Dalam waktu yang sangat singkat sejak berupa konsep kita melihat bagaimana cepatnya perkembangan standar XML dan bagaimana sejumlah besar perusahaan perangkat lunak telah mengadopsi standar ini. Melihat ini semua, terlihat bahwa di masa mendatang XML akan menjadi dasar atau pondasi web. XML juga akan menjadi perangkat umum untuk segala macam data baik manipulasi ataupun transmisi.

Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia pemograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai bertemu di postingan-postingan selanjutnya..see you ^-^

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares