Informasi

Pengertian dan Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis Lengkap

By

on

Pro.Co.Id -Website adalah salah satu teknologi yang dibuat untuk memberi informasi secara luas, informasi tersebut dapat berupa teks, video, gambar dan lain sebagainya. Berdasarkan teknologinya, Website terbagi menjadi 2 jenis yaitu Web Statis atau diam dan Web Dinamis atau tidak diam.

Web Statis merupakan jenis web dimana informasi yang ada di dalamnya tidak dapat diupdate melalui aplikasi website tersebut melainkan harus merubah script yang ada didalamnya. Sedangkan, Web Dinamis merupakan jenis website dimana informsi yang ada di dalamnya dapat diupdate melalu aplikasi website tersebut dan kita dapat membuat aplikasi Content Management System atau CMS yang bisa kita gunakan untuk mengupdate informasi terbaru.

Perbedaan  Web Statis dan Web Dinamis

Web StatisWeb Dinamis
Yang dapat dilakukan pengguna hanya sekedar melihat web saja tidak dapat mengisi dataPengguna dapat mengupdate informasi website secara langsung dari websitenya
Apabila ingin merubah tampilan Web maka harus mengubah syntax atau scriptnya langsungDapat merubah tampilan website melalui CMS(Content Management System) yang ada.
Biasanya web jenis ini digunakan untuk website company profile, yang hanya menampilkan informasi penting sajaBiasanya jenis web ini digunakan secara fungsional, misalnya jejaring sosial, toko online, web blog, dan lain sebagainya.
Tidak menggunakan bahasa pemograman web, hanya menggunakan HTML & CSS, Javascript juga diperlukan untuk membuat website terlihat hidupMenggunakan bahasa pemrograman web, seperti php, mysql, ruby, dan lain – lain.
Waktu pengerjaan memakan waktu yang singkat, kecuali akan membuat banyak halamanWaktu pengerjaan memakan waktu yang lama.
Jika ingin menambah halaman maka harus menambahkan file baruTidak perlu membuat file baru, cukup dibuatkan saja programnya lalu buat halaman dari program tersebut, seperti yang digunakan CMS.
Informasinya jarang di update dan apabila ingi meng-update maka perlu merubah scriptnyaInformasi dapat diubah melalui CMS yang sudah ada, biasanya untuk mengubah informasi bisa dilakukan di halaman admin.
Tidak menggunakan database, karena semua informasi sudah ada dalam sebuah file dan file tersebut yang akan ditampilkan ada halaman web.Menggunakan database yang digunakan untuk menampung banyaknya data, sehingga website tinggal mengambil data dari database.

Itulah perbedaan yang ada antara web statis dan web dinamis. Dalam dunia internet keduanya sama-sama penting, web statis biasa digunakan untuk perusahaan yang ingin menampilkan profil dari perusahaan, maka dibuatlah web company profil yang hanya berupa landing page. Sedangkan web dinamis, membuat internet benar-benar hidup, seperti Google, facebook dan lainnya,yang hampir setiap saat banyak informasi yang diupdate.

Demikian informasi yang diberikan tentang Pengertian dan Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis Lengkap. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares