Tutorial

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Sesuai Anjuran Ahli IT

on

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Sesuai Anjuran Ahli IT

Pro.co.id – Yang paling sering di alami oleh banyak pengguna Laptop adalah pada segi ketahanan baterai. pada dasarnya merawat komponen laptop bisa di katakan sangat mudah namun yang menjadi sulitnya adalah ketelitian dan rajin penggunya untuk melakukan beberapa langkah untuk merawat. dan di antaranya semua komponen Laptop yang paling penting adalah baterai, pasalnya untuk pengguna yang mobilitas yang sangat tinggi, laptop di perlukan untuk Browsing atau kegiatan lainnya dalam menunjang pekerjaan kantor.

Seperti halnya dengan komponen komputer lainnya yang memiliki masa pakai, Secara umum masa pakai baterai Laptop ini sekitar 2 sampai dengan 4 Tahun. namun ada beberapa hal yang membuat Baterai laptop menjadi pendek umurnya, seperti beberapa ulasan berikut ini :

  1. Menggunakan Laptop Secara berlebihan. Karena pada dasarnya Laptop bukan di rancang khusus untuk kebutuhan dalam penggunaan yang lama seperti grafis, editing, ataupun bermain game. dengan menggunakan Laptop untuk kegiatan tersebut membuat kinerja semakin tinggai dan akan menyebabkan Baterai menjadi cepat panas. Sehingga akan berpengaruh terhadap kapasitas penyimpan baterai Laptop.
  2. Menggunakan Laptop Hingga Low 0%. Banyak yang belum memahami bahwa menggunakan Laptop jangan sampai Low 0%. Karena dengan membuat Baterai menjadi kosong dapat meningkatkan wear level pada baterai, sehingga akan membuat Baterai menjadi pendek umurnya. karena beberapa Komponen yang tadinya bekerja saat laptop di gunakan. namun Tiba-tiba mati karena baterai yang digunakan habis.
  3. Membiarkan Laptop Terpasang Charger Hingga terisi 100%. dengan memakai laptop secara terus menerus dan di biarkan laptop di Cas pada Baterai terisi 100% juga tidak akan berdampak baik. Sebab dapat mengurangi umur baterai.

Jika kita sudah mengetahu beberapa penyebab yang dapat membuat Baterai laptop semakin pendek umurnya. Maka sudah seharusnya kita sebagai pengguna yang bertanggung jawab haruslah bisa Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama. Untuk Tips dan caranya bisa anda lihat pada ulasan berikut ini:

Cara Merawat Baterai Laptop

  1. Perhatikan dalam meletakan Laptop, karena dengan meletakan Laptop di atas tempat yang tidak ada sirkulasi udara yang baik, Contohnya di atas Bantal, Kasur atau lainhya akan menyebabkan Baterai manjadi overheat
  2. Sebaiknya dalam melakukan Charger, laptop harus dalam keadaan mati sampai baterai penuh.
  3. Di sarankan untuk menggunakan stabilizer, hal ini di lakukan agar tegangan listrik yang di hasilkan stabil. dan dapat menghindari yang listriknya naik turun dan akan menyebabkan baterai cepat rusak.
  4. Seperti yang telah di sebutkan di atas, jangan menggunakan Laptop hingga daya baterai menjadi 0%, namun jika Baterai sudah menandakan untuk Charge maka segera lakukan Charge.
  5. Lakukan pengisian baterai Sampai Full, namun jangan juga terlalu sering. sebaiknya lakuakn1 bulan sekali saja.
  6. Perhatikan peningkatan wear level baterai laptop anda, untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan Aplikasi HW Monitor

Bagaimana, Tips di atas tentunya bisa anda terapkan mulai dari sekarang sebelum baterai anda menjadi tidak lagi berfungsi dengan baik. apalagi membeli baterai baru cukup merogoh kocek cukup dalam. Semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares