Uncategorized

Cara Membuat File Server Di Android Dengan Mudah

By

on

Cara Membuat File Server Di Android Dengan Mudah – Berbicara tentang jaringan, tidak lepas dari yang namanya berkirim data. Alasannya, karena adanya jaringan yaitu untuk berkirim data antar perangkat. Untuk melakukan berkirim data antar perangkat, salah satunya adalah menggunakan File server. Walaupun bernama server, namun tidak harus menggunakan komputer, menggunakan android juga bisa. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membuat file server di android.

Cara Membuat File Server di Android

Cara membuat file server di Android yaitu dengan menggunakan jalur FTP. FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP sendiri merupakan protokol standar pengiriman file antar perangkat. Berikut ini langkah-langkah membuat file server di android:

1. Pertama, Download dan install aplikasi “WiFi FTP Server

2. Jika sudah selesai, selanjutnya buka aplikasi tersebut, lalu klik “Setting” atau ikon gerigi pada bagian pojok kanan atas. Setelah itu masukkan “User ID” dan “Password” yang kalian inginkan. Beikutnya hilangkan tanda centang pada menu “Anonymous Access“.


3. Setelah itu kembali ke menu awal, lalu tekan “Start“. Jangan lupa catat alamat “Server URL“.

Melalui alamat “Server URL” kalian dapat mengakses file server Android kalian melalui browser, file manager atau FTP client dari perangkat dan sistem operasi apapun. Jika kalian ingin mengakses melalui internet, kalian juga dapat melakukan port forwarding.

Itulah informasi dan tutorial”Cara Membuat File Server Di Android Dengan Mudah“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares