Android

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 dari ROM Distributor ke ROM Official 100% Berhasil

By

on

Pro.Co.Id Xiaomi Redmi 3 merupakan ponsel besutan dari Xiaomi yang menawarkan harga murah dengan spesifikasi yang yang cukup tangguh, seperti CPU Snapdragon 616 Octa Core, RAM 2GB, penyimpanan internal 16 GB dengan slot microSD 128 GB dan baterai super berkapasitas 4100 mAh. Siapa yang gag minat tuh.. dengan spesifikasi yang mumpuni tapi dibandrol dengan harga murah.

Eits.. Jadilah pengguna yang pintar, sebenarnya saat ini Xiaomi Redmi 3 masih dipasarkan dalam lingkup negara China saja, sedangkan jika ternyata Redmi 3 sudah ada di pasaran negara lain itu bukan penjual secara resmi oleh Xiaomi melainkan terdapat beberapa distributor yang menjual Redmi 3 secara luas ke negara lain seperti di Indonesia.

Sebenarnya tidak masalah jika anda menggunakan ponsel jenis ini, namun perhatikan pada ponsel anda. Apakah selama anda memiliki ponsel Redmi 3 pernah melakukan update versi? Hal tersebut dikarenakan pada ponsel Redmi 3 yang dijual oleh distributor menggunakan ROM Distributor yang didalam sistemnya telah diubah untuk disesuaikan dengan masing-masing negara. Seperti bahasa yang disesuaikan dan Google Play Store yang disesuaikan dengan masing-masing negara dan sudah tidak ada lagi aplikasi berbahasa China. Perlu diketahui bahwa ROM Distributor bukanlah Rom resmi dari Xiaomi karena itulah tidak akan ada update versi dari pengembang. Karena ROM resmi dari Xiaomi hanya ada ROM China baik itu ROM Stable atau ROM Developer yang hanya mendukung Bahasa China dan Bahasa Inggris saja.

Untuk kalian yang menginginkan ROM selalu UPdate, maka disarankan untuk mengganti ROM distributor menjadi ROM China dengan cara melakukan Flashing ulang ROM Xiaomi Redmi 3. Selain untuk memperbaiki Bug, biasanya pengembang akan menambahkan beberpa fitur terbarunya pada update mereka.

Untuk melakukan proses flashing pada Xiaomi Redmi 3 menggunakan PC harus menggunakan pc/laptop dengan sistem operasi 64bit, karena jika menggunan versi dibawahnya proses flashing akan mengalami stuck dan akhirnya Redmi 3 anda akan mengalami Bootloop, tidak terdeteksi, atau tidak bisa dihidupkan.

Setelah syarat diatas telah terpenuhi, langkah selanjutnya yaitu kita siapkan terlebih dahulu aplikasi yang mendukung berjalannya proses flashing dan perhatikan tutorial berikut ini step demi step untuk keberhasilan proses flashing.

Cara Flashing Xiaomi Redmi 3

1. Bahan yang diperlukan untuk melakukan Flashing Redmi 3 antara lain:

  • Mi PC Suite http://pcsuite.mi.com/
  • Mi Flash http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe
  • Firmware Rom Redmi 3
    http://bigota.d.miui.com/V7.2.4.0.LHPCNDB/ido_xhdpi_images_V7.2.4.0.LHPCNDB_20160129.0000.14_5.1_cn_d5414431fc.tgz

2. Setelah anda menyiapkan semua bahan flashing di atas, selanjutnya anda install terlebih dahulu MI PC Suite, dan buka aplikasi tersebut, dan hubungkan Redmi 3 dengan MI PC Suite.

flash redmi 3_1

3. Lalu double klik atau extract ROM yang tadi telah di download, seperti gambar dibawah.

flash redmi 3_2

4. Setelah itu matikan Redmi 3 lalu nyalakan dengan masuk ke recovery dengan menekan tombol Power + Vol Up secara bersamaan, akan ada jendela pilih lalu pilih Download Mode, lalu sambungkan dengan kabel USB

flash redmi 3_3

5. Lalu instal MI Flash

flash redmi 3_4 flash redmi 3_5
6. Setelah terinstal, buka MI Flash lalu cari folder yang digunakan untuk menyimpan file extract dari ROM
7. Klik refresh lalu klik finish

flash redmi 3_6
8. Tunggu proses flashing hingga proses bar sepenuhnya berwarna hijau dan terdapat status The Operating Completed Succesfully

flash redmi 3_7
9. Setelah proses selesai, cabut kabel USb lalu hidupkan perangkat
10 . Sampai disini proses selesai, semoga berhasil

Itulah cara yang yang dilakukan untuk Cara Flash Xiaomi Redmi 3 dari ROM Distributor ke ROM Official . Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares