Informasi

Cara Reset Printer Epson L220 dengan Software Resetter MUDAH 100% Berhasil

By

on

Epson merupakan salah satu merk printer yang banyak digunakan masyarakat, baik dalam lingkungan perkantoran ataupun rumahan. Salah satu tipe yang banyak digunakan adalah type printer Epson L220. Epson L220 termasuk printer multifungsi, selain digunakan untuk mencetak, bisa juga digunakan untuk mengcopy dan scanner. Namun selama penggunaanya, printer tidak terlepas dari error termasuk jenis printer Epson L220. Salah satu solusi untuk memperbaiki masalah pada printer dapat dilakukan melalui Cara Reset Printer Epson L220.

Kapan printer harus di Reset? Printer sebaiknya direset ketika printer mengalami tanda adanya error seperti lampu indikator berkedip atau blinking secara bergantian. Biasanya hal tersebut menyebabkan printer error atau gagal ketika melakukan proses mencetak dokumen. Beberapa penyebab error pada printer disebabkan oleh tinta di tabung yang sudah habis, cartridge kotor rusak atau pemasangan yang tidak benar, karena paper jam, over print atau karena penyebab lain. Jika sudah demikian maka perlu dilakukan proses reset.

Reset printer merupakan cara pertama yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada printer sebelum melakukan tindakan lain. Dengan proses reset berarti kita memberikan perintah kepada printer untuk mengembalikan pengaturan, informasi, dan hal lain yang terekam oleh printer, dengan proses reset tersebut maka printer akan melakukan pengecekan kembali sesuai dengan kondisi semula dan printer akan berjalan normal kembali.

Baca Juga : Cara Reset Printer Epson L120 

Namun sebelum mengetahui cara reset printer Epson L220, terlebih dahulu ketahui review dari Printer Epson L220.

Printer Epson L220

Printer Epson L220 merupakan salah satu merk printer terbaru yang menjadi pembaruan dari printer epson L210. Printer ini termasuk jenis printer multifungsi, selain digunakan untuk mencetak dokumen printer ini juga dilengkapi dengan fitur scan dan copy dokumen.

Printer Epson L220 dilengkapi dengan tabung include dan selang tinta yang menuju cartridge. Sehingga ketika mengisi tinta, kita hanya cukup menuangkan tinta pada tabung tinta dan di cleaning, maka secara otomatis tinta akan tersalurkan ke cartridge.

Salah satu keunggulan dari printer jenis Epson L220 yaitu penggunaan tinta yang irit sehingga penggunaan tinta tidak terlalu boros. Selain itu, proses cetak jenis printer juga cepat yaitu dengan kecepatan hanya 6.0/3.0 ipm.

Printer Epson L220 memiliki ukuran desain yang tidak terlalu besar sehingga praktis untuk ditempatkan dimana saja.

Setelah mengetahui review tentang Printer Epson L220, berikut ini kita ketahui cara reset printer Epson L220.

Baca Juga : Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L300

Cara Reset Printer Epson L220

Ada dua cara yang dilakukan untuk proses reset printer epson L220, yaitu reset printer epson L220 manual dan reset printer epson L220 dengan software Resetter. Berikut tutorialnya.

Cara Reset Printer Epson L220 Secara Manual

Cara reset printer Epson tanpa software dini dilakukan ketika printer mengalami error akibat tinta habis atau Ink Level yang biasanya kondisi ini ditandai dengan lampu indikator tinta menyala diam dan printer tidak dapat mencetak dokumen. Berikut tutorialnya:

  • Langkah pertama hidupkan printer
  • Lalu tekan tombol resume sekitar 5-10 detik dan lepaskan
  • Setelah tombol dilepaskan, biasanya indikator tinta yang menyala akan hilang dan printer siap digunakan.
  • Namun jika lampu indikator tinta tetap masih menyala, coba tekan kembali tombol resume selama 5 detik dan lepaskan. Tekan lagi selama 3 detik dan lepas. dan tekan lagi selama 1 detik dengan interval dari tekanan 1 ke tekanan berikutnya harus lebih cepat.
  • Dengan langkah diatas, biasanya printer sudah bisa normal dan dapat digunakan kembali.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon MP287

Cara Reset Printer Epson L220 Dengan Resetter

Cara reset printer Epson L220 dengan software Resetter ini dilakukan ketika printer mengalami blinking atau lampu berkedi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya lampu indikator tinta dan kertas berkedip bergantian ketika printer dinyalakan. Selain itu muncul pesan “Service required” dikomputer yang terhubung di printer.

Untuk proses reset ini membutuhkan tolls adjustment yang sesuai dengan tipe dan jenis printer yang digunakan, yaitu Resetter epson L220. Berikut cara reset epson L220 dengan Resetter.

  • Langkah pertama Download software Resetter L220
  • Lalu ekstrak file download dan jalankan aplikasi dengan Double Click file pada L220.exe di folder resetter.
  • Setelah itu, akan muncul jendela program Epson Adjusment Program seperti dibawah ini dan pilih menu particular adjustment mode.

  • Pada halaman selanjutnya pilih opsi Waste ink pad counter, lalu klik Ok.

  • Pada halaman selanjutnya klik pada Check Box Main pad counter dan klik tombol Check. Selanjutnya akan muncul kotak pertanyaan yang isinya pesan untuk restart printer anda. Jika demikian maka klik tombol Initialization dan klik Finish.

  • Setelah klik Finish, selanjutnya printer akan melakukan proses pengosongan waste ink oleh aplikasi Resetter dan selanjutnya biasanya akan muncul jendela pemberitahuan untuk mematikan printer.
  • Maka matikan printer dan hidupkan kembali printer. Biasanya printer akan normal kembali.

Selain untuk reset Printer Epson L220, Cara ini juga berlaku untuk mereset printer model Epson lain seperti Epson L120, L110, L210, L220, L300, L310, L350, L365, dll, perbedaanya hanya dengan menyesuaikan program resetter yang digunakan.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon ip2770/ip2700

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Reset Printer Epson L220. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login