Informasi

Cara Reset Printer Canon E510 dan E500 dengan Software Resetter

By

on

Printer Canon E500 dan E510 merupakan salah satu seri printer yang tergolong sama mulai dari bentuk, fungsi dan kerusakannya, perbedaanya hanya ada pada performa dan spesifikasinya. Namun di artikel ini akan membahas tentang cara reset Printer Canon E510 dan E500.

Karena seperti yang diketahui, penggunaan barang apapun tidak terlepas dari masalah error salah satunya pada printer. Printer yang digunakan secara terus menerus biasanya akan mengalami error yang biasanya ditandai dengan munculnya Blinking atau lampu indikator berkedip. Salah satu error yang sering terjadi pada Printer Canon E510 dan E500 yaitu error E07 yang meminta printer untuk di reset.

Reset printer adalah langkah yang dilakukan untuk mengatasi error dengan memberikan perintah pada printer untuk mengembalikan pengaturan, informasi, dan hal lain yang terekam oleh printer. Dengan melakukan proses reset, maka printer akan melakukan pengecekan kembali sesuai dengan kondisi semula dan printer akan berjalan normal kembali.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon Mp258.

Namun sebelum mengetahui tentang cara reset printer canon E500 dan E510, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kode error yang biasanya terjadi di printer canon E500 dan E510.

Kode Error Printer Canon E500 dan E510

Printer Canon E500 dan E510 merupakan jenis printer multifungsi yang bisa digunakan untuk melakukan proses print, scan dan copy. Karena itulah, jenis ini paling banyak digunakan baik untuk perkantoran, usaha bisnis, maupun rumahan. Namun perlu diketahui penggunaan printer tentunya tidak lepas dari masalah error sehingga tidak bisa untuk mencetak dokumen. Untuk itu berikut ini kami berikan beberapa kode error yang biasanya terjadi pada Printer Canon E500 dan E510.

Biasanya error pada printer Canon E500 dan E510 ditandai dengan munculnya notifikasi pesan error jenis P dan E disertai dengan blinking atau lampu indikator berkedip bergantian. Berikut ini beberapa kode Error di printer Canon E500 dan E510, antara lain:

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon MP237

Kode Error E02 : The machine is out ofpaper atau Paper does not feed, biasanya terdapat masalah pada kertas, baik karena kehabisan kertas ketika mencetak, roll printer kertas yang kotor atau kondisi roll yang kurang baik.
Solusi : Lakukan pengecekan pada roll printer

Kode Error E03 : Paper jam
Solusi : Lakukan pengecekan karena bisa jadi ada sesuatu hal yang menyebabkan kertas macet dan tidak bisa keluar, selanjutnya matikan printer dan tarik kertas secara perlahan dan pastikan tidak ada sobekan kertas yang tertinggal.

Kode Error E04 : Cartridge tidak terpasang dengan baik
Solusi : Bersihkan chip pada Cartridge lalu pasang kembali dengan benar

Kode Error E05 : Cartridge tidak terpasang dengan baik
Solusi : Bersihkan chip pada Cartridge lalu pasang kembali dengan benar

Kode Error E06 : Penutup paper tray dalam kondisi tertutup
Solusi : Lakukan pengecekan dengan benar sebelum melakukan print dokumen

Kode Error E07 : The ink absorber is full
Solusi : Lakukan reset printer Canon E500 dan E510

Kode Error E08 : Ink absorber is almost full
Solusi : Tekan tombol Black atau Color untuk melanjutnya proses cetak dokumen

Kode Error E12 : Cannot print the contents on CREATIVE PARK PREMIUM
Solusi : Tekan tombol cancel lalu matikan printer, setelah itu cek lagi untuk mengeprint dokumen. Jika belum bisa maka uninstall driver kemudian install driver kembali.

Kode Error E13 : Counter level cartridge tidak terdeteksi
Solusi : Tekan tombol stop/reset selam 10 detik

Kode Error E15 : Cartridge tidak dapat dikenali
Solusi : Bersihkan chip pada Cartridge lalu pasang kembali dengan benar bila belum mengatasi, maka ganti Cartridge dengan yang baru

Kode Error E16 : The ink has run out, tinta terdeteksi abis
Solusi : Reset printer secara manual dengan tekan tombol stop/reset

Kode Error P02 : Printer malfunction
Solusi : Pastikan tidak ada benda yang tersangkut di bagian roll printer yang menyebabkan printer macet. Periksa bagian encoder karena bisa jadi kotor karena ada cipratan tinta. Periksa bagian purge pompa.

Kode Error P10 : Mechanical printer malfunction
Solusi : Pastikan tidak ada benda yang tersangkut di bagian roll printer yang menyebabkan printer macet. Periksa bagian encoder karena bisa jadi kotor karena ada cipratan tinta. Periksa bagian purge pompa.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon MP287

Cara Reset Printer Canon E500 dan E510

Berikut cara reset printer Canon E500 dan E510 menggunakan sotfware Resetter MP258 , antara lain:

Langkah 1: Masuk ke Service Mode E500 dan E510

Sebelum melakukan proses reset dengan sotfware Resetter E500 dan E510, sebaiknya jadikan printer menjadi sevice mode. Kondisi printer pada service mode berguna untuk melancarkan proses reset. Berikut ini cara masuk ke service mode E500 dan E510:

  • Pada kondisi printer dalam keadaan mati, tekan tombol Stop/Reset lalu tekan tombol power bersamaan dengan tombol Stop/Reset.
    Selanjutnya lepaskan tombol Stop/Reset dan tekan kembali tombol power.
  • Setelah itu pada posisi tombol power masih ditekan, tekan kembali tombol Stop/Reset hingga 6 kali dan lepas bersamaan dengan tombol power.
  • Jika proses service mode dilakukan dengan benar dan berhasil, maka komputer komputer akan mendeteksi adanya device baru, sebaliknya jika proses tersebut gagal maka tidak akan muncul device baru.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon MG2570

Langkah 2 : Reset Canon E500 dan E510 dengan Resetter 

Setelah berhasil masuk ke service mode, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan reset Canon E500 dan E510 dengan cara dibawah ini:

  • Langkah pertama, Download software Resetter E500 dan E510. Software bisa anda cari di internet.
  • Setelah itu, install software Tools resetter Canon E500 dan E510 dengan cara Extract file dan jalankan resetter E500 dan E510 dengan cara klik 2x pada flie Service tool v3400.exe.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Service tool seperti dibawah ini:

  • Pada menu clear ink counter pilih Main di Absorber dan pada klik SET disebelah kanan.
  • Pada menu ink absorber counter pilih Main di Absorber dan pada klik SET disebelah kanan.
  • Lalu klik opsi EEPROM, maka printer akan cetak 1 halaman.
    Proses reset selesai.
  • Lalu matikan printer dan nyalakan kembali.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon Ip1980

Itulah informasi yang diberikan tentang  Cara Reset Printer Canon E510 dan E500. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login