fbpx

Informasi

Tips Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal Mulai dari Nol

By

on

Tips Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal – Youtuber merupakan profesi yang saat ini sedang tren dikalangan anak muda. Saat ini Youtube dijadikan sebagai media yang menjanjikan bagi kebanyakan orang. Bahkan banyak publik figur Tanah Air yang memutuskan untuk menjadi seorang Youtuber. Karena itulah, saat ini banyak orang ingin menjadi seorang youtuber sukses dan terkenal.

Beberapa nama publik figur yang sukses berkarir sebagai youtuber seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Raditya Dika, Raffi Ahmad, hingga Baim Wong. Bukan hanya sekedar hobi, profesi youtuber juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui berbagai sumber seperti menggunakan fitur monetize yang sudah di sediakan oleh youtube, ataupun melakukan paid promote produk milik orang lain ke dalam video kita. Dengan demikian, tidak hanya mereka saja yang sukses menjadi youtuber, karena anda juga bisa sukses berkarir menjadi youtuber.

Baca Juga : Cara Membuat Akun YouTube di Smartphone

Untuk begitu berikut ini beberapa tips menjadi Youtuber sukses dan terkenal.

Tips Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal

1. Buat Channel Youtube
Tips pertama untuk menjadi youtuber tentunya terlebih dahulu harus memiliki akun youtube. Membuat akun yotube anda bisa masuk ke YouTube dengan menggunakan akun Gmail milikmu. Selanjutnya anda bisa membuat akun chanel Youtube dengan klik “My Channel”.

Buat nama channel yang menarik atau nama yang sesuai dengan video yang akan anda upload.

2. Buat Akun Adsense
Jika ingin mendapatkan uang dari video-video yang anda upload di Youtube. Pastikan anda membuat akun Google AdSense yang akan menyalurkan iklan-iklan di video anda.

Anda hanya diijinkan memiliki satu akun AdSense untuk memudahkan pembayaran. Sedangkan untuk mengaitkan video dengan AdSense ini, anda hanya membutuhkan minimal tiga video original yang telah diupload.

3. Buat Video secara Konsisten
Tips menjadi youtuber sukses, anda harus konsisten dan rajin membuat video di youtube dan mengunggah video secara rutin dan konsisten.

4. Video Memiliki Ciri Khas
Anda juga harus memikirkan kontent video yang menarik dan memiliki ciri khas tersendiri, unik dan berbeda dengan chanel lain yang sudah ada. Anda dapat menjadikan kontent video sebagai identitas chanel milik anda. Cara ini dapat menarik pengunjung melihat dan mengenali bahwa konten tersebut milik anda.

Baca Juga : Cara Upload Video ke Youtube Dengan Hp

5. Mengenali Minat Viewer
Tips selanjutnya untuk sukses menjadi youtuber yaitu anda harus mengenali minat dan ketertarikan viewer dengan melihat video dengan viewer paling banyak dari video yang anda buat atau anda juga bisa menjadi pasar melalui video yang sedang diminati pasar yang satu tema dengan youtube anda. Anda dapat meniru video tersebut versi anda sendiri, sehingga viewer akan tertarik untuk melihat video yang anda buat di youtube.

6. Share Chanel Youtube anda
Salah satu tips agar chanel youtube anda banyak dikenal yaitu dengan membagikan chanel youtube ke berbagai media sosial. Dengan share tersebut akan membuat banyak orang mengetahui dan melihat konten yang dibuat pada chanel youtube anda. Cara efektif untuk yotuber pemula dengan subscriber yang masih sedikit.

7. Buat Video Bermanfaat
Tidak hanya mementingkan konten semata dan hanya mencari viewer, anda juga perlu memikirkan manfaat yang bisa dibagikan kepada viewer. Anda bisa mempelajari kebutuhan pasar di youtube, dengan membuat konten yang dibutuhkan oleh banyak orang, selain itu anda juga bisa mencari konten yang masih sedikit pesaingnya. Tips ini perlu dilakukan saat chanel anda masih kecil, sehingga setelah chanel anda besar perlahan-lahan anda dapat mengambil pasar yang luas.

8. Berikan Video Yang Menghibur
Selain video yang bermanfaat, penonton juga membutuhkan konten video yang menghibur. Anda bisa membuat konten yang mudah diterima masyarakat, hindari membuat konten yang membosankan karena akan sulit mendapat pasar. Anda juga bisa menyelipkan klip video lucu dalam konten video yang anda buat atau membuat back sound di video agar terkesan lebih hidup.

9. Pembuatan Judul
Judul menjadi salah satu faktor penting untuk membuat penonton tertarik dan berminat melihat video anda. Boleh saja menggunakan ‘Click Bait’ di dalam judul, asalkan masih wajar dan masih berhubungan dengan konten video yang anda buat. Hindari membuat click bait yang tidak nyambung atau tidak relevan dengan konten anda.

Baca Juga : Cara Membuat Thumbnail Youtube Tanpa Aplikasi 

10. Buat Thumbnail yang Menarik
Selain judul, viewer juga akan lebih tertarik untuk menonton video dengan terlebih dahulu melihat thumbnailnya. Karena itu, anda harus membuat thumbnail yang menarik dimata penonton. Misalnya target penonton anda anak-anak maka anda bisa membuat thumbnail yang lucu sehingga dapat diterima oleh anak-anak.

11. Buat Deskripsi Sesuai Video
Selain memperhatikan judul, agar video kita bisa di up dan direkomendasikan, pihak youtube juga mendeteksi melalui deskripsi yang kita buat pada video tersebut. Untuk itu, buah deskripsi yang menggambarkan video yang anda buat, atau anda juga bisa menulis kata kunci turunan dari judul video di dalam deskripsi.

12. Gunakan Tag yang Tepat
Tag memiliki fungsi yang hampir sama dengan deskripsi, namun dibagian ini anda tidak perlu menuliskan penjelasan mengenai video yang anda buat. Cukup tulis kata kunci utama dan kata kunci turunan saja. Tag merupakan salah satu teknik SEO youtube yang dari dulu sampai sekarang masih cukup efektif.

13. Buat Video Mengikuti Tren Saat Ini
Tips selanjutnya yaitu, buat video yang saat ini sedang tren dan dicari pengunjung. Namun tetap harus mengikuti tren yang masih berhubungan dengan chanel anda.

14. Lakukan Kolaborasi dengan Channel Lain
Tips paling efektif dan paling sering dilakukan oleh para youtuber untuk menarik viewer yaitu melakukan kolaborasi dengan sesama koten kreator di youtube. Dengan kolaborasi maka subscriber dari akun yang berkolaborasi akan saling bertukar. Maka lakukan kolaborasi yang saling menguntungkan.

15. Minta Orang Lain untuk Mempromosikan Chanel kamu
Anda juga bisa meminta orang lain untuk mempromosikan chanel youtube anda dengan cara melakukan share video video yang anda buat ke jaringan mereka. Cara ini bisa anda lakukan kepada teman atau saudara anda.

Baca Juga : Cara Memblokir Video dan Channel YouTube

16. Buat Video Satu Tema
Tips selanjutnya anda juga bisa membuat video dengan satu tema atau Satu Niche. Tips ini cukup jitu untuk menaikkan jumlah viewer youtube anda. Dengan begitu pengunjung yang tertarik akan kembali mengunjungi chanel youtube anda lagi.

17. Pelajari Algoritma SEO Youtube
Hal penting yang perlu diketahui untuk mendapatkan viewer banyak yaitu dengan pelajari dan terapkan algoritma SEO youtube saat ini. SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu teknik yang di lakukan agar video kita di unggulkan dalam mesin pencarian milik youtube.

Itulah informasi yang diberikan tentang Tips Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login