Informasi

Pengertian Run As Administrator, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Mode Run As Administrator Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian Run As Administrator, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Mode Run As Administrator Pada Komputer Lengkap – Run As Administrator merupakan sebuah fitur keamanan yang diterapkan pada operating sistem windows, dimana fitur ini berfungsi sebagai pemberi kuasa hak akses penuh (bisa dibilang seperti surat izin) sebagai administrator untuk mengizinkan sebuah program yang bisa melakukan perubahan pada sistem.

Secara logisnya, saat menjalankan sebuah program pada komputer melalui perintah Run as administrator maka program tersebut memiliki kebebasan penuh untuk mengubah sistem di operating sistem Windows.

Contohnya bila akan menjalankan sebuah program yang memberikan pesan “Access Denied” atau “No Permission” error, itu berarti program tersebut berusaha untuk melakukan suatu perubahan pada sistem, tapi belum memiliki hak akses untuk melakukannya. Untuk mengatasi hal tersebut, agar program tersebut bisa berjalan dan bisa melakukan perubahan pada sistem dan menjalankan fungsinya, maka kalian sebagai administrator harus memberikan izin melalui fitur “Run as Administrator” terlebih dahulu.

Tapi perlu diketahui, tidak semua program memiliki fitur tersebut, yaitu suatu program ingin berusaha mengubah sistem. Sehingga tidak semua program yang harus dijalankan melalui perintah “Run as administrator”. Pastikan untuk menjalankan “Run as administrator” pada program terpercaya saja dan yang tidak berusaha merusak atau mengacaukan seluruh sistem pada perangkat komputer tersebut.

Pengguna dapat menjalankan Run as administrator jika pada saat menjalankan suatu program muncul pesan error “Access Denied” atau “No Permission”.

Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Mode Run As Administrator

Menggunakan Shotcut Keyboard

1. Pertama, saat akan membuka program tersebut, silahkan tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift.
2. Selanjutnya, jika mendapatkan notifikasi windows User Account Control (UAC), silahkan tekan yes untuk melanjutkan proses pembukaan program.
3. Selesai.

BACA JUGA :  Cara Mudah Membuat Hotspot Di Windows 10 Melalui CDM

Menggunakan Fitur Klik Kanan

1. Pertama, silahkan cari program yang akan dijalankan dengan mode run as administrator.
2. Selanjutnya klik kanan pada prgram tersebut, lalu pilih menu Run as Administrator

3. Apabila mendapatkan notifikasi windows User Account Control (UAC), silahkan tekan yes untuk melanjutkan proses pembukaan program
4. Selesai .

Cara Menjalankan Run as Administrator Permanen

1. Pertama, silahkan klik kanan pada program tersebut lalu pilih menu properties.

2. Selanjutnya, silahkan pilih tab Compatibility, kemudian berikan centang pada bagian Run this program as an administrator lalu klik OK.

3. Selesai.

Itulah informasi dan tutorial “Pengertian Run As Administrator, Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Mode Run As Administrator Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares