Informasi

Pengertian Perangkat Proses, Fungsi dan Contoh Perangkat Proses Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian Perangkat Proses, Fungsi dan Contoh Perangkat Proses Pada Komputer Lengkap – Perangkat proses merupakan komponen pada komputer berupa perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data dan mengolah data yang diberikan oleh perangkat input yang nantinya akan ditampilkan oleh perangkat output. Sehingga data yang sudah diproses oleh perangkat proses akan di tampilkan kepada pengguna komputer. Seluruh perangkat proses tersebut akan bekerja secara bersama dengan dukungan perangkat input output lainnya.

Perangkat proses bekerja dengan berdasarkan pada Aritmatika dan Logika Unit (ALU). Pemrosesan secara matematik tersebut dikerjakan oleh Processor sebagai otak utama sebuah komputer, semakin tinggi spesifikasi processor maka komputer tersebut akan semakin cepat dalam mengolah data, jutaan proses dapat di kerjakan oleh komputer dalam waktu satu detik atau Clock.

Fungsi Perangkat Proses

Fungsi perangkat proses yaitu untuk memproses, tapi perlu diketahui bahwa perangkat proses tidak hanya komponen processor pada CPU, tapi juga komponen komputer lain yang termasuk perangkat proses. Fungsi perangkat proses selain processor juga sama yaitu mengolah atau memproses data.

Secara umum, ada banyak jenis perangkat proses diantaranya yaitu CPU (Central Processing Unit), Mother Board, Power Supply, Memory RAM, VGA, dan Sound Card.

Contoh Perangkat Proses

Berikut beberapa contoh perangkat proses diantaranya yaitu:

Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU) ini merupakan otak utama yang berfungsi untuk memproses data dan perintah pada komputer. CPU berada di dalam casing komputer tepatnya menempel pada perangkat motherboard dengan supply daya listrik yang diatur oleh power supply. Selain itu, processor juga bekerja dengan sangat cepat, sehingga akan mengakibatkan naiknya suhu processor, untuk itu dibutuhkan sebuah pendingin processor berupa FAN.

BACA JUGA :  Pengertian Cloud Computing, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Lengkap

Power Supply (PSU)
Power Supply adalah perangkat proses yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Fungsi power supply tersebut sangat penting dan krusial, karena jika kita menyalakan komputer menggunakan arus AC yang tidak stabil, bisa-bisa komponen lainnya yang ada di komputer akan mengalami over daya dan rusak.

Pada power supply ada banyak sekali kabel yang berfungsi untuk menyalurkan daya ke komponen komputer lainnya, power supply mengontrol daya sesuai yang dibutuhkan perangkat komputer, tidak kurang dan tidak lebih sehingga cukup untuk membuat setiap komponen pada komputer berfungsi dengan baik. Secara umum Power Supply terdiri dari dua jenis yaitu power supply jenis AT dan power supply jenis ATX.

Video Graphic Adapter (VGA)
VGA adalah perangkat proses pada komputer yang berperan dalam mengolah dan memproses grafis. Video Graphic Adapter berperan dengan memproses grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor, sehingga jika ingin melihat grafis yang baik pada komputer, maka hal utama yang perlu di tingkatkan yaitu Video Graphic Adapter.

Semakin tinggi spesifikasi dari Video Graphic Adapter (VGA) maka kualitas gambar yang akan di sajikan oleh komputer akan semakin baik dan sebaliknya semakin kecil dari Video Graphic Adapter (VGA) maka kualitas gambar akan semakin buruk.

Itulah informasi tentang”Pengertian Perangkat Proses, Fungsi dan Contoh Perangkat Proses Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Baca Artikel Lainnya:
BACA JUGA :  9 Aplikasi Penyimpanan Data Online Cloud Storage Terbaik Untuk Android

You must be logged in to post a comment Login

Shares