Informasi

Pengertian dan Fungsi User Interface (Antar Muka Pengguna) Pada Komputer Lengkap

By

on

Pengertian dan Fungsi serta Contoh User Interface (Antar Muka Pengguna) Pada Komputer Lengkap – UI (User Interface) adalah sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna, dan fungsi user interface yaitu untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan.

User Interface juga dapat diartikan sebagai cara seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, tablet, smartphone maupun perangkat elektronik lainnya.

UI atau user interface atau tampilan antarmuka yaitu bagaimana cara program dan user (pengguna) berinteraksi. Istilah user interface juga digunakan untuk pengganti istilah HCI (Human Computer Interaction).

Semua aspek yang tampil di layar, bisa dilihat, dibaca, dipahami dan dimanipulasi dengan keyboard dan tetikus (mouse) merupakan bagian dari user interface.

User interface yang baik yaitu user interface yang bisa memberikan pengalaman interaksi yang dengan mudah dipahami oleh user (pengguna), user interface ini disebut sebagai user friendly.

Secara teknis, user interface berfungsi untuk menjembatani atau menerjemahkan informasi antara user dengen sistem operasi, sehingga komputer bisa didayagunakan oleh user. User interface juga bisa diartikan sebagai mekanisme inter-relasi dari hardware dan software yang membentuk pengalaman menggunakan sebuah set komputer. Dari sisi perangkat lunak, biasanya user inferface berbentuk GUI (Graphic User Interface) dan CLI (Command Line Interface), sedangkan dari sisi perangkat keras biasanya user inferface berbentuk ADB (Apple Desktop Bus), USB dan Firewire.

Secara sederhana, pengertian user interface adalah suatu media visual grafis yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan mudah dengan mesin yang sedang dikelolanya. Pengguna tidak perlu mengetikan perintah teks seperti pada command prompt.

Sebuah antarmuka pengguna (interface) adalah sistem di mana pengguna berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna (interface) mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem dan menyediakan cara untuk:

BACA JUGA :  Nama-Nama Komponen Dalam Handphone Beserta Fungsinya

Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna

Tujuan interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna (user interface) adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional.

Fungsi UI (User Interface)

Secara umum, user interface menyediakan metode untuk input dan output. Dengan user interface, user bisa dengan mudah melakukan input dan output data dan merekayasa atau memanipulasi data sesuai keperluan.

Pada program software hampir semua komponennya menggunakan kinerja GPU (Graphic Processor Unit) dimana user bisa menginputkan perintah dan memanipulasi data dengan memanfaatkan tampilan grafis tertentu seperti jendela, tombol/button dan textbox.

Sedangkan user interface pada sebagian besar perangkat keras, biasanya lebih sederhana, dan didominasi oleh simbol-simbol seperti pada remote televisi, mesin fotokopi dan telepon seluler.

Pada aplikasi smartphone, pengguna banyak berinteraksi dengan program-program di dalamnya dengan memasukkan perintah dalam bentuk teks maupun grafis. User interface pada smartphone cenderung dituntut lebih sederhana dan mudah mengerti dibanding user interface pada perangkat yang lebih besar seperti komputer.

Contoh User Interface

Itulah informasi tentang”Pengertian dan Fungsi User Interface (Antar Muka Pengguna) Pada Komputer Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Baca Artikel Lainnya:
BACA JUGA :  Begini, Cara Menyembunyikan Story WhatsApp Dari Orang Lain, Sangat Mudah!

You must be logged in to post a comment Login

Shares