fbpx

Informasi

Pengertian Floppy Disk, Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Floppy Disk Lengkap

By

on

Pengertian Floppy Disk, Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Floppy Disk Lengkap – Cakram flopi atau floppy disk adalah media diska penyimpanan terdiri dari media penyimpanan magnetis tipis dan fleksibel, disegel dalam plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram flopi populer disebut sebagai disket.

Floppy Disk adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer yang bersifat portable dimana perangkat keras ini berjaya didunia teknologi komputer pada tahun 1990-an.

Sejarah Perkembangan Floppy Disk

Floppy Disk muncul pertama kali sekitar tahun 1969. Apabila melihat dari segi ukurannya, pada awal kemunculannya Floppy Disk ini berukuran sekitar 8 inchi dan kapasitas yang masih terbilang sangat minim sekali, hardware ini hanya mampu menampung kapasitas file hingga 79,7kb.

Floppy disk juga memiliki sifat “read only “, dalam istilah lain floppy disk ini hanya mampu menyimpan data tanpa bisa di hapus dan diedit lagi, jadi file yang sudah masuk ke perangkat floppy disk hanya mampu dibaca saja.

Kemudian pada tahun 1976, perkembangan dari floppy disk pun mulai diusung, pada era tersebut floppy disk hadir dengan bentuk ukuran berkisar 5¼ inchi dan kemampuan penyimpanan datanya pun sudah mulai meningkat yaitu sebesar 110 KB dan 360 KB. Puncak kejayaan floppy disk ini terjadi pada tahun 1990-an yang dimana kapasitas penyimpanan dari floppy disk ini memiliki kapasitas sebesar 200 MB dimana kapasitas ini berukuran fisik sekitar 3½ inchi menjadi dominan dieranya.

Fungsi Floppy Disk

Fungsi Floppy Disk yaitu untuk menyimpan data dengan memori terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang disimpan juga bisa di akses ke komputer lain yang bertujuan untuk mengangkut data di dalam Floppy Disk untuk selanjutnya bisa di akses isinya.

Cara Kerja Floppy Disk

Saat disket dimasukkan ke slot (drive gate atau drive door) pada bagian depan floppy drive (yaitu alat untuk menahan, memutar, membaca dan menulis data ke disket), disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive. Head baca atau tulis digunakan untuk mentransfer data antara komputer dengan disket.

Saat disket berputar di dalam plastik pembungkus, head baca atau tulis bergerak maju dan mundur melalui area akses data di disket. Saat disket tidak berada di drive, penutupnya yang terbuat dari logam atau plastik berfungsi untuk menutup area akses data tersebut. Lampu akses akan menyala saat disket sedang bekerja.

Apabila pemakaian telah selasai, disket bisa diambil dengan cara menekan tombol keluar di samping drive. Untuk menarik/mengambil disket sebaiknya dilakukan saat lampu drive sudah dalam keadaan mati atau ketika sudah tidak bekerja lagi pada sebuah file dari disket tersebut karena bisa mengakibatkan disket tersebut cepat rusak. Simpan dan tutup file sebelum menarik disket dari drive.

Demikian informasi tentang”Pengertian Floppy Disk, Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Floppy Disk Lengkap“, semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares