fbpx

Android

Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi di HP Android

By

on

Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi – Nada Notifikasi menjadi pertanda saat ada panggilan atau pesan yang masuk pada HP kita. Lalu jika nada notifikasi tidak bunyi maka kita tidak akan mengetahui ada tidaknya pesan atau panggilan yang masuk pada ponsel. Jika demikian anda bisa melakukan pengaturan nada pada ponsel agar semua panggilan atau pesan yang masuk pada ponsel dapat kita dengar dan cepat untuk meresponnya. Terlebih lagi jika nada notifikasi pada whatsApp tidak bunyi. Seperti yang kita ketahui saat ini whatsApp menjadi media sosial paling banyak digunakan untuk berkomunikasi.

Sebenarnya untuk mengatur nada notifikasi sangatlah mudah. Anda cukup masuk ke menu pengaturan nada dan pilih nada yang anda sukai. Namun, jika anda telah berhasil mengatur nada notifikasi namun masih tidak ada notifikasi yang masuk, maka hal terjadi masalah pada perangkat ponsel anda.

Ada beberapa penyebab dari masalah tersebut, seperti karena salah setting, belum terpilihnya nada, belum melakukan perizinan, file sampah, atau Banyaknya Bugs Pada Aplikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah  .

Dari beberapa penyebab diatas, anda bisa lakukan Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi di HP Android dengan beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

1. Aktifkan Pengaturan Pemberitahuan Pada WhatsApp

Cara ini dilakukan agar setiap pesan yang masuk ke WhatsApp, dan notifikasinya masuk ke menu HP kita. Cara setting pemberitahuan whatsapp seperti berikut ini:

Buka menu Setelan >> Aplikasi >> Buka WhatsApp >> Ketuk kolom Aktifkan Pemberitahuan / Notifikasi.

2. Pastikan Android Tidak Pada Mode Silent

Coba pastikan jika android tidak dalam keadaan silent. Karena android dalam keadaan silent menyebabkan semua notifikasi yang masuk tidak akan bunyi. Anda bisa melakukan pengaturan melalui menu bar atas layar android atau melalui menu pengaturan >> suara >> lalu ubah pengaturan suara agar tidak dalam mode silent apa senyap.

3. Cek Nada Dering WhatsApp

Jika sudah melakukan pengecekan mode suara, coba selanjutnya cek pengaturan nada dering langsung di WhatsApp. Biasanya nada dering akan tersetting menyesuaikan dengan ringtone di android. Untuk mengatur nada dering whatsApp berikut ini:

Buka menu Setelan >> Notifikasi >> Nada Notifikasi >> Lalu pilih ringtone yang Anda inginkan.

Selanjutnya geser kebawah untuk Pengaturan Grup dan Panggilan.

Baca Juga : Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Dalam 1 HP 

4. Force Stop WhatsApp

Cara selanjutnya lakukan Force Stop WhatsApp. Cara ini berfungsi agar WhatsApp yang sedang berjalan diberhentikan, selain itu juga mengatasi bug berjalan yang tidak kita ketahui. Termasuk pada masalah bunyi. Lakukan cara dibawah ini:

Buka menu Setelan >> Aplikasi >> Buka WhatsApp >> Force Stop atau paksa berhenti.

5. Delete Data WhatsApp

Cara selanjutnya anda bisa lakukan Delete Data WhatsApp. Hapus data ini bertujuan untuk mengatasi bug pada whatsapp. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada WhatsApp, misalnya WhatsApp tidak bisa mengirim pesan. Lakukan cara dibawah ini:

Buka menu Setelan >> Aplikasi >> Buka WhatsApp >> Hapus Data atau Clear Data.

6. Gunakan WhatsApp versi terbaru

Salah satu solusi paling efektif untuk mengatasi bug yang langsung dari WhatsApp yaitu dengan melakukan pembaruan ke versi terbaru. Cara berikut ini:

Buka Playstore >> Ketik WhatsApp >> jika ada versi baru klik Update .

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Dengan Wajah dan Sidik Jari di iOS

7. Cek Pengaturan Notifikasi di WhatsApp

Caras selanjutnya, cek juga setelan notifikasi aplikasi whatsApp. Karena bisa jadi anda tidak sengaja menonaktifkan nada notifikasi sehingga pesan masuk tidak pernah bunyi. Canya berikut ini

Buka WhatsApp >> Tekan icon titik 3 >> Setelan >> Pilih Notifikasi >> Pilih nada notifikasi.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login

Shares