Cara Root Samsung Galaxy A70 Tanpa PC MUDAH & 100% BERHASIL | Pro.Co.Id

Android

Cara Root Samsung Galaxy A70 Tanpa PC MUDAH & 100% BERHASIL

By

on

Apakah anda sedang mencari cara root hp Samsung A70? Jika iya, maka anda berada di tempat yang tepat. Karena kali ini, Pro akan memberikan tutorial lengkap tentang cara Root Samsung Galaxy A70 dengan mudah sehingga pengguna dapat melakukan root sendiri tanpa perlu repot membawa ke tukang servis hp.

Namun, sebelum mengetahui cara root Samsung Galaxy A70, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy A70. Samsung Galaxy A70 merupakan smartphone yang rilis tahun depan di Indonesia dengan mengusung slogan “A for Live Generation”. Smartphone ini diklaim memiliki sejumlah fitur hebat dan mumpuni, sehingga mendukung pengguna ketika melakukan live streaming, bermain media sosial maupun live streaming game.

Salah satu spesifikasi yang paling menonjol dari Samsung Galaxy A70 dapat dilihat dari segi ukuran yang cukup besar yaitu 6,7 inch dengan aspek rasio pada 20:9 sehingga memberikan pengalaman nonton yang baik. Sedangkan dari segi kamera, Samsung Galaxy A70 disematkan dengan kamera bagian belakang 32MP + 5MP + 8MP yang mendukung ultra-wide hingga 123 derajat dan zoom hingga 5x, sedangkan kamera depannya memiliki kamera tunggal 32MP.

Dari segi dapur pacu, Samsung A70 dibenamkan Snapdragon 675 octa-core dengan rincian Dual 2.0 GHz + Hexa 1.7 GHz. CPU Kryo 460 dan GPU Adreno 612 yang diklaim mampu mendukung pengalaman gaming tanpa Lag.

Samsung A70 juga dilengkap dengan baterai yang berkapasitas 4.500mAh dengan dukungan super fast charging 25W.

Baca Juga : Cara Root Hp Samsung Semua Type Tanpa PC

Seperti yang kita ketahui, Samsung merupakan salah satu merk hp yang cukup populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan samsung memiliki performa yang cukup tangguh dengan spesifikasi ponsel yang mumpuni. Samsung juga termasuk merk ponsel yang memiliki harga cukup mahal dibandingkan dengan smartphone merk lainnya. Meskipun memiliki performa dan spesifikasi yang mumpuni, tidak berarti samsung selalu berjalan normal dan lancar. Karena itu masih banyak pengguna yang melakukan root pada hp samsung mereka.

Apa itu root?

Root adalah cara yang dilakukan agar pengguna mendapatkan akses penuh dalam sistem android khususnya pada smartphone samsung.

Android merupakan salah satu sistem berbasis Linux dan bersifat Open Source sehingga memungkinkan pengguna dapat memodifikasi sistem operasi sesuai dengan kemampuan pengguna.

Dengan memiliki akses penuh terhadap sistem android, maka pengguna dapat mengakses seluruh fitur dan dapat melakukan kustomisasi pada Hp android yang sebelumnya sering dibatasi oleh sistem atau disebut dengan Lock Bootloader. Untuk itu, bagi pengguna yang ingin melakukan root android terlebih dahulu harus membuka kunci lock bootloader atau Unlock Bootloader tersebut sehingga pengguna bisa mendapatkan akses penuh ke semua fitur yang disediakan oleh android.

Baca Juga : Cara Root Semua Jenis Android

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN ROOT HP ANDROID

KEKURANGAN ROOT HP ANDROID

  • Kehilangan masa garansi dari Samsung. Setelah samsung berhasil di root, maka produsen tidak lagi bertanggung jawab terhadap kerusakan ponsel akibat root. Hal ini dikarenakan proses root merupakan tindakan ilegal sehingga gransi tidak lagi berlaku.
  • Performa smartphone yang kacau. Setelah ponsel di root, biasanya membuat performa ponsel secara tiba-tiba menjadi menurun. Hal ini dikarenakan sistem operasi tidak lagi stabil sehingga membuat beberapa fitur tidak berjalan normal.
  • Smartphone tidak dapat updater OTA. Setelah ponsel di root, maka anda tidak lagi dapat mengupdate sistem operasi android melalui OTA (Over The Air). Hal ini dikarenakan fitur OTA telah terhapus saat proses root.
  • Ponsel rentan terkena virus. Proses root biasanya akan menghilangkan beberapa fitur dan standar keamanan hp, hal ini tentunya akan memperluas celah virus masuk ke ponsel anda. Untuk itu, berhati-hatilah ketika menyimpan data dan informasi penting di hp android yang telah di root.
  • Ponsel sering mati sendiri bahkan mati total. Salah satu konsekuensi paling buruk yang kerap terjadi pada ponsel yang memiliki akses root adalah ponsel sering restart sendiri hingga mati total. Hal ini dikarenakan terjadi kesalahan pada saat proses root yang tidak benar sehingga menyebabkan kerusakan pada sistem operasi secara keseluruhan.

Baca Juga : Cara Root Vivo Y12 Tanpa PC atau Laptop

KELEBIHAN ROOT HP ANDROID

  • Menghapus aplikasi bawaan sistem. Dengan melakukan root android, maka anda dapat dengan bebas mendapatkan akses penuh terhadap ponsel anda, salah satunya dengan menghapus aplikasi bawaan perangakat yang tidak terlalu penting dan membebani kinerja perangkat. Selain itu, aplikasi bawaan juga banyak memakan memori internal dan RAM. Aplikasi bawaan perangkat merupakan aplikasi yang dilindungi secara penuh oleh sistem operasi produsen smartphone, karena itu untuk membuka perlindungan tersebut pengguna harus melakukan root terlebih dahulu.
  • Dapat overlock processor. Overlock merupakan proses yang dilakukan dengan memaksa processor untuk bekerja secara maksimal sehingga membuat performa perangkat menjadi lebih kencang. Hanya saja proses Overlock ini memiliki beberapa konsekuensi seperti membuat processor menjadi sangat panas dan menguras banyak daya baterai dengan cepat, serta jika terlalu dipaksakan dapat menyebabkan processor rusak.
  • Dapat install aplikasi terlarang. Dengan melakukan root perangkat, maka anda dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di install, salah satunya seperti aplikasi Titanium Backup. Dengan melakukan root, maka anda bisa dengan mudah melakukan intalasi aplikasi titanium backup, dan aplikasi terlarang lainnya.
  • Menambah memori internal dengan MicroSD. Kelebihan ini sangat berguna sekali bagi anda yang memiliki memori internal kecil pada smartphone anda. Dengan melakukan root android, maka memori internal dapat ditambahkan dengan memori MicroSD. Karena cara ini tidak bisa dilakukan jika android anda tidak melalui akses root.
  • Mengurangi aplikasi yang berjalan di Background. Seperti yang kita ketahui, aplikasi yang berjalan di background ponsel banyak sekali memakan kapasitas RAM yang dapat menyebabkan menurunnya performa smartphone. Untuk mengurangi masalah ini, dapat diatasi dengan melakukan root android.

Baca Juga : Cara Root Vivo Z1 Pro Tanpa Pc atau Laptop

Cara Root Samsung Galaxy A70 Tanpa PC

Untuk melakukan proses root pada hp samsung dibutuhkan cara yang tepat dan benar agar proses root berjalan lancar dan berhasil. Karena kegagalan dalam proses root android dapat menyebabkan smartphone anda menjadi hang bahkan mati total. Untuk itu bagi anda yang sedang mencari Cara Root Hp Samsung Galaxy A70 Tanpa PC, berikut ini akan kami jelaskan untuk anda.

Seperti penjelasan diatas, untuk melakukan root hp samsung yang pertama kali dilakukan adalah dengan melakukan Unlock Bootloader hp samsung, untuk itu ketahui terlebih dahulu baca Cara Unlock Bootloader Samsung All Type.

Setelah berhasil melakukan Unlock Bootloader, langkah selanjutnya yaitu melakukan root. Cara root hp Samsung berikut ini menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara root Samsung Galaxy A70 ini menggunakan menggunakan aplikasi Kingroot, karena itu pastikan anda memiliki koneksi internet yang stabil agar aplikasi dapat memperbarui database atau file jke dalam file sehingga proses root berjalan lancar dan berhasil.

Baca Juga : Cara Root/Unroot Xiaomi Redmi Note 2 dan Prime

Cara Root Samsung Galaxy A70 dengan Kingroot

  • Terlebih dahulu download Aplikasi Kingroot versi terbaru
    Lalu install aplikasinya. Jika muncul notifikasi “Google installation blocked message” maka pilih “More details” lalu pilih “Install anyway (unsave)” dan “Ok”. Perhatikan gambar dibawah ini.

  • Pastikan kembali smartphone memiliki koneksi yang stabil
  • Selanjutnya akan muncul jendela perintah, Pilih “install” untuk mulai proses installasi aplikasi kingroot. Setelah selesai, pilih “Open” untuk menjalankan aplikasi.
  • Setelah aplikasi kingroot terbuka, lalu klik tombol “Try It”

  • Selanjtunya agar kingroot dapat memberikan akses root pada Samsung Galaxy A70, klik pada tombol “Start Root” untuk mulai proses rooting.

  • Tunggu proses root selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menitan. Jika proses root selesai maka akan muncul notifikasi “Root Succesfully”

  • Sampai disini proses root Samsung Galaxy A70 berhasil dilakukan.

Langkah terakhir yaitu install aplikasi Root Checker di Play Store dan jalankan. Jika muncul pesan 100% berwarna hijau maka proses root telah berhasil dan anda dapat melakukan akses penuh terhadap ponsel anda.

Baca Juga : Cara Root Oppo F1/Oppo F1 Plus Tanpa PC

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Root Hp Samsung Galaxy A70 Tanpa PC.  Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login