Cara Root Hp Samsung Semua Type Tanpa PC MUDAH 100% BERHASIL | Pro.Co.Id

Android

Cara Root Hp Samsung Semua Type Tanpa PC MUDAH 100% BERHASIL

By

on

Samsung merupakan salah satu merk hp yang cukup populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan samsung memiliki performa yang cukup tangguh dengan spesifikasi ponsel yang mumpuni. Samsung juga termasuk merk ponsel yang memiliki harga cukup mahal dibandingkan dengan smartphone merk lainnya.

Meskipun memiliki performa dan spesifikasi yang mumpuni, tidak berarti samsung selalu berjalan normal dan lancar. Karena itu masih banyak pengguna yang melakukan root pada hp samsung mereka. Apa itu root? Root merupakan cara yang dilakukan agar pengguna mendapatkan akses penuh dalam sistem android khususnya pada smartphone samsung.

Android sendiri merupakan salah satu sistem berbasis Linux dan bersifat Open Source sehingga memungkinkan pengguna dapat memodifikasi sistem operasi sesuai dengan kemampuan pengguna.

Dengan memiliki akses penuh terhadap sistem android, maka pengguna dapat mengakses seluruh fitur dan dapat melakukan kustomisasi pada Hp android yang sebelumnya sering dibatasi oleh sistem atau disebut dengan Lock Bootloader. Untuk itu, bagi pengguna yang ingin melakukan root android terlebih dahulu harus membuka kunci lock bootloader atau Unlock Bootloader tersebut sehingga pengguna bisa mendapatkan akses penuh ke semua fitur yang disediakan oleh android.

Untuk melakukan proses root pada hp samsung dibutuhkan cara yang tepat dan benar agar proses root berjalan lancar dan berhasil. Karena kegagalan dalam proses root android dapat menyebabkan smartphone anda menjadi hang bahkan mati total. Untuk itu bagi anda yang sedang mencara Cara Root Hp Samsung Semua Type Tanpa PC, berikut ini akan kami jelaskan untuk anda. Simak cara ini dengan seksama, karena kegagalan dalam proses root bukan menjadi tanggung jawab kami.

Baca Juga : Cara Root Oppo F1/Oppo F1 Plus Tanpa PC

Cara Root Hp Samsung Semua Type Tanpa PC

Biasanya, untuk melakukan root hp dibutuhkan bantuan PC atau komputer, namun kali ini saya akan memberikan cara root tanpa PC sehingga lebih simple dan tidak merepotkan. Seperti penjelasan diatas, untuk melakukan root hp samsung yang pertama kali dilakukan adalah dengan melakukan Unlock Bootloader hp samsung, untuk itu ketahui terlebih dahulu baca Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy All Type.

Setelah berhasil melakukan Unlock Bootloader, langkah selanjutnya yaitu melakukan root. Cara root hp Samsung berikut ini menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa aplikasi root Hp samsung tanpa PC. Perlu diketahui, bahwa tutorial root kali ini berlaku untuk semua jenis type hp samsung.

Cara Root Hp Samsung Dengan KingRoot

  • Terlebih dahulu download dan install aplikasi Kingroot di Google Play Store
  • Selanjutnya buka Aplikasi KingRoot
  • Pilihlah 3 garis di kiri atas
  • Setelah itu klik tombol “try root”
  • Tunggu hingga proses mencapai 100%
  • Jika muncul ikon ceklis atau centang, berarti smartphone Samsung telah berhasil di root

Cara Root Hp Samsung Dengan KingoRoot

  • Terlebih dahulu download dan install aplikasi KingoRoot di Google Play Store
  • Selanjutnya buka Aplikasi KingoRoot
  • Klik tombol “one click root”
  • Tunggu hingga proses root selesai
  • Jika proses berhasil, maka akan muncul tulisan ” Root Succeeded”
  • Selanjutnya cari aplikasi Super User di beranda ponsel, jika ada berarti smartphone Samsung telah sukses di root.

Baca Juga : Cara Root/Unroot Xiaomi Redmi Note 2 dan Prime

Cara Root Hp Samsung dengan FramaRoot

  • Terlebih dahulu download dan install aplikasi FramaRoot di Google Play Store
  • Selanjutnya buka Aplikasi FramaRoot
  • Klik tombol “Root”
  • Tunggu hingga proses root dan selesai

Cara Root Hp Samsung dengan iRoot

  • Terlebih dahulu download dan install aplikasi iRoot di Google Play Store
  • Selanjutnya buka Aplikasi iRoot
  • Klik tombol “Root Now”
  • Tunggu hingga proses root dan selesai

Itulah beberapa cara root Hp Samsung tanpa PC yang mudah dan dijamin berhasil. Setelah mengetahui cara root hp android, pahami juga risiko yang dapat terjadi ketika smartphone anda mendapatkan akses root, serta ketahui kekurangan dan kelebihan root hp android yang anda lakukan. Untuk itu, berikut ini kekurangan dan kelebihan root hp android.

Baca Juga : Cara Root Vivo Z1 Pro Tanpa Pc atau Laptop.

Kekurangan dan Kelebihan Root Hp Android

Kekurangan Root Hp Android

  • Kehilangan masa garansi dari Samsung. Setelah samsung berhasil di root, maka produsen tidak lagi bertanggung jawab terhadap kerusakan ponsel akibat root. Hal ini dikarenakan proses root merupakan tindakan ilegal sehingga gransi tidak lagi berlaku.
  • Performa smartphone yang kacau. Setelah ponsel di root, biasanya membuat performa ponsel secara tiba-tiba menjadi menurun. Hal ini dikarenakan sistem operasi tidak lagi stabil sehingga membuat beberapa fitur tidak berjalan normal.
  • Smartphone tidak dapat updater OTA. Setelah ponsel di root, maka anda tidak lagi dapat mengupdate sistem operasi android melalui OTA (Over The Air). Hal ini dikarenakan fitur OTA telah terhapus saat proses root.
  • Ponsel rentan terkena virus. Proses root biasanya akan menghilangkan beberapa fitur dan standar keamanan hp, hal ini tentunya akan memperluas celah virus masuk ke ponsel anda. Untuk itu, berhati-hatilah ketika menyimpan data dan informasi penting di hp android yang telah di root.
  • Ponsel sering mati sendiri bahkan mati total. Salah satu konsekuensi paling buruk yang kerap terjadi pada ponsel yang memiliki akses root adalah ponsel sering restart sendiri hingga mati total. Hal ini dikarenakan terjadi kesalahan pada saat proses root yang tidak benar sehingga menyebabkan kerusakan pada sistem operasi secara keseluruhan.

Baca Juga : Cara Root Vivo Y12 Tanpa PC atau Laptop

Kelebihan Root Hp Android

  • Menghapus aplikasi bawaan sistem. Dengan melakukan root android, maka anda dapat dengan bebas mendapatkan akses penuh terhadap ponsel anda, salah satunya dengan menghapus aplikasi bawaan perangakat yang tidak terlalu penting dan membebani kinerja perangkat. Selain itu, aplikasi bawaan juga banyak memakan memori internal dan RAM. Aplikasi bawaan perangkat merupakan aplikasi yang dilindungi secara penuh oleh sistem operasi produsen smartphone, karena itu untuk membuka perlindungan tersebut pengguna harus melakukan root terlebih dahulu.
  • Dapat overlock processor. Overlock merupakan proses yang dilakukan dengan memaksa processor untuk bekerja secara maksimal sehingga membuat performa perangkat menjadi lebih kencang. Hanya saja proses Overlock ini memiliki beberapa konsekuensi seperti membuat processor menjadi sangat panas dan menguras banyak daya baterai dengan cepat, serta jika terlalu dipaksakan dapat menyebabkan processor rusak.
  • Dapat install aplikasi terlarang. Dengan melakukan root perangkat, maka anda dapat menginstal aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di install, salah satunya seperti aplikasi Titanium Backup. Dengan melakukan root, maka anda bisa dengan mudah melakukan intalasi aplikasi titanium backup, dan aplikasi terlarang lainnya.
  • Menambah memori internal dengan MicroSD. Kelebihan ini sangat berguna sekali bagi anda yang memiliki memori internal kecil pada smartphone anda. Dengan melakukan root android, maka memori internal dapat ditambahkan dengan memori MicroSD. Karena cara ini tidak bisa dilakukan jika android anda tidak melalui akses root.
  • Mengurangi aplikasi yang berjalan di Background. Seperti yang kita ketahui, aplikasi yang berjalan di background ponsel banyak sekali memakan kapasitas RAM yang dapat menyebabkan menurunnya performa smartphone. Untuk mengurangi masalah ini, dapat diatasi dengan melakukan root android.

Baca Juga : Cara Root Semua Jenis Android

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Root Hp Samsung Semua Type Tanpa PC.  Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login