Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 dengan Mudah 100% BERHASIL | Pro.Co.Id

Informasi

Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 dengan Mudah 100% BERHASIL

By

on

Tahukah anda jika pada windows 10 kita dapat menghapus lisensi windows 10 lalu mengaktifkannya kembali pada windows 10 dengan perangkat yang sama tanpa terjadi masalah? Windows 10 memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menghapus lisensi windows 10, terutama bagi anda yang ingin berganti komputer atau laptop yang baru. Karena harga lisensi Windows 10 yang cukup mahal, tentunya kita ingin tetap menggunakan lisensi windows 10 yang lama ketika ingin mengganti atau menjual komputer/laptop yang lama. Agar tetap bisa menggunakan lisensi windows 10 yang lama, kita perlu menghapus lisensi sebelumnya lalu memindahkannya ke komputer/laptop yang baru. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara menghapus lisensi (Product Key) windows 10 terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di Dunia, salah satunya di Indonesia. Selain memiliki tampilan yang user friendly, Windows juga memiliki banyak kelebihan yang membuat penggunanya merasa nyaman. Salah satu kelebihan yang ada pada sistem operasi windows seperti memiliki tampilan yang menarik sehingga tidak mudah membuat penggunanya bosan. Selain itu, windows juga memiliki sistem keamanan yang cukup kuat dengan dibekali Windows Firewall maupun Windows Defender. Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi terakhir yang diproduksi windows yang rilis pada tahun 2015 lalu dengan memberikan berbagai fitur unggulan terbaik yang selalu di upgrade secara berkala untuk memberikan layanan terbaik baik penggunanya.

Baca Juga : Cara Transfer Lisensi (Product Key) Windows 10 ke Komputer Baru atau Komputer Lain. 

Sebelum menghapus lisensi Windows 10, ketahui terlebih dahulu jika Windows 10 memiliki 3 jenis lisensi yaitu RETAIL, OEM dan VOLUME. Untuk jenis lisensi OEM dan VOLUME, lisensi hanya bisa digunakan pada komputer yang sama persis pada saat komputer pertama di aktifkan, dengan artian lisensi tidak bisa dipindahkan ke komputer lain/baru. Sedangkan jenis lisensi RETAIL dapat diaktifkan pada komputer/laptop mana saja dengan syarat komputer/laptop baru menggunakan sistem operasi dan lisensi yang sama, serta product key tidak dipakai oleh 2 komputer pada waktu yang sama.

Product Key memiliki peran yang sangat penting pada sistem operasi, salah satunya membuat sistem operasi tidak Expired atau kadaluarsa yang dapat mempengaruhi program dan aplikasi didalamnya.

Lalu, Apa itu Product Key?

Product Key adalah serial number yang berisi kumpulat angkat dengan jumlah kurang lebih 25 digit yang digunakan untuk melakukan aktivasi Windows. Product key juga berfungsi untuk membedakan komputer atau laptop yang satu dengan yang lainnya.

Setelah mengetahui apa itu Product key, selanjutnya ketahui cara menghapus lisensi (product key) windows 10 dibawah ini dengan mudah.

Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10

Tutorial cara menghapus lisensi product key windows 10 ini menggunakan Command Prompt. Untuk lebih lengkapnya simak tutorial dibawah ini.

Langkah pertama, buka Command Prompt, yaitu dengan ketik cmd pada kolom Start/Taskbar/Run, lalu klik kanan pada Command Prompt, pilih pada Run as administrator.

Selanjutnya akan muncul jendela Command Prompt, lalu ketikkan perintah dibawah ini, dan tekan Enter.

slmgr.vbs /upk

Setelah itu akan muncul jendela pemberitahuan sebagai tanda lisensi berhasil di uninstall.

Setelah berhasil menghapus lisensi windows 10, ada baiknya anda juga harus menghapus Product Key dari Registry agar tidak dapat ditampilkan kembali melalui aplikasi atau script tertentu.

Untuk memindahkan Product key pada komputer/laptop baru, ketikkan perintah dibawah ini pada jendela Command Prompt yang dijalankan pada Run as administrator.

slmgr -ipk product_key_kamu_disini

Sebagai catatan. Jika anda terlalu sering memindahkan Product Key dari komputer satu ke lainnya, bisa saja menyebabkan Product Key mencapai limit bahkan terblokir oleh Microsoft. Salah sau solusinya, anda harus mengaktivasinya melalui telepon.

Baca Juga : Cara Melihat Product Key atau Lisensi Windows 10

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10  .Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login