Informasi

Cara Transfer Lisensi (Product Key) Windows 10 ke Komputer Baru atau Komputer Lain MUDAH

By

on

Seperti yang kita ketahui, windows 10 merupakan sistem operasi terakhir yang diproduksi windows yang rilis pada tahun 2015 lalu dengan memberikan berbagai fitur unggulan terbaik yang selalu di upgrade secara berkala untuk memberikan layanan terbaik baik penggunanya. Untuk bisa menggunakan Windows 10, pengguna harus membeli lisensinya (Product Key).

Harga lisensi jenis retail Windows 10 edisi Home berkisar antara US$139 (Rp. 1.946.000), sedangkan pada jenis Windows 10 Pro berkisar US$199 (Rp. 2.786.000). Bagi pengguna windows di Indonesia, harga product key Windows 10 terbilang cukup mahal, maka hal yang sangat wajar jika kita ingin memindahkan atau mentransfer lisensi key dari komputer lama ke komputer baru atau komputer lain.

Bukanlah hal yang sulit untuk memindahkan atau mentransfer lisensi key dari komputer lama ke komputer baru/lain. Hal yang perlu dilakukan untuk memindahkan atau mentransfer lisensi key windows 10 yaitu dengan terlebih dahulu menonaktifkan atau menghapus lisensi windows 10 di komputer lama, kemudian mengaktifkan lisensi windows 10 ke komputer baru. Untuk melakukan proses ini, pastikan komputer terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Bagi anda yang ingin menonaktifkan atau menghapus lisensi Windows 10 di komputer lama, ikuti tutorial dan panduan pada artikel tentang. Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 

Apa Saya Bisa Mentranfer Lisensi Windows 10?

Tentu saja bisa. Lisensi windows 10 akan memberikan informasi apakah anda bisa melakukan transfer linsensi key windows 10 ke komputer lama pada komputer baru. Hanya saja Microsoft hanya mengizinkan transfer lisensi windows 10 jenis Retail, sedangkan jenis lisensi OEM dan VOLUME tidak bisa dilakukan transfer lisensi. Untuk itu sebelum melakukan transfer lisensi windows 10, terlebih dahulu cek jenis lisensi yang digunakan pada windows 10.

Cara Cek Lisensi Windows 10

Seperti yang dijelaskan di atas, jenis lisensi key yang bisa di transfer hanyalah jenis RETAIL. Agar proses transfer lisensi tidak eror, maka pastikan lisensi yang anda gunakan adalah jenis RETAIL, maka terlebih dahulu cek jenis lisensi yang anda gunakan pada komputer lama berikut ini.

  • Langkah pertama, buka Command Prompt, yaitu dengan ketik cmd pada kolom Start/Taskbar/Run, lalu tekan Enter.
  • Pada jendela Command Prompt, ketikkan perintah “slmgr -dli” (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter.

  • Setelah tekan enter, maka akan muncul kotak dialog Windows Script Host yang berisi rincian jenis lisensi Windows 10 yang anda gunakan. Jika lisensi key Windows 10 yang gunakan adalah RETAIL, maka akan terlihat pada Description.

Baca Juga : Cara Melihat Product Key atau Lisensi Windows 10

Cara Transfer Lisensi Windows 10 ke Komputer Lama pada Komputer Baru

Jika lisensi key windows 10 di komputer lama anda adalah jenis RETAIL, maka cara selanjutnya yang anda lakukan untuk mentransfer lisensi Key Windows 10 yaitu dengan terlebih dahulu nonaktifkan lisensi key di komputer lama.

Cara Menonaktifkan Lisensi Key di Komputer Lama

Langkah pertama, buka Command Prompt, yaitu dengan ketik cmd pada kolom Start/Taskbar/Run, lalu klik kanan pada Command Prompt, pilih pada Run as administrator.

Pada kotak dialog User Account Control, klik tombol Yes.

Selanjutnya pada jendela Command Prompt, ketikkan perintah “slmgr.vbs /upk” lalu Enter untuk menonaktifkan windows 10 di komputer.

Setelah klik Enter, maka akan muncul pesan “Uninstalled product key successfully” untuk menonaktifkan lisensi key windows 10.

Setelah berhasil menonaktifkan lisensi key windows 10, selanjutnya hapus Product key dari Registry, dan ketikkan perintah “slmgr.vbs /cpky” lalu Enter.

Setelah klik Enter, maka akan muncul pesan “Product key from registry cleared successfully”

Langkah selanjutnya, Restart komputer dan pastikan komputer selalu terhubung ke internet. Untuk periksa status aktivasi lisensi windows 10 di komputer arahkan pada Setting -> Update & Security -> Activation.

Dengan melakukan langkah diatas, maka anda telah berhasil menonaktifkan lisensi windows 10 di komputer lama anda. Selanjutnya, anda sudah bisa mengaktifk an lisensi key di komputer baru/lain.

Cara Transfer Lisensi Key Komputer Lama ke Komputer Baru

Terlebih dahulu pastikan komputer baru sudah ready dengan Windows 10 edisi yang sama dengan versi yang anda gunakan pada komputer lama. Misalnya, pada komputer lama menggunakan Windows 10 edisi Home, maka pada komputer baru anda juga harus menjalankan windows 10 edisi Home. Hal ini penting diperhatikan untuk mengaktifkan salinan lisensi windows 10 menggunakan lisensi key yang sama.

  • Selanjutnya pastikan komputer terhubung ke internet. Setelah itu, buka Setting -> Update & Security -> Activation, lalu klik Change product key.

  • Lalu masukkan 25 karakter Product Key di kotak dialog yang muncul. Pastikan Product key yang anda lakukan benar, lalu klik tombol Next untuk mengaktivasi komputer baru.

Semoga proses yang anda lakukan berhasil. Jika terjadi masalah, anda dapat menjalankan Acrivation Troubleshooster atau menghubungi tim dukungan Microsoft menggunakan aplikasi Dapatkan Bantuan (Get Help) pada windows 10.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Transfer Lisensi (Product Key) Windows 10 ke Komputer Baru atau Komputer Lain.  Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login