fbpx

Android

Cara Mengatasi Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif Aman 100% Work

By

on

Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif – Touchscreen merupakan komponen terpenting smartphone yang berfungsi untuk mengoperasikan perangkat. Namun sayangnya, komponen ini sering mengalami masalah seperti touchscreen kurang sensitif ketika di sentuh. Masalah ini sering terjadi pada smatphone Xiaomi.

Tidak sedikit pengguna Xiaomi mengeluhkan layar ponsel tidak sensitif, baik saat digunakan saat bermain game hingga hanya sekedar menggeser layar. Padahal jika dilihat dari spesifikasinya, Xiaomi telah mengusung teknologi gorilla skin guard pada beberapa layar ponsel terbarunya. Namun, masalah Touchscreen kurang sensitif dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti pemasangan screen protector dan beberapa faktor penyebab lainnya.

Pemasangan screen protector justru menyebabkan sensitivitas sentuhan pada layar karena sensor proximiti yang biasanya terdapat dibagian atas layar (dekat speaker) ponsel Xiaomi tertutup oleh Screen Guard tersebut sehingga layar menjadi kurang responsif. Untuk itu berikut ini akan kami berikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi touchscreen Xiaomi kurang sensitif.

Baca Juga : Cara Mengatasi Touchscreen Error di Smartphone Android

Penyebab Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif

Sebelum membawa smartphone ke tukang service, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab touchscreen menjadi kurang sensitiv ketika disentuh. Berikut ini beberapa penyebabnya, antara lain:

  1. Ruang penyimpanan RAM yang terbatas ketika menjalankan aplikasi juga bisa membuat layar sentuh Xiaomi menjadi tidak responsif (hang).
  2. Meskipun perangkat Xiaomi mendukung aktivitas multitasking, namun perangkat juga memiliki batasan yang tergantung dengan kapasitas RAM. Jadi ketika banyak aplikasi yang berjalan di background juga bisa menyebabkan touchscreen menjadi kurang responsif.
  3. Selain itu, touchscreen juga menjadi kurang responsif saat perangkat Xiaomi di charge bukan menggunakan adaptor charger bawaan.
  4. Akibat layar terbentur. Meskipun pada dasarnya, touchscreen sudah dilindungi oleh glass panel (kaca tipis sebagai pelindung), namun ketika layar terbentur juga bisa menyebabkan sensor touchscreen menjadi tidak responsif.
  5. BUG pada ROM juga bisa menyebabkan touchscreen kurang responsif bisa jadi karena proses tweaking atau memang ROM yang digunakan terdapat bug.
  6. Jika masalah touchscreen kurang sensitif akibat kerusakan pada hardware, tentunya hanya bisa dilakukan dengan mengganti layar dengan yang baru. Namun, jika masalah touchscreen kurang sensitif akibat masalah pada software dapat dilakukan perbaikan seperti dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error Tidak Berfungsi.

Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif

1. Reboot Xiaomi
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah touchscreen kurang sensitif yaitu dengan restart perangkat. Proses ini akan menghapus cache dan menyegarkan kembali prosesor, dan sering diandalkan untuk mengatasi beberapa eror ringan pada smartphone.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan
Cara ini dapat dilakukan jika RAM pada perangkat terbatas. Sebaiknya selalu menutup aplikasi yang masih berjalan di background dan tidak digunakan karena akan membuat prangkat semakin berat dan menyebabkan touchscreen kurang responsif. Anda bisa segarkan kembali ruang RAM dengan menutup recent apps .

3. Atur Skala Animasi Layar
Meskipun sensitivitas touchscreen tidak dipengaruhi oleh kecepatan skala animasi. Namun, bisa jadi semakin tinggi skala animasi layar dapat menyebabkan tingkat respon layar semakin lama sehingga ada delay saat menyentuh layar perangkat.

Untuk menonaktifkan skala animasi layar, yaitu dengan masuk menu Settings, pilih Developer Option, cari Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, lalu ganti angkanya menjadi .5x.

Baca Juga : Cara Membuat Kamera Menjadi Fingerprint 

4. Delete File Sampah perangkat
File sampah yang menumpuk pada perangkat dapat menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh dan membuat kinerja perangkat menjadi lebih lambat, salah satunya membuat touchscreen kurang sensitif saat disentuh. Maka, bersihkan file sampah secara berkala pada ponsel. Cara menghapus file sampah pada xiaomi bisa dilakukan menggunakan aplikasi cleaner bawaan perangkat.

5. Lakukan Kalibrasi Layar (Sensor Proximity)
Anda juga bisa lakukan kalibrasi layar untuk meningkatkan sensitivitas touchscreen ponsel Xiaomi. Kalibrasi touchscreen Xiaomi bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Ketik *#*#6484#*#* di dialpad.
  • Lalu akan muncul menu hardware test, pilih Proximity Test.
  • Lalu tutup area Proximity Sensor dengan jari, dan tekan tombol Calibrate.
  • Selanjutnya lepas jari secara perlahan dari Proximity Sensor sampai angka di bagian atas menampilkan angka 5.xxxx (x bervariasi).
  • Biasanya setelah menunjukan angka 5.x tersebut maka akan ditampilkan pesan Calibration passed.
  • Lalu ketuk tombol Pass, kemudian klik tombol Home untuk kembali ke homescreen.

6. Upgrade System
Touchscreen Xiaomi kurang sensitif juga disebabkan karena OS MIUI yang terlalu lawas sehingga perlu diperbaharui ke versi terbaru. Saat melakukan upgrade system sebaiknya terlebih dahulu pastikan ROM yang digunakan pada ponsel Xiaomi anda adalah ROM bergaransi resmi dan bukan distributor. Karena, mayoritas ponsel Xiaomi dengan ROM dari distributor tidak bisa melakukan update system atau bahkan mengalami kerusakan system jika dipaksakan.

7. Pasang Aplikasi Pihak Ketiga
Cara mengatasi touchscreen Xiaomi kurang sensitif selanjutnya bisa dilakukan dengan memasang aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi terbaik yang kami rekonmendasikan adalah SGS Touchscreen Booster. Selain karena cukup ringan, aplikasi ini juga mudah dioperasikan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan layar sentuh ponsel Xiaomi, karena aplikasi ini terdapat menu preset seperti slower, default, optimized, super optimized dan custom yang bisa anda pilih.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint 

8. Factory / Hard Reset
Jika semua cara diatas belum bisa mengatasi masalah touchscreen xiaomi kurang sensitif, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan reset atau hard reset. Cara ini akan menghapus semua file dan data yang ada diperangkat, jadi disarankan sebelum melakukan reset anda bisa lakukan backup data. Cara reset atau hard reset ini akan mengembalikan setelan perangkat ke awal sehingga kondisi perangkat seperti baru. Selain itu, cara ini juga akan menghapus semua kesalahan pada perangkat seperti mengatasi masalah pada touchscreen xiaomi yang kurang sensitif.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Touchscreen Xiaomi Kurang Sensitif . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login