fbpx

Android

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi Mudah 100% Work

By

on

Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi – Fingerprint adalah fitur keamanan yang dimiliki smartphone untuk mendeteksi dan mengunci layar smartphone dengan menggunakan sidik jari. Dengan adanya fitur fingerprint membuat pengguna lebih merasa aman untuk memproteksi smartphone menggunakan sidik jari. Tak mau kalah dengan produsen lainnya, Xiaomi juga mengeluarkan seri smartphone berfingerprint sejak tahun 2016. Namun, ada cukup banyak kasus yang dialami pengguna Xiaomi yang memiliki fitur fingerprint. Mereka mengeluhkan fitur fingerprint ponsel Xiaomi mengalami error dan tidak berfungi.

Ada beberapa faktor penyebab fingerprint ponsel Xiaomi mengalami error dan tidak berfungsi. Seperti usia ponsel, scanning dengan jari kotor atau basah, sensor fingerprint yang tergores, atau karena banyaknya sidik jari yang terekam.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Error Tidak Berfungsi

Karena itu, berikut ini akan kami berikan cara mengatasi fingerprint Xiaomi error dan tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error

1. Restart Smartphone

Cara memperbaiki fingerprint error dan tidak berfungsi pada smartphone Xiaomi yaitu dengan melakukan restart smartphone. Restart smartphone merupakan cara efektif untuk memperbaiki kerusakan atau kehilangan data ringan yang terjadi pada smartphone.

2. Jaga Kebersihan Fingerprint

Pastikan kebersihan pada smartphone anda khususnya pada bagian fingerprint. Karena salah satu penyebab fingerprint error disebabkan karena fingerprint kotor atau berdebu.

3. Jaga Kebersihan Jari

Untuk mencegah fingerprint error selanjutnya yaitu pastikan jari anda bersih dan tidak terluka. Karena masalah tersebut dapat mengganggu sensor fingerprint untuk mendeteksi sidik jari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Touchscreen Error di Smartphone Android

4. Upgrade ROM MIUI ke Versi Terbaru

Cara selanjutnya untuk mengatasi error pada fingerprint xiaomi yaitu dengan melakukan upgrade ROM MIUI. Karena bisa jadi, kerusakan tersebut terjadi karena ada kesalahan sistem yang secara tidak sengaja anda lakukan.

Versi ROM MIUI terbaru diciptakan untuk meminimalisir adanya bugs pada perangkat Xiaomi. Selain itu, dengan melakukan upgrade ROM MIUI anda akan mendapatkan banyak fitur terbaru.

5. Delete Cache Fingerprint

Cara selanjutnya yaitu dengan menghapus cache fingerprint pada pengaturan aplikasi. Caranya dengan masuk menu Pengaturan, kemudian pilih maneger aplikasi, dan pilih aplikasi fingerprint dan Hapus Cache. Cara ini dilakukan utnuk menghapus histori sidik jari smartphone.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Fingerprint 

6. Delete Data Fingerprint

Selain delete cache, lakukan juga delete data pada fingerprint. Cara yang dilakukan sama saja hanya sajah bukan menghapus cache melainkan menghapus data aplikasi fingerprint. Dengan begitu, fingerprint akan kembali keposisi semula atau terhapus sidik jarinya.

7. Flash ROM ke ROM Resmi Gobal Stable

Jika beberapa cara diatas belum bisa mengatasi error pada fingerprint, maka cara selanjutnya yang bisa anda lakukuan adalah dengan melakukan flash ROM ke ROM resmi global stable. Namun seperti yang kita ketahui, saat ini banyak beredar ponsel xiaomi dengan ROM distributor pada sistemnya. Padahal ROM distributor memiliki banyak kekurangan dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada perangkat Xiaomi.

Karena itulah, anda perlu melakukan flashing ROM ke ROM resmi Global Stable untuk mengatasi masalah fingerprint yang tidak berfungsi pada HP Xiaomi.

8. Bawa ke Service Center Xiaomi

Jika cara diatas tidak bisa mengatasi masalah sensor fingerprint, maka cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan membawa ke service center Xiaomi untuk diperbaiki permasalahan pada sensor fingerprint.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login