Cara Mengatasi Telepon Tidak Ada Suara di HP Android Terbukti 100% WORK | Pro.Co.Id

Android

Cara Mengatasi Telepon Tidak Ada Suara di HP Android Terbukti 100% WORK

By

on

Cara Mengatasi Telepon Tidak Ada Suara di HP Android – Handphone memiliki dua fungsi utama yang sangat penting untuk berkomunikasi yaitu melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan. Kedua fungsi tersebut harus ada agar pengguna bisa berkomunikasi satu dengan lain meskipun berbeda jarak dan waktu. Jika salah satu fungsi tersebut tidak bisa digunakan maka akan menghambat komunikasi. Masalah yang sering terjadi adalah tidak ada suara ketika melakukan panggilan telepon.

Biasanya masalah panggilan telepon tidak ada suara sering terjadi pada smartphone android samsung j5. samsung j6, xiaomi. Namun, tidak menutup kemuningkinan juga bisa terjadi pada merk smartphone lainnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi LINE Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Telepon Tidak Ada Suara di HP Android

Ada beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi panggilan telepon tidak ada suara di hp Android. Simak penjelasan dibawah ini mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah diatas.

Restart Smartphone Android

Langkah awal untuk mengatasi masalah panggilan telepon tidak ada suara bisa dilakukan dengan melakukan restart Hp. Karena biasanya aplikasi telepon mengalami kesalahan sistem.

Akibat Kesalahan Sistem

Masalah panggilan telepon tidak ada suara yang pertama, bisa saja terjadi akibat smartphone terjadi kepanasan atau sistem sedang error. Jika memang masalah tersebut disebabkan karena adanya kesalahan pada sistem atau akibat overheat, maka cara mengatasinya cukup dengan mengistirahatkan terlebih dahulu smartphone untuk beberapa menit agar lebih dingin.

Selanjutnya anda bisa lepas baterai dan SIM Card. Jika smartphone menggunakan baterai tanam, maka copot saja SIM Card nya.

Cara ini dapat dilakukan agar smartphone tidak terlalu panas dan menyebabkan error.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Data dan Cache yang Menumpuk

Masalah pada panggilan telepon juga bisa saja terjadi akibat banyaknya file data dan cache pada aplikasi telepon. Menumpuknya file cache dan data di aplikasi telepon bisa saja mengganggu fungsi kerja aplikasi. Untuk itu, kita perlu menghapus data dan cache agar fungsi aplikasi menjadi lebih maksimal. Berikut caranya :

  • Buka menu pengaturan (setting)
  • Lalu pilik aplikasi
  • Selanjutnya pilih aplikasi Telepon
  • Lalu pilih Hapus Data & Hapus Cache

Baca Juga : Cara Mengatasi Nada Notifikasi LINE Tidak Bunyi

Reset Pengaturan Pabrik

Cara selanjutnya untuk mengatasi panggilan telepon tidak ada suara yaitu dengan mereset ke setelan ulang pabrik. Cara ini paling ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone salah satunya untuk mengatasi masalah panggilan telepon. Hanya saja sebelum melakukan reset setelan pabrik sebaiknya cadangkan terlebih dahulu semua data dan file yang ada di smartphone karena ketika melakukan reset ulang semua data akan hilang secara otomatis.

Cara reset ulang bisa dilakukan dengan masuk menu pengaturan, security dan pilih Backup dan Reset. Tungguh hingga proses selesai. Jika sudah sudah selesai langsung coba untuk menelpon kembali.

Bersihkan Microphone atau Lubang Jack Headset

Cara mengatasi telepon tidak ada suara selanjutnya yaitu dengan membuka bagian microphone smartphone. Perhatikan solderan atau kabel tidak terputus dan bersihkan dengan pelan jangan sampai tambah rusak. Bersihkan juga lubang jack headset dapat menggunakan benda seperti kayu atau benda kecil lainnya asal jangan jarum karena bisa merusak bagian penting di dalam jack tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Notifikasi HP OPPO Tidak Berbunyi

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Telepon Tidak Ada Suara di HP Android  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login