fbpx

Android

8 Cara Mengatasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” Tidak Bisa Dibuka di Android

By

on

Cara Mengatasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” Tidak Bisa Dibuka – Facebook adalah salah satu aplikasi dengan pengguna yang mencapai jutaan user bahkan hingga milyaran users. Meskipun termasuk aplikasi media sosial nomor wahid di dunia, tidak dipungkiri jika Facbook juga memiliki kekurangan yang banyak dikeluhkan oleh penggunanya. Biasanya masalah yang kerap muncul di facebook seperti muncul pesan “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” sehingga aplikasi facebook akan keluar dengan sendirinya dan harus menunggu beberapa waktu untuk bisa dibuka kembali. Nah, untuk itu kali ini kita akan mengulas tentang Cara Mengatasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” Tidak Bisa Dibuka di Android.

Sebelum mengatasi masalah “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab terjadinya masalah tersebut. Biasanya facebook mengalami error hingga muncul peringatan “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” disebabkan oleh RAM Android yang Overload atau RAM Android penuh dan tidak lagi bisa memuat aplikasi facebook sehingga membuat facebook secara otomatis tertutup sendiri. Umumnya masalah ini sering terjadi pada smartphone Android dengan ukuran RAM relatif kecil dibawah 1GB.

Namun pada android dengan RAM besar juga facebook kerap mengalami masalah yang sama yang biasanya disebabkan oleh pengguna android itu sendiri. Seperti tidak pernah membersihkan file cache dan file history facebook sehingga membuat facebook terasa berat dan secara otomatis facebook akan memberi peringatan berupa pesan error. Lalu bagaimana cara mengatasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” Tidak Bisa Dibuka di Android.

Baca Juga : Cara Logout/Keluar Facebook di Semua Perangkat

Cara Mengatasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti”

1. Delete File Cache Facebook

Agar tidak terjadi error pada aplikasi facebook hingga muncul notifikasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” atau pada aplikasi lainnya sebaiknya anda delete file cache. Untuk menghapus delete file cache anda bisa menggunakan aplikasi cleaner atau anda gunakan di menu pengaturan.

Gunakan cara ini untuk delete file cache di menu pengaturan:

Buka menu Pengaturan >> Setelen Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari “Facebook” >> Kemudian tap “Hapus Cache”.

2. Delete Data Aplikasi Facebook

Cara Selanjutnya untuk mengatasi masalah “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” yaitu dengan menghapus data aplikasi. Dengan menghapus data aplikasi berarti mencakup delete file cache, history pencarian, dan menghapus semua konfigurasi dari aplikasi facebook.

Cara menghapus data aplikasi facebook adalah sebagai berikut:

Buka menu Pengaturan >> Setelen Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari “Facebook” >> Lalu Tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Baca Juga : Cara LogOut Dari Aplikasi Facebook Messenger

3. Update Facebook

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” yaitu dengan mengupdate aplikasi facebook. Karena barangkali anda masih menggunakan facebook versi lama. Caranya dengan buka google play store lalu cari aplikasi facebook dikolom pencarian, lalu update aplikasi.

4. Install Ulang Aplikasi Facebook

Jika dengan cara diatas belum berhasil untuk mengatasi masalah “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti”, maka anda bisa menggunakan cara menginstall ulang aplikasi facebook melalui google Playstore. Namun sebaiknya anda uninstall terlebih dahulu aplikasi facebook dengan buka Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari “Facebook” >> Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Status Online di Facebook

5. Update OS Perangkat

Pada waktu-waktu tertentu biasanya perangkat android menyediakan pembaruan OS untuk meningkatkan fitur atau perbaikan bug. Biasanya perangkat yang sudah lama tidak diperbarui perangkatnya akan mengalami beberapa masalah sistem salah satunya mengalami beberapa bug pada aplikasi seperti facebook muncul notifikasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti”. Untuk mencegah masalah tersebut anda bisa secara berkala mengupdate OS Perangkat.

6. UnRoot Perangkat

Munculnya masalah pada facebook biasanya juga disebabkan karena ponsel anda memiliki akses Root. Perangkat android yang sudah memiliki akses root sangat mungkin mengalami beberapa error salah satunya yang terjadi pada facebook. Karena itu untuk mengatasi masalah facebook muncul notifikasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti”, anda bisa melakukan UnRoot android anda.

7. Gunakan Facebook Versi Lama

Masalah facebook muncul notifikasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” juga bisa muncul karena anda menggunakan versi facebook yang tidak kompatibel dengan perangkat anda. Jika memang disebabkan karena hal tersebut, maka solusinya anda periksa aplikasi facebook dan disarankan gunakan versi yang kompatibel dengan OS Perangkat anda.

8. Kembalikan Setelan Pabrik

Cara paling ampuh dilakukan jika cara diatas tidak bisa mengatasi masalah facebook muncul notifikasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” yaitu dengan mengembalikan kesetelan pabrik. Namun sebelum melakukan cara ini sebaiknya terlebih dahulu anda lakukan backup data. Karena semua data yang tersimpan pada perangkat otomatis akan terhapus. Setelah melakukan backup data anda bisa menekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Up secara bersamaan. Setelah akan muncul jendela kerja proses pengaturan ulang pabrik, dan setelah proses selesai perangkat akan melakukan reboot sistem.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Akun Facebook Dari Google

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi “Sayangnya, Facebook Telah Berhenti” Tidak Bisa Dibuka di Android . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda. Terimakasih Semoga Bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares