fbpx

Informasi

Cara Mematikan Windows Defender Permanen & Sementara Pada Windows 10 Terbaru 2019

By

on

Cara Mematikan Windows Defender Permanen & Sementara – Windows defender adalah software antivirus bawaan windows yang mulai tersedia dari versi windows 8.1 keatas, dan tidak dimiliki oleh versi dibawahnya. Software windows defender sangat ampuh untuk melindungi komputer dari berbagai ancaman virus serta akses terhadap file privasi. Namun anda juga perlu memperhatikan keamanan dari windows defender. Seperti pada saat anda ingin menginstall aplikasi anda harus mematikan windows defender terlebih dahulu agar aman pada saat melakukan download aplikasi yang diinginkan.

Selain ampun untuk melindungi komputer dari virus dan dapat melakukan pemblokiran terhadap installer aplikasi. Windows defender juga memiliki kekurangan yaitu ada banyak aplikasi yang dianggap sebagai virus oleh windows defender. Jadi agar berhasil menginstall aplikasi anda harus mematikan terlebih dahulu windows defender.

Windows defender bawaan dari windows 10 yang sebelumnya telah ada pada versi windows 8 memiliki perbedaan dibanding pada versi sebelumnya. Jika pada 8 anda bisa uninstall windows defender hanya secara permanen saja, sedangkan pada versi windows 10, anda bisa mematikan windows defender dengan cara permanen dan sementara. Untuk lengkapnya simak ulasan tentang Cara Mematikan Windows Defender Permanen & Sementara Pada Windows 10.

Baca Juga : Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate Pada Windows

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

Cara Mematikan Windows Defender Sementara pada Windows 10

Berikut ini adalah langkah yang digunakan untuk mematikan windows defender secara sementara pada windows 10. Cara ini juga bisa digunakan pada saat anda akan melakukan install aplikasi tertentu yang dicekal oleh Windows Defender.

Cara mematikan windows defender sementara pada windows 10 antara lain:

  • Klik tombol Windows, lalu cari software Windows Defender atau anda bisa mengetikkan pada kolom pencarian “Windows Defender”.
  • Jalankan software Windows Defender, lalu buka menu Virus & threat protection.
  • Setelah masuk, selanjutnya klik opsi Virus & threat protection setting.

  • Lalu akan muncul menu Virus & threat protection setting, dan matikan seluruh proteksi pada menu tersebut seperti Real-Time Protection dan Cloud-delivered Protection. Dengan cara klik pada toggle tersebut sehingga posisi toggle tersebut berubah menjadi OFF.
  • Sedangkan untuk menghidupkan kembali, anda buka Windows Defender lalu masuk ke menu Virus & Protection Setting selanjutnya ubah toggle tersebut ke posisi ON.

Baca Juga : Cara Backup dan Restore File/Data di Windows 10 

Cara Mematikan Windows Defender Permanen pada Windows 10

Melalui Registry Editor

Meskipun sedikit rumit, namun cara ini dinilai cukup ampuh untuk mematikan windows defender secara permanen. Berikut ini adalah cara mematikan Windows Defender permanen pada Windows 10, antara lain:

  • Buka Registry Editor atau regedit dengan cara buka aplikasi RUN dengan menekan tombol Ctrl+R secara bersamaan. Lalu ketik “regedit” lalu tekan Enter pada Keyboard.

  • Setelah aplikasi Registry Editor muncul lalu klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService.

  • Lalu klik kanan 1 kali pada opsi Start. Lalu ganti value data menjadi 4, serta pastikan opsi base pada Hexadecimal. Setelah itu klik OK. Selanjutkan Restart PC maka secara otomatis aplikasi Windows Defender akan mati secara Permanen.

  • Sedangkan untuk mengaktifkannya, anda bisa buka lagi Regedit dengan cara diatas, lalu pada opsi Start isi value menjadi 2 dan restart PC. Dengan demikian maka windows defender akan aktif kembali.

Baca Juga : Cara Menghapus User Accounts di Windows 10

Melalui Services

Selain menggunakan regedit, untuk mematikan Windows Defender juga bisa menggunakan Services. Caranya seperti berikut ini.

  • Buka Services dengan cara buka RUN dengan tekan tombol Ctrl+R secara bersamaan. Lalu ketik services.msc lalu tekan Enter untuk menjalanlan Services.
  • Setelah terbuka, cari Windows Defender dengan klik 2 kali atau klik kanan dan pilih Properties.

  • Selanjutnya pada tab general ubah Startup type menjadi Disable. Lalu klik Apply dan OK. Dengan demikian maka secara otomatis Windows Defender akan berhenti secara Permanen.

  • Sedangkan untuk mengaktifkan kembali Windows Defender, anda bisa buka Services seperti proses diatas lalu masuk Windows Defender properties dan ubah Startup type seperti semula yaitu Automatic. Lalu tekan Apply dan OK. Selanjutnya Restart PC untuk mengaktifkan kembali Windows Defender.

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Berjalan Saat Startup di Windows 10

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mematikan Windows Defender Permanen & Sementara Pada Windows 10  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares