fbpx

Android

9 Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah Tanpa Factory Reset

By

on

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp BermasalahWhatsApp adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna android maupun iOS. Salah satu penyebabnya karena aplikasi whatsApp mencakup banyak fitur yang memudahkan pengguna untuk saling terhubung satu sama lain. Seperti melakukan panggilan telepon audio video, berkirim file, foto, chatting, hingga membuat status. Meskipun demikian, terkadang whatsApp kerap mengalami beberapa masalah seperti whatsApp tidak bisa melakukan panggilan.

Sejak tahun 2015 whatsApp menjadi salah satu aplikasi penyedia telepon gratis. Dari situlah banyak pengguna mulai sering melakukan panggilan telepon beralih menggunakan whatsApp. Hingga akhirnya whatsApp menyematkan fitur video agar pengguna bisa melakukan panggilan video. Namun, tidak dipungkiri jika whatsApp juga kerap mengalami berbagai masalah pada fitur panggilan seperti whatsapp tidak bisa melakukan panggilan audio maupun panggilan video.

Baca Juga : Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Dalam 1 HP 

Untuk itu, kesempatan kali ini kita akan memberikan Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah Tanpa Factory Reset.

Jenis Masalah pada Panggilan WhatsApp

Berikut ini beberapa error yang biasanya terjadi pada panggilan WhatsApp. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua masalah pada panggilan whatsApp disebabkan karena masalah pada aplikasi, karena bisa jadi masalah tersebut terjadi karena adanya human error atau dalam keadaan tertentu.

  • Panggilan menghubungkan terus menerus. Biasanya saat melakukan panggilan whatsapp tidak langsung terhubung namun pada layar panggilan masih bertuliskan menghubungkan panggilan secara terus menerus. Biasanya masalah ini muncul karena koneksi internet yang tidak stabil.
  • Tidak Dapat Memanggil atau Tidak Ada Koneksi Internet. Ketika melakukan panggilan dan ada tulisan tidak dapat melakukan panggilan, maka dapat dipastikan jika smartphone anda tidak memiliki koneksi internet.
  • Sedang Berada Pada Panggilan Lain. Jika muncul peringatan tersebut maka pengguna yang anda hubungi sedang melakukan panggilan dengan orang lain. Maka sebaiknya anda menunggu beberapa saat agar panggilan bisa terhubung.
  • Masalah Panggilan Lainnya. Jika muncul peringatan lainnya maka bisa dipastikan jika panggilan anda ditolak, human error atau masalah lainnya.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Dengan Wajah dan Sidik Jari di iOS

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

Setelah mengetahui beberapa jenis masalah yang kerap terjadi pada panggilan whatsApp. Langkah selanjutnya adalah mengetahui berbagai cara mengatasi masalah pada panggilan whatsApp. Berikut ini beberapa cara mengatasi panggilan WhatsApp, antara lain:

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah panggilan whatsApp yaitu dengan pastikan koneksi jaringan stabil. Cara mengecek koneksi internet dapat anda gunakan untuk membuka youtube. Jika koneksi internet tidak stabil maka video akan buffering, sedangkan jika koneksi lancar maka video yang anda putar akan lancar tanpa hambatan.

2. Pastikan Nomor Tujuan Benar

Coba pastikan nomor tujuan panggilan anda benar dan pengguna nomor dalam keadan aktif. Karena bisa jadi meskipun foto profil ada, namun panggilan terus bertuliskan memanggil maka dapat dipastikan jika nomor tujuan anda sudah tidak aktif atau tidak digunakan lagi, walau server whatsApp belum terhapus.

3. Pastikan Nomor Anda Sedang Tidak Diblokir

Selain memastikan nomor tujuan, anda juga perlu memastikan nomor yang digunakan apakah sedang diblokir atau masih bisa digunakan. Untuk memastikannya, biasanya tanda pemblokiran bisa dilihat ketika foto profil tidak tersedia, chatt selalu centang satu dan bio tidak terlihat.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

4. Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah panggilan pada whatsapp yaitu cek perizinan aplikasi whatsApp. Cara ini bisa anda lakukan jika anda melakukan panggilan whatsapp tapi tidak ada suara atau penerima tidak mendengar suara anda meskipun panggilan sudah terangkat. Hal ini bisa terjadi pada perizinan aplikasi. Seperti pada versi smartphone terbaru yang memang sistemnya mengharuskan pengguna untuk melakukan perizinan terlebih dahulu secara manual.

Cara melakukan perizinan aplikasi bisa anda lakukan dengan langkah-langkah berikut:

Buka Pengaturan >> Aplikasi & Notifikasi >> Pilih WhatsApp >> Izin >> selanjutnya pastikan semua bagian dalam keadaan aktif, seperti pada bagian kamera, kontak, mikrofon, penyimpanan dan ponsel.

5. Cek Tanggal dan Waktu pada Android

Lakukan pengecekan pada tanggal dan waktu android, dan pastikan berapa pada setelah otomatis. Cara ini untuk mengindari masalah jaringan pada SIM Card dan WhatsApp. Karena biasanya akan ada beberapa aplikasi, seperti WhatsApp yang menolak beberapa aktivitas ketika tanggal dan waktu smartphone tidak sesuai dengan pengaturan otomatis.

Perhatikan cara dibawah ini untuk masuk ke penyetelan tanggal dan waktu smartphone.

Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Tanggal dan Waktu >> Pastikan atur tanggal dan waktu pada posisi aktif.

6. Delete File Cache dan Hapus Data

Jika cara diatas belum bisa mengatasi masalah pada panggilan whatsApp, maka anda bisa mencoba dengan cara delete file cache dan hapus data pada aplikasi whatsApp. Selain untuk mengatasi masalah panggilan, cara ini juga bisa untuk mengatasi panggilan tida ada suara. Cara menghapus file cache dan hapus data pada whatsapp adalah sebagai berikut.

Buka menu pengaturan >> Aplikasi >> WhatsApp >> ketuk clear cahche (untuk menghapus cache) / Clear data (untuk menghapus data).

Pada proses menghapus data maka semua data yang ada pada whatsApp otomatis akan hilang dan anda akan masuk ke menu awal whatsapp seperti menginstall baru. Jadi anda harus mengingat nomor yang anda gunakan pada whatsApp untuk mendapatkan kode verfikasi.

Baca Juga : Cara Menolak Masuk Grup WhatsApp

7. Non Aktifkan Fitur Penghemat Daya dan Koneksi Bluetooth

Salah satu penyebab panggilan whatsApp bermasalah lainnya yaitu karena fitur penghemat baterai dan koneksi bluetooth yang aktif. Fitur penghemat daya akan mematikan data secara otomatis saat konsumsi baterai tersisa 20%. Jadi kita tidak akan menyadarinya ketika melakukan panggilan melalui whatsApp.

Karena itulah, sebelum melakukan panggilan whatsApp anda sebaiknya cek fitur penghemat daya dan bluetooth, bisa tidak diperlukan anda bisa menonaktifkan fitur tersebut.

8. Akses Ijin Mikrofon Belum Diaktifkan

Masalah ini biasanya ditandai panggilan tidak mengeluarkan suara atau suara telepon tidak terdengar. Jika demikian maka ada 2 kemungkinan yaitu ijin akses mikrofon belum diaktifkan atau memang ada kerusakan pada hardware.

Untuk mengaktifkan ijin akses mikrofon yaitu dengan buka menu pengaturan >> Aplikasi >> WhatsApp >> Izin >> Mikrofon.

9. WhatsApp Sedang Gangguan

Kemungkinan terkahir yang bisa saja menyebabkan panggilan whatsApp bermasalah yaitu karena WhatsApp mengalami gangguan, entah dari server atau pembatasan dibeberapa negara dalam jangka waktu tertentu. Karena pada waktu tertentu, whatsApp memang pernah mengalami masalah gangguan sehingga tidak bisa digunakan untuk membuat status, berkirim pesan, hingga melakukan panggilan.

Baca Juga : Cara Daftar WhatsApp Tanpa Nomor Telepon

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah  . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login