Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Mudah dan Efektif | Pro.Co.Id

Tips dan Trik

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Mudah dan Efektif

By

on

Bagi pengguna smartphone android dengan kapasitas RAM kecil, seperti kapasitas RAM 1GB, 2GB atau 3GB pasti kerap mengalami masalah pada perangkat seperti android ngehang ketika digunakan untuk multitasking. Hal ini disebabkan karena kapasitas RAM pada smarpthone sangat mempengaruhi kinerja Android untuk memproses data dan perintah yang diberikan. Kapasitas RAM yang kecil akan membuat sistem smartphone lebih lambat untuk memproses perintah yang diberikan pengguna sehingga menyebabkan smartphone menjadi hang ataupun lag. Bagi anda yang sedang mengalami masaah smarpthone tiba-tiba hang atau lag akibat RAM kecil, maka artikel kali ini sangat cocok untuk anda. Karena kali ini Pro akan memberikan informasi tentang Cara Menambah RAM Android Tanpa Root.

Pada dasarnya RAM pada perangkat android tidak bisa di ubah-ubah karena RAM sudah tertanam dalam sirkuit perangkat dan terhubung dengan komponen Hardware. Hal ini jelas berbeda dengan komputer atau laptop yang dapat dengan bebas menambahkan RAM karena didalam perangkat masih terdapat slot tambahan maupun dengan mengganti RAM bawaan.

Meskipun tidak bisa menambahkan RAM secara hardware, kita masih bisa meningkatkan kerja RAM android dengan beberapa cara. Terdapat dua mekanisme yang bida kita gunakan untuk menambah RAM pada Android, yaitu dengan cara melakukan Root atau tanpa root pada android. Cara optimal untuk menambahkan RAM pada android yaitu dengan melakukan root pada android, karena kita dapat dengan bebas memperoleh akses penuh terhadap seluruh aplikasi yang ada pada perangkat. Namun kali ini kita akan memberikan cara menambahkan RAM android tanpa akses Root karena lebih mudah dan siapa saja dapat menggunakan cara ini.

Baca Juga : Aplikasi Cleaner Pembersih RAM Android Terbaik

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara menambah RAM android yang kami berikan tidaklah menambah kapasitas RAM bawaan smartphone, tapi menambahkan sisa pemakaian RAM untuk membantu prosesor bekerja dengan lebih cepat dan meningkatkan kinerja smartphone secara optimal dan efektis seperti ketika melakukan multitasking banyak aplikasi atau bermain game. Cara ini dilakukan yaitu dengan menambahkan RAM hanya pada software nya saja. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan RAM pada Android, antara lain:

Gunakan Aplikasi Clean Master

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan RAM android yaitu dengan menggunakan aplikasi Clean Master. Aplikasi Clean Master bisa dengan mudah anda dapatkan dengan melakukan download aplikasi clean master di Play Store tanpa adanya akses root.

Aplikasi clean master dapat digunakan untuk melegakan penggunaan RAM Android sehingga penggunaan RAM tidak terpakai sia-sia. Tidak hanya digunakan untuk melegakan penggunaan RAM saja, aplikasi clean Master juga memiliki berbagai fitur seperti antivirus, Game Master, WiFi Security, dan Junk Cleaner yang berguna untuk menghapus file sampah dan cache pada ruang penyimpanan yang menyebabkan performa perangkat lambat.

Gunakan Aplikasi Nox Cleaner

Cara kedua untuk mengoptimalkan RAM android yaitu dengan menggunakan aplikasi Nox Cleaner. Seperti pada aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa dengan mudah anda dapatkan dengan melakukan download aplikasi Nox Cleaner di Play Store tanpa adanya akses root.

Nox Cleaner termasuk aplikasi yang cukup populer untuk menambah RAM android, terbukti aplikasi ini telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android. Aplikasi ini memiliki fitur Memory Speedup yang dapat memaksimalkan pemakaian RAM android sehingga perangkat akan memiliki sisa RAm yang lebih banyak.

Selain mengoptimalkan RAM perangkat android, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur unggulan lainnya seperti antivirus, CPU Cooler, App Manager, Battery saver, dan phone manager. Dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, maka anda wajib mencoba aplikasi ini untuk membantu mengoptimalkan kinerja RAM smartphone anda.

Gunakan Aplikasi CCleaner

Pada awalnya aplikasi CCleaner hanya tersedia untuk komputer atau laptop saja, namun kini aplikasi CCleaner sudah bisa digunakan pada smartphone android dan bisa dengan mudah anda download di playstore secara gratis tanpa membutuhkan akses root. Aplikasi CCleaner ini memiliki sistem kerja dengan menghibernasikan beberapa aplikasi yang tidak digunakan atau aplikasi yang dianggal tidak perlu berjalan otomatis, sehingga akan membuat pemakaian RAM semakin besar. Selain itu, aplikasi ccleaner juga dapat digunakan untuk menghapus beberapa cache pada andorid sehingga menambah kapasitas RAM penyimpanan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi CCleaner juga memiliki fitur analisis yang digunakn untuk mencari aplikasi yang menyebabkan baterai perangkat cepat habis. Juga ada fitur yang digunakan untuk mengecek penggunaan CPU dan melihat sisa baterai. Melihat berbagai fitur menarik pada aplikasi ccleaner, maka anda bisa menjadikan aplikasi ini untuk membantu meningkatkan kinerja smartphone anda.

Baca Juga : Cara Terbaik Menghemat dan Mempercepat RAM Android 

Gunakan Aplikasi RAM Cleaner dan Booster

Cara lain untuk menambahkan RAM android yaitu dengan menggunakan aplikasi RAM Cleaner dan Booster. APlikasi ini dapat anda gunakan untuk melegakan pemakaian RAM android sehingga akan menyisakan ruang penyimpanan lebih luas. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini sangat mudah yaitu dengan dowload aplikasi RAM Cleaner dan Booster di playstore tanpa melakukan akses root. Aplikasi yang berukuran 4MB ini telah support dengan beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk menambah RAM android sangatlah mudah. Setelah aplikasi berhasil terinstal, buka aplikasi dan klik tombol Boost maka secara otomatis aplikasi akan menghapus penggunaan RAM yang tidak penting dan menghentikan beberapa aplikasi pada background sehingga melegakan RAM penyimpanan.

Selain melegakan penggunaan RAM, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur menarik seperti Wi-Fi security, Battery Saver dan Auto Ram Cleaner.

Gunakan Aplikasi Smart Booster

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menambah RAM android yaitu dengan menggunakan aplikasi smart booster. Aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja android sehingga perangkat akan terhindar dari Hang atau Lag ketika multitasking maupun bermain game.

Aplikasi smart booster dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan RAM serta meningkatkan kinerja RAM sehingga membuat performa perangkat menjadi lebih cepat. Aplikasi ini bisa dengan mudah anda dapatkan di play store tanpa membutuhkan akses root. Untuk menggunakan aplikasi ini, anda dapat klik Cara Mudah Menambah RAM Android Dengan Smart Booster.

Tutorial diatas sangatlah mudah sehingga anda dapat mencobanya sendiri dan terbukti efektif untuk meningkatkan performa smartphone anda. Dari beberapa cara diatas, anda dapat memilih salah satunya saja. Namun bagi anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar seperti 4Gb dan seterusnya, tentu anda tidak membutuhkan informasi untuk menambah RAM android, karena artikel ini kami tulis untuk pengguna smartphone dengan kapasitas RAM kecil seperti dengan kapasitas 1GB, 2GB, atau 3GB saja.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Menambah RAM Android Tanpa Root . Cara ini bisa anda gunakan untuk berbagai jenis merk android, seperti untuk cara menambah ram di hp samsung, xiaomi, oppo, dan lainnya Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login