fbpx

Informasi

Cara Aman Membersihkan Layar Laptop yang Benar dan Paling Efektif

By

on

Cara Aman Membersihkan Layar Laptop – Layar laptop menjadi salah satu komponen paling penting dalam seperangkat laptop. Layar tersebut menampilkan gambar visual dari sebuah proses yang dilakukan pada sistem kerja perangkat yang ada di dalam komponen laptop lainnya. Karena fungsinya yang penting, maka layar laptop sebaiknnya dirawat dengan baik agar tetap terjaga kualitas hasil visual yang ditampilkan. Cara merawat layar laptop sangatlah gampang, anda hanya diharuskan membersihkan layar laptop secara rutin. Namun, meskipun terlihat sepele pengguna harus mengetahui cara membersihkan layar laptop yang baik dan benar. Untuk itu penting kita ketahui Cara Aman Membersihkan Layar Laptop yang Benar dan Paling Efektif.

Pengguna harus benar-benar memahami cara aman yang dilakukan untuk membersihkan layar laptop, karena dikhawatirkan anda melakukan kesalahan yang menyebabkan layar laptop rusak seperti mati ataupun layar muncul bintik hitam.

Sebenarnya tidak sulit untuk membersihkan layar laptop, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan layar laptop. Berikut ini cara aman membersihkan layar laptop yang benar dan paling efektif.

Baca Juga : Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop

Matikan Laptop

Sebelum membersihkan layar laptop sebaiknya terlebih dahulu matikan laptop. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya konsleting pada laptop saat anda membersihkan layar laptop.

Jangan Sentuh Layar Laptop Secara Langsung

Cara aman selanjutnya untuk membersihkan layar laptop yaitu hindari menyentuh layar laptop secara langsung karena hal ini akan meninggalkan jejak noda dan sidik jari pada layar laptop.

Gunakan Kain Halus

Cara membersihkan layar laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan kain halus. Hal ini karena layar laptop biasanya menggunakan teknologi LCD atau LED yang dibuat dari lapisan yang sangat halus. Jangan gunakan kain kasar atau berserabut kasar karena nantinya dapat meninggalkan goresan pada layar laptop.

Terlebih Dahulu Layar Laptop Tanpa Minyak

Sebaiknya bersihkan layar laptop dengan kain halus terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak. Hal ini bertujuan agar nantinya debu yang terkena cairan minyak tidak meninggalkan bekas setelah dibersihkan dengan cairan pembersih.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi 

Basahi Kain dengan Minyak Kayu Putih

Untuk membersihkan layar laptop dengan minyak kayu putih sebaiknya basahi kain dengan minyak kayu putih. Hindari meneteskan minyak kayu putih secara langsung pada layar laptop. Karena malah akan membuat noda pada layar laptop menjadi lebih sulit dibersihkan dan menambah resiko kerusakan pada layar laptop.

Pastikan Layar Laptop Kering Saat Digunakan Kembali

Sebaiknya sebelum digunakan kembali, pastikan layar laptop sudah cukup kering dari bekas cairan pembersih. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada komponen karena kelembapan dari sisa-sisa cairan yang tersisa di layar laptop.

Biarkan Layar Kering Secara Alami

Sebaiknya biarkan layar laptop kering secara alami setelah dibersihkan. Anda sebenarnya bisa menggunakan hairdryer agar layar cepat kering namun hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal akibat suhu panas dari hairdryer. Karena itulah lebih baik keringkan layar secara alami.

Untuk membersihkan layar laptop tidak memerlukan banyak peralatan khusus, cukup gunakan kain halus atau kain mikrofiber yang sedikit lembab dan bersihkan layar laptop dalam keadaan mati.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Aman Membersihkan Layar Laptop yang Benar dan Paling Efektif. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

You must be logged in to post a comment Login

Shares