jaringan komputer

Pengertian, Macam dan Fungsi Port Input dan Output

By

on

Pengertian, Macam dan Fungsi Port Input dan Output

Pro.Co.Id – Port I/O adalah tempat dimana sebuah connector I/O dipasang dan semua itu masih dalam control processor. Port I/O paling banyak berada pada komponen motherboard pada CPU, port ini digunakan untuk menghubungkan setiap komponen komponen perangkat hardware lainnya. Letak port port ini biasanya berada pada bagian belakang CPU dan pada bagian  dalam motherboard, sedangkan pada laptop berada di samping kanan dan kiri.

Setiap jenis dari port port tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda beda. Berikut ini merupakan jenis  dan fungsi beberapa port Input/output yang sering kita temui.

Port Parallel

port paralel

Port parallel adalah port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim dengan sistem parallel, yaitu 8 bit dikirim langsung bersama-sama dari bit 0 – bit 7. Port paraller memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan standart parallel port yaitu sekitar 200 kb/s. Port parallel sering digunakan pada hardware seperti printer, scanner dan proyektor.

Port Serial (COM 1 dan COM 2)

port serial

Kebalikan dari port parallel, pada port serial merupakan port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim melalui sistem serial. Yaitu 8 bit dikirimi bergantian dari bit 0 sampai bit 7 . Kecepatan transfer port serial lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan port parallel. Kabel connector COM 1 memiliki 9 pin sedangkan pada COM 2 memiliki 25 pin.

Port PS/2

port ps2

Port ini terdapat pada komponen CPU. Biasanya port ini digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Terdapat 2 port ps/2 pada setiap komputer dengan warna berbeda. warna untuk untuk menghubungkan keyboard dan waran hijau untuk meghubungkan mouse.

Port USB (Universal Serial Bus)

port usb

USB merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Port ini biasanya digunakan untuk menghubungkan flasdisk, Mouse USB, Keyboard USB dna komponen lain yang menggunakan port usb sebagai connectornya. Port USB menghasilkan kecepatan transfer data yang sangat luar biasa dan telah mencapai versi 3.0

Port VGA

port VGA

Port VGA tersusun atas 3 baris dan memiliki jumlah 15 pin betina (female connector) yang berguna untuk menghubungkan VGA card ke Monitor.

Port Audio

port audio

Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti speaker, microphone , headset dan perangkat audio lainnya.

Port FDD/ IDE

port IDE FDD

Port FDD/IDE terletak pada bagian dalam motherdboard. Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti floppy disk, Hardisk dan Sd-rom.

Port LAN

port LAN

Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan komputer lainnya sehingga terjadilah komunikasi antar komputer.

Demikian artikel seputar Pengertian, Macam dan Fungsi Port Input Output yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di website ini Pro.Co.Id

You must be logged in to post a comment Login

Shares