Ubuntu

Penjelasan dan Pengertian Tentang DNS Server Secara Lengkap

on

Pro.co.id – Agar bisa saling terhubung antara komputer satu dan lainnya sehingga bisa saling berkomunikasi adalah karena penggunaan IP adreess. Tak hanya itu saja, anda bisa mengakses Web menggunakan Browser dengan tujuan seperti pr.co.id, pada dasarnya anda sedang terhubung dengan IP Adress dari Pro.co.id tersebut. Nah itu lah yang di lakukan DNS terhadap anda.

Apa sih DNS itu?

DNS adalah singkatan dari Domain Name System atau banyak orang juga menyebutnya Domain Name Service (sama saja). secara umum DNS merupakan sebuah System yang mengartikan atau mentranslate alamat domain seperti pro.co.id menjadi sebuah IP Address.

Nama Domain VS IP Address

Penjelasan dan Pengertian Tentang DNS Server Secara Lengkap

Seperti yang telah di sebutkan di atas bahwasanya DNS adalah sebuah system yang mentranslate nama doamin menjadi alamat IP. Misalnya pada contoh gambar di atas yang mana anda bisa mengetahui alamat IP Facebook.com dengan menggunakan tools nslookup, Yang mana kebanyakan orang melakukan diagnotics DNS mengunakan Tools ini.

Tanpa adanya DNS, bisa di katakan Komputer tidak akan pernah tahu dari alamat IP yang di gunakan Facebook serta situs lainnya. dan jika tidak ada IP maka tidak akan saling terkoneksi antar komputer satu dan lainnya.

Pada dasarnya dalam jaringan internetworking, setiap komputer yang terhubung dengan internet atau saling terhubung karena adanya IP Addres. Seperti contihnya Facebook.com, Menggunakan Nama domain tersebut agar pengunjung lebih mudah menghafal di bandingkan dengan menggunakan Angka yang di gunakan pada IP Address dan memang alamat sebenarnya adalah 173.252.120.6. coba anda tuliskan Alamat IP tersebut pada browser anda maka yang keluar adalah facebook.com

Kesimpulan

Jadi, DNS merupakan server yang bertugas melayani sebuah permintaan atau banyak permintaan dari client dengan tujuan mengetahui alamat IP dalam sebuah Domain. Contohnya seperti yang telah di sebutkan di atas yakni jika anda ingin mengakses facebook.com, maka si Server DNS akan melakukan pencarian alamat dari facebook sehinga komputer anda bisa terhubung dengan Facebook.

Umumnya dalam menggunakan Server DNS, anda harus memasukan Alamat dari server tersebut dalam sebuah setingan IP Addres pada sebuah Komputer. Dan anda bisa menggunakan DNS yang telah disediakan dari beberapa provider penyedia layanan internet.

Jika anda menggunakan router, maka bisa dengan membuat alamat DNS Server sendiri, dan anda bisa menggunakan alamat tersebut pada komputer anda sendiri. namun dalam hal ini DNS tersebut hanya sebagai penghubung dan ketika terhubung dengan internet DNS server yang dimiliki oleh provider lah yang berperan aktif dalam melakukan pencarian IP sebuah Website.

You must be logged in to post a comment Login

Shares