Ubuntu

Definisi, Macam Macam Dan Istilah Istilah Yang Digunakan Pada UBUNTU Lengkap

By

on

Definisi, Macam Macam/Varian Ubuntu  Dan Istilah Istilah Yang Digunakan Pada UBUNTU Lengkap

Definisi Ubuntu

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi yang dlbangun oleh komunitaS yang berbasis kernel Linux, dimana sistem operasi Ini sangat cocok untuk komputer, laptop, dan juga server. Apa pun yang Anda kerjakan dl rumah, di sekolah, atau di kantor, Ubuntu sudah menyediakan program program yang sesuai kebutuhan Anda tersebut.

Menggunakan Ubuntu dapat membuat Anda nyaman. Hal ini dikarenakan sistem operasi Ubuntu lebih tahan terhadap serangan virus, trojan, dan sampai saat ini masih sedikit worm yang menyerang Ubuntu, sehingga Anda tidak perlu melakukan perkerjaan-perkerjaan yang membuang waktu seperti mengupdate antivirus, melakukan scanning virus, dan yang paling parah melakukan format ulang komputer Anda bila komputer yang terkena virus tidak bisa diperbaiki lagi.

Varian Ubuntu

Ubuntu memiliki beberapa varian, dimana varian tersebut diturunkan secara langsung maupun tidak langsung dari Ubuntu yang sudah stabil. varian varian tersebut adalah sebagai berikut:

  • KUbuntu

KUbuntu adalah varian dari Ubuntu yang menggunakan KDE (K Desktop Environment), sebuah desktop yang juga sangat populer di sistem operasi berbasiskan UNIX. KDE sendiri tampilannya sangat mirip dengan tampilan desktop Windows.

  • EdUbuntu

EdUbuntu adalah varian dari Ubuntu yang khusus untuk pendidikan, di dalam EdUbuntu sudah dimasukkan berbagai program yang mendukung sarana pendidikan. Bahkan,

EdUbuntu ini bisa digunakan sebagai server LTSP (Linux Terminal Service Project) dimana dengan LTSP ini, kita dapat membuat sebuah lab komputer yang disk less atau tanpa harddisk.

  • Xubuntu

Xubuntu adalah varian dari Ubuntu yang menggunakan Xfce sebagai desktopnya. Varian ini lebih ditujukan untuk komputer- komputer berspesikasi rendah, seperti komputer-komputer Pentium II dan Pentium III dengan jumlah memori yang terbatas.

  • nUbuntu

nUbuntu adalah varian dari Ubuntu yang fokus kepada keamanan jaringan dan server. nUbuntu berisi program-program yang berfungsi untuk mengecek keamanan sebuah jaringan,

dan program program untuk melakukan pengecekan keamanan server, perlengkapan hacking, dan lain sebagainya.

  • Ubuntu Netbook

Ubuntu Netbook adalah varian dari Ubuntu yang untuk komputer-komputer yang memiliki layar monitor kecil, seperti Netbook, Tablet, dan Iain-lain. Namun demikian, komputer- komputer yang memiliki layar monitor standar juga dapat menggunakan varian Ubuntu ini. Salah satu fitur dari varian Ubuntu ini adalah tampilan desktop yang agak berbeda dengan Ubuntu biasa, desktop Ubuntu Netbook disebut dengan Unity yang sudah disesuaikan untuk layar 11 inch ke bawah.

  • Ubuntu Studio

Ubuntu Studio adalah varian Ubuntu untuk keperluan desain dan multimedia. Dalam sebuah DVD Ubuntu studio sudah terinstall aplikasi-aplikasi pengolah gratis, audio, dan video. Namun, codec-codec komersil seperti code *.MP3, *.AVI, dan Iain-lain belum tersedia secara default. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir, dengan koneksi internet Anda dapat dengan mudah menambahkan codec-codec tersebut lewat Ubuntu Software Center atau Synaptic Packet Manager.

  • Ubuntu Server

Ubuntu Server adalah varian Ubuntu yang dikhususkan buat server. Dalam Ubuntu server sudah tersedia aplikasi-aplikasi server seperti Bind, Apache, LDAP, Samba, Mail, dan Iain-lain Serta kernel Ubuntu ini sudah sesuaikan untuk kinerja tinggi yang dapat jalan terus-menerus tanpa harus di restart.

Ubuntu Server tidak menyediakan Desktop, semua dilakukan melalui Command di Terminal.

Istilah-istilah dalam Ubuntu

Saat pertama sekali menggunakan Ubuntu, Anda akan dihadapkan dengan berbagai istilah yang akan membuat Anda mengerutkan dahi mendengarnya. Namun, tidak usah takut, Anda tidak perlu menghafal istilah-istilah tersebut semuanya, Anda cukup mengetahuinya saja.

Beberapa istilah-istilah tersebut tersaji dalam tabel,  adalah sebagai berikut:

Istilah Dalam UbuntuFungsi
DistroDistro adalah sebuah sistem operasi yang berbasis kernel Linux yang dipaketkan dengan beberapa perangkat lunak, baik itu yang open source maupun yang komersil oleh seseorang atau perusahaan yang siap digunakan dengan mudah oleh pengguna akhir (end users). Bahkan, ada beberapa Distro yang memaketkan program administrasi sistem dari OS Distronya
RepositoryRepository adalah kumpulan perangkat lunak dari sebuah Distro yang diletakkan pada suatu tempat, baik itu di sebuah server yang dapat diakses melalui jaringan, maupun yang diletakkan dalam sebuah media penyimpanan seperti external harddisk, DVD, dan Iain-lain, yang dapat dengan mudah diinstall ke dalam system Distro dengan menggunakan program administrasi yang dibuat di masing-masing Distro.
.deb.deb adalah extensi file paket/program yang didistribusikan ke Distro yang berbasis Debian. Ubuntu salah satu yang menggunakan paket berekstensi ini. Ekstensi paket lain yang fungsinya sama adalah .rpm yang didistribusikan untuk Distro yang berbasiskan Red Hat.
Update Update adalah proses memperbaharui aplikasi atau apa saja yang berhubungan dengan kernel dan program-program yang terinstall di sebuah Distro jika ada versi atau perbaikan yang terbaru.
UpgradeUpgrade adalah proses memperbaharui Distro dari versi lama ke versi baru. Upgrade ini bisa dilakukan langsung jika terhubung dengan internet.
MirorMirror adalah sebuah server yang melakukan duplikasi dari server lainnya. Misalnya, server repository di Indonesia yang mengambil data sama persis dari server repository utama, maka server repository di Indonesia tersebut disebut mirror server.
Apt-getApt-get adalah perintah utama di Ubuntu yang dijalankan lewat Terminal untuk melakukan administrasi terhadap program dan repository.
ForumForum adalah sebuah website yang dijadi kan tempat berkumpul banyak or ang dengan salah satu topik atau multi topik, dimana setiap pengguna dapal berinteraksi dengan pengguna forum lain untuk membahas atau berdiskusi tentang suatu masalah atau suatu topik.
PlanetPlanet adalah sebuah website yang melakukan agregate dari blog beberapa anggota planet tersebut, sehingga semua blog dari banyak user dapat dibaca dalam satu tempat.
PPAPP A (Personal Packet Archive) adalah repository yang dibuat oleh personal atau sekumpulan orang, dan di-publish di website lauchpad sehi ngga bisa digunakan orang lain.
PaketPaket adalah sebuah dan beberapa program yang digunakan sebuah Distro untuk mendukung program utama
CodecCodec adalah beberapa program yang harus dilnstall untuk menjalankan suatu format file. Misalnya, untuk memutar file .mp3 di Ubuntu harus dipasang codec mp3.

Cara Mendapatkan Ubuntu

Ubuntu adalah sistem operasi yang bebas biaya. Anda bisa menginstall Ubuntu di semua komputer kantor, membagi-bagikan CD Ubuntu sebagai hadiah ulangtahun, ingin mengubah, menambah, dan mengurangi program yang ada dalam Ubuntu, semuanya sah Anda lakukan.

Namun demikian, bukan berarti Ubuntu tidak memiliki lisensi. Ketika Anda ingin merombaknya, hasil perubahan yang Anda lakukan tetap harus berlisensi GPL, yang membolehkan orang lain mengubahnya kembali.

Ubuntu bisa didapatkan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut:

  • Download langsung dari Website Ubuntu
  • Anda dapat mendownload Ubuntu langsung dari website resminya di www.ubuntu.com.

Sekian penjelasan yang diberikan tentang definisi , macam dan istilah yang ada pada UBUNTU,  semoga artikel yang dibagikan bemanfaat , Sampai bertemu dengan artikel artikel lainnya… Tetap Semangat !

You must be logged in to post a comment Login

Shares