Tutorial

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Error Minta di Format

on

Pro.co.id – Mengapa pentingnya selalu melakukan Backuop Data? karena pengguna tidak tahu kapan dan apa yang akan terjadi jika Hardisk Eksternal mengalami Error. Jika sudah begini apa yang harus di perbuat? namun, untuk mengatasi hal semacam ini anda jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk melakukan Format. Karena dengan melakukan hal tersebut bisa membuat data anda hilang dan sulit untuk di kembalikan, meskipun sudah banyak Software yang mengatakan dapat mengembalikan Data yang terhapus atau terformat, untuk kemungkinan berhasilnya adalah sekitar 30%.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam menyelesaikan masalah ini tanpa melakukan Format adalah dengan melakukan sedikit konfigurasi lewat Comand Prompt atau CMD. cara ini bisa anda lakukan bagi pengguna OS Windows XP, 7, 8, 8.1 atau yang terbaru yakni Windows 10. jadi cara kerja konfigurasi yang akan kita lakukan ini adalah dengan mengembalikan System sehingga bisa terbaca normal kembali oleh Komputer.

Sebelum melangkah lebih jauh dalam mengatasi hal ini maka sebaiknya anda tahu lebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya sehingga tidak akan terulang lagi. Umumnya yang menjadi Hardisk Minta Format adalah karena sembarangan mencabut Hardisk Ekstrenal anda, jadi mulai sekarang lebih memperhatikan dalam mencabut Hardisk eksternal dari komputer.

Berikut cara dalam memperbaiki Hardisk Eksternal yang minta Format. Cara ini cukup simpel karena tidak perlu menginstal atau menggunakan Aplikasi tambahan lainnya. Karena cukup menggunakan Comand Prompt yang memang sudah di sediakan oleh Windows baik pada Komputer atau Laptop anda.

Cara Mengatasi Hard Disk Eksternal Error Minta di Format

Seperti yang telah di katakan di atas bahwasanya cara ini bisa di lakukan pada Windows mana saja baik XP, 7, 8, 8.1 dan Win 10. dalam artikel ini menggunakan Windows 8 sebagai contohnya.

Sambungkan Hardisk Ekternal anda ke Laptop atau Komputer. Pastikan lokasi Hardisk tersebut anda ketahui misalnya di E,F,G atau H. Drive yang di gunakan tersebut berbeda-beda tergantung dari berapa jumlah hardisk yang anda pasang di komputer.

  1. Cara mudahnya untuk menjalankan CMD di Windows 8 adalah dengan klik kanan pada menu Star yang berlambang Windows di pojok kiri paling bawah, lalu anda klik pada Command Prompt (Admin). Atau bisa menggunakan shortcut pada Keyboard yakni ketik (Windows + R) maka nanti akan terbuka “Run” silahkan anda ketikan CMD pada kolom kosong yang disediakan.
    Cara Mengatasi Hard Disk Eksternal Error Minta di Format 2
  2. Kemudian anda masukan ketikan perintah chkdsk /f E: “Lihat gambar”
    Cara Mengatasi Hard Disk Eksternal Error Minta di Format
    Note: E: merupakan lokasi Hardisk Eksternal, Maka anda sesuaikan dengan lokasi Hardisk pada komputer anda
  3. Jika sudah maka anda tekan Enter tunggu prosesnya beberapa saat. Proses ini akan berjalan cukup lama, Tergantung dari ukuran Hardisk yang anda miliki.
    Perintah yang di Ekskusi pada Comand Prompt tersebut memiliki fungsi untuk memverifikasi data yang terdapat dalam Hardisk, berikut keterangan lebih jelasnya.
    chkdsk : Mengecek atau memverifikasi data.
    /f : Melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
    E: > Lokasi hardisk eksternal.

Bagaimana, Sangat gampang bukan? dengan melakukan cara di atas anda tidak perlu harus melakukan Format yang dapat menyebabkan Semua data di dalam Hardisk Tersebut Hilang. Selamat Mencoba

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares