Tutorial

Cara Melihat Video Card atau Graphic Card dan RAM di Windows

on

Pro.co.id – RAM merupakan komponen Hardware yang sangat penting pad komputer, Karena RAM berfungsi untuk memerikan kecepatan Kinerja pada komputer anda. namun, berbicara tentang RAM apakah anda tahu berapa kapasitas RAM yang anda gunakan di komputer anda saat ini? atau Video Card yang terpasang di Komputer anda? tentunya jika anda adalah seorang yang lebih banyak Mengoprek Komputer pastinya tahu. tetapi masih banyak yang tidak tahu atau tidak peduli dengan penggunaan dari kedua perangkat penting ini, terutama dalam hal ukuran kapasitasnya.

Mengapa harus tahu kapastias RAM dan Graphic Card?

Selain processor yang menjadi incaran atau pertimbangan pada saat akan membli komputer adalah RAM dan Graphic card, Kenapa? karena semakin besar kapasitas RAM dan Grapic Card maka perfromanya pun semakin tinggi. dan itu memang benar.

Jadi, sangat penting sekali perangkat ini ada di komputer anda. apalagi untuk anda yang suka main game di PC, menggunakan berbagai Aplikasi Multimedia seperti Editing gambar, Video dan lainnya.

Cara Melihat Kapasitas RAM di Windows

Sebenarnya untuk semua Versi Windows tidak berbeda caranya baik pada windows 7, 8, dan 8.1, caranya anda bisa melihat kapasitas RAM dari Sistem di Control Panel yakni silahkan anda buka menu Control Panel >> System and Security >> System. Ada cara lainnya yang lebih mudah dengan menggunakan kombinasi tombol WinKey + Pause Break. Maka nanti akan di tampilkan jendela System seperti gambar di bawah ini:

Cara Melihat Kapasitas RAM di Windows

Cara Melihat Kapasitas Graphic Card atau Video Card di Windows

Untuk melihat kapasitas graphic card yang di gunakan pada Komputer anda, caranya bisa anda lakukan lewat  Screen Resolution. Yakni dengan Mengklik kanan pada Desktop, selanjutnya pilih Screen Resolution. Pada saat hendak masuk ke windows Screen Resolution, klik Advanced Setting. Maka nanti akan tampil Graphic Card Propertiesnya.

Cara Melihat Kapasitas Graphic Card atau Video Card di Windows

Menggunakan DirectX Diagnoatic Tools (DxDiag)

Sebenarnya ada cara lain yang lebih detail bisa anda gunakan untuk melihat kapasitas VGA Card  dan RAM yakni lewat DirectX Diagnoatic Tools (DxDiag) Caranya tekan tombol kombinasi WinKey + R pada keeyboard. Maka nanti akan terbuka Jendela Run, Silahkan anda ketikan dxdiag lalu Enter. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Menggunakan DirectX Diagnoatic Tools

Dengan menggunakan cara di atas, sekarang anda sudah tahu ukuran RAM dan Video Card yang anda gunakan pada komputer anda. Sangat Mudah bukan?

You must be logged in to post a comment Login

Shares