Informasi

Pengertian LAN, Karakteristik dan Fungsi LAN (Local Area Network) Lengkap

By

on

Pengertian LAN, Karakteristik dan Fungsi LAN (Local Area Network) Lengkap – Untuk terhubung dengan internet kita memerlukan sebuah koneksi. Koneksi tersebut merupakan sebuah penghantar yang akan menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Jaringan internet terdiri dari jaringan LAN, MAN dan WAN. Kali ini kita akan membahas tentang LAN (Local Area Network), berikut selengkapnya

Pengertian LAN (Local Area Network)

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, yaitu suatu jaringan yang dimana antara perangkat keras dan perangkat lunak dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya dapat menjangkau daerah yang sangat terbatas, contohnya jaringan LAN hanya dapat menjangkau koneksi internet dalam satu gedung saja.

Karena jangkaun koneksi yang pendek itulah, maka kecepatan transmisi data akan menjadi sangat tinggi. Pada kabel LAN dikenal dengan kabel UTP, yaitu kabel yang berbentuk lilitan seperti pada kabel telepon.

Jaringan LAN terdiri dari Server, Client dan Gateway.

Server, yaitu satu atau lebih komputer uang menggunakan sistem operasi server. Server memiliki tugas utama untuk menyediakan media simpanan dan service-service lainnya shingga komputer-komputer dalam jaringan bisa menggunakan koneksi baik secara sendiri maupun bersama-sama.
Client, yaitu komputer yang menggunakan sistem operasi client dan terhubung ke jaringan LAN
Gateway, yaitu peralatan dalam jaringan yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.

Karakteristik LAN (Local Area Network)

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Fungsi LAN (Local Area Network)

Berikut beberapa fungsi dari LAN diantaranya yaitu:

  • LAN berfungsi sebagai resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, atau data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tersebut tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  • LAN berfungsi sebagai pemberi jaringan dalam suatu gedung atau ruangan
  • LAN berfungsi untuk membuat keamanan data lebih terjamin karena dengan adanya LAN, seorang server dapat mengatur data-data penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.
  • Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian LAN, Karakteristik dan Fungsi LAN (Local Area Network) Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

 

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares