Informasi

Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis serta Perbedaan Hotspot dan WiFi Lengkap

By

on

Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis serta Perbedaan Hotspot dan WiFi Lengkap – Hotspot adalah istilah yang diberikan untuk suatu area dimana user atau orang dapat mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya yang memiliki fitur berupa WiFi (Wireless Fidelity) sehingga bisa mengakses internet tanpa media kabel.

Hotspot adalah lokasi fisik dimana orang bisa mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider (ISP)).

Pengertian Hotspot yang lain, Hotspot adalah area dimana seorang client bisa terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus metertergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya.

Biasanya hotspot banyak ditemukan di tempat umum seperti di sekolah, universitas, bandara, toko buku, cafe, mall, hotel, rumah sakit, perpustakaan, restoran, supermarket, stasiun kereta api dan tempat umum lainnya.

Sejarah Hotspot

Konsep hotspot pertama kali diusulkan oleh Henrik Sjödin pada saat konferensi NETWORLD + Interop di Moscone Center di San Francisco pada Agustus 1993. Akan tetapi pada saat itu, Sjödin tidak menggunakan istilah hotspot namun wireless local area networks (wireless LANs) yang bisa diakses publik.

Perusahaan komersial pertama yang mencoba membuat public local area access network yaitu perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas yang dikenal sebagai PLANCOM (Public Local Area Network Communications). Pada tahun 1998, para pendiri perusahaan, Mark Goode, Greg Jackson, dan Brett Stewart membubarkan perusahaan tersebut.

Kemudian, Goode dan Jackson menciptakan MobileStar Networks. Perusahaan tersebut merupakan salah satu yang pertama dalam menandatangani lokasi akses publik seperti Starbucks, American Airlines dan Hilton Hotel.

Pada tahun 2001, perusahaan tersebut kemudian dijual ke Deutsche Telecom dan namanya diubah menjadi “T-Mobile Hotspot”. Pada saat itulah istilah “hotspot” menjadi populer sebagai acuan untuk lokasi di mana Wireless LAN tersedia untuk diakses oleh publik, agar terhubung ke internet.

Fungsi Hotspot

Fungsi hotspot yaitu agar kalian dapat mengakses internet seperti browsing, saling mengirim email, chatting, transaksi bank, mendownload dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Hotspot

Terdapat beberapa jenis hotspot, diantaranya yaitu:

Free Hotspot

Free Hotspot adalah jenis hotspot dimana publik bisa mengakses jaringan dengan bebas. Fasilitas free hotspot biasanya disediakan sebagai fasilitas tambahan untuk pelanggan hotel, Cafe dan usaha lainnya. Free hotspot juga sering dipasang semi permanen di acara pameran komputer atau konferensi/seminar komputer.

Pada kasus tersebut, admin sebagai orang yang mengontrol jaringan menonaktifkan persyaratan otentikasi (authentication requirements) dan membuka koneksi jaringan sehingga siapapun bisa mengakses jaringan tersebut.

Hotspot Berbayar

Untuk bisa menggunakan Hotspot Berbayar, kalian harus membayar sewa hotspot langsung ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran atau kedai kopi.

Tidak semua Hotel, Cafe atau perusahaan mampu memberikan layanan internet secara gratis. Karena itu, biasanya mereka mengambil kebijakan untuk menyediakan layanan hotspot berbayar kepada pengguna untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP).

Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis Hotspot berbayar seperti Boingo, iPASS Operator WiFi HotSpot ini merupakan jaringan internasional yang memiliki banyak pengguna mobile secara internasional. Jenis HotSpot ini biasanya sangat diminati oleh orang yang sering bepergian jauh bahkan ke luar negeri seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis di luar negeri.

Sebuah hotspot bisa berupa gabungan dari beberapa jenis Hotspot menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu jenis saja. Jadi bisa saja, HotSpot berbayar ke pemilik gedung dan berbayar ke operator WiFi Hotspot di operasikan pada sebuah Hotspot, jadi bagi pengguna biasa yang tidak berlangganan ke iPass bisa tetap menggunakan dengan membayar biayanya ke pemilik gedung.

Perbedaan Hotspot dan WiFi

Hotspot adalah lokasi fisik dimana orang dapat mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi WiFi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider).

Sedangkan WiFi adalah teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan perangkat elektronik lainnya untuk terhubung ke Wireless LAN , sebagian besar menggunakan gelombang radio super high frequency (SHF) ISM (industrial, scientific and medical) 2,4 gigahertz (12cm) UHF dan 5 gigahertz band (6cm). Keuntungan apabila menggunakan WiFi yaitu sangat praktis dimana komputer bisa terhubung ke dalam jaringan tanpa membutuhkan perantara kabel.

Atau lebih singkatnya, Hotspot adalah Lokasi Fisik dimana seseorang dengan perangkat elektronik bisa mendapatkan akses Internet. Sedangkan Wi-Fi adalah Teknologi Jaringan Wireless yang biasanya digunakan oleh hotspot untuk menghubungkan perangkat elektronik ke internet.

Itulah informasi tentang”Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis serta Perbedaan Hotspot dan WiFi Lengkap“, semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares