Informasi

Pengertian HTTPS, Fungsi, Tujuan, Perbedaan HTTP dan HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure) Lengkap

By

on

Pengertian HTTPS, Fungsi, Tujuan, Perbedaan HTTP dan HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure) Lengkap – HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yaitu bagian dari protocol internet yang digunakan oleh setiap orang saat sedang berselancar di dunia maya.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dapat dikatakan sebagai suatu protocol yan menjamin akan keamanan dari jalur dan arus dara yang keluar masuk ke dan dari komputer pengguna. Jalur tersebut sudah dinyatakan valid dan aman dengan sertifikasi yang di tunjukan oleh SSL sendiri. Dengan menggunakan HTTPS, keamanan dan kerahasiaan data akan di jamin terutama arus data yang keluar masuk dari situs dan penggunanya.

Kelebihan HTTPS yang memungkinkan data tetap aman dari retasan orang yang berbuat jahat dan juga aman dari kegiatan sadap menyadap.

Fungsi dan Tujuan HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure)

Fungsi khusus HTTPS yaitu untuk menjaga kemanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen secara ilegal. Secara umum, fungsi HTTPS yaitu untuk mengamankan transaksi data yang terjadi antara situs dengan penggunaya. Dengan adanya HTTPS data yang di inputkan penggunya ke dalam situs akan terjamin keamananya karena menggunakan jalur keamanan khusus yang bersetifikasi global, terlebih saat menggunakan layanan jaringan internet gratis seperti free wifi.

Tujuan HTTPS yaitu untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat dan Kegunaan HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure)

Cara kerja hacker untuk membajak suatu file dokumen biasanya menggunakan tool wireshak, saat tool ini terkoneksi ke internet maka protokol HTTP akan mudah untuk di jebol pertahanan keamanannya. Berbeda dengan sistem HTTPS, tool yang digunakan tidak akan mampu menembus keamanan dari sebuah dokumen dengan menggunakan protokol HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTP merupakan protocol komunikasi internet yang menggunakan layer aplikasi dan berfungsi untuk sistem informasi terdistribusi, kolaborasi dan menggunakan hypermedia. HTTP banyak digunakan untuk transaksi sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang dikenal dengan istilah Hyperteks.

Sedangkan HTTPS merupakan sebuah protocol komunikasi internet yang secara garis besar sama dengan HTTP, hanya saja HTTPS memiliki tambahan berupa secure atau keamanan yang menggunakan secure socket layer, tambahan ini di temukan oleh Netscape Communication Corporation. HTTPS memberikan jaminan keamanan dalam transaksi datanya, sehingga akan menambahkan kepercayaan pengguna bahwa mereka sedang berbicara dengan layanan komputer server dengan tingkat kebenaran dan kemanan yang tinggi, dengan menggunakan HTTPS juga bisa menjaga kerahasiaan dan integritas data penggunanya.

Selain itu, perbedaan HTTP dan HTTPS juga terdapat pada port yang digunakan, apabila HTTP menggunakan port 80, maka HTTPS menggunakan port 443, meskipun HTTPS bekerja dengan interaksi transmisi yang sama seperti HTTP normal tapi tetap terenkripsi.

Demikian informasi tentang”Pengertian HTTPS, Fungsi, Tujuan, Perbedaan HTTP dan HTTPS (Hypertext Transfer Protokol Secure) Lengkap” , semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Shares