Informasi

Pengertian APN, Fungsi dan Cara Setting APN (Acces Point Name) Lengkap

By

on

Pengertian APN, Fungsi dan Cara Setting APN (Acces Point Name) Lengkap – APN (Acces Point Name) adalah gateway yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan penghubung ponsel atau komputer ke internet. APN juga bisa diartikan sebagai jembatan antara ponsel dengan operator penyedia jaringan internet. APN merupakan settingan pada ponsel yang digunakan operator untuk menjembatani PDN (Packet Data Network) yang diinginkan user, misalnya GSM, GPRS, 3G, H+ atau 4G.

APN atau Nama Titik Akses adalah nama gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lainnya, sering kali Internet publik. Perangkat seluler yang membuat sambungan data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator.

Struktur APN terdiri dari:

  • Network Identifier, yaitu bagian yang berperan dalam mendefinisikan jaringan eksternal dimana GGSN (Gateway GPRS Support Node) terhubung. Namun, untuk pilihan pengaturan lainnya bisa digunakan jika diinginkan.
  • Operator Identifier, yaitu bagian yang bersifat opsional dimana bagian ini berperan dalam mendefinisikan jaringan paket operator spesifik, dimana GGSN berada. Pada bagian ini terdapat MCC (Mobile Country Code) atau kode negara dan MNC (Mobile Network Code) atau kode jaringan seluler yang bisa mengidentifikasi operator yang digunakan secara otomatis.

APN mengandung informasi khusus, seperti nama profil, username, password, jenis autentifikasi, proxy dan lain sebagainya yang dijadikan bahan pertimbangan operator untuk memberikan akses internet di ponsel. Jadi, ponsel yang hendak membuat sambungan data harus melakukan konfigurasi APN terlebih dulu. Setelah diperiksa, operator akan menentukan jenis koneksi yang harus dibuat.

Dengan APN, operator bisa memastikan device menentukan IP address yang benar dan cocok serta terhubung ke server gateway yang aman. Sehingga, user bisa menikmati internet dengan aman dan nyaman.

Saat ini kebanyakan smartphone telah dibekali settingan yang bisa menyesuaikan jaringan secara otomatis. Tapi, jika masih menggunakan smartphone lama, mungkin masih perlu menyetel pengaturannya secara manual.

Fungsi APN

Fungsi APN (Acces Point Name) yaitu sebagai penghubung antara device dengan operator yang menyediakan layanan internet. APN akan memberikan akses internet sesuai dengan provider atau kartu prabayar yang digunakan. Jadi, apabila sedang memakai kartu prabayar A maka APN harus disetting dengan pengaturan untuk operator tersebut. Jika berbeda atau ada yang salah, maka tidak akan bisa terhubung ke internet.

Selain itu, APN juga berfungsi untuk menentukan jenis layanan, misalnya koneksi ke WAP (Wireless Application Protocol) dan MMS (Multimedia Messaging Service) yang ditawarkan PDN.

Cara Setting APN

Biasanya APN akan terkonfigurasi atau terdeteksi secara otomatis pada perangkat. Sehingga, tidak perlu mengubah pengaturannya, apalagi tanpa memiliki pengetahuan khusus. Karena dikhawatirkan settingan tersebut justru menyebabkan masalah pada koneksi atau ponsel.

Ada beberapa alasan seseorang memodifikasi APN di smartphone mereka yaitu setelannya tidak benar dan mendapatkan pesan error, ingin bebas menggunakan operator apapun, ingin menghabiskan data selurer, pergi ke luar area layanan serta ingin menghindari tarif roaming tambahan. Berikut langkah-langkah mengubah APN:

a. Masuk ke menu Setting.
b. Pilih Mobile Network.
c. Lalu, pilih Access Point Name.
d. Klik New APN dan ubah setelannya sesuai operator yang digunakan. selanjutnya, memasukkan settingannya menjadi:

Telkomsel
Profil name: Telkomsel GPRS
APN: Telkomsel
Username: wap
Password: wap123

XL
Profil name: XL GPRS
APN: xlgprs.net
Username: xlgprs
Password: proxl

IM3/Mentari
Profil name: Indosat GPRS
APN: indosatgprs
Username: indosat
Password: indosat

3 (Three)
Profil name: Three
APN: 3gprs
Username: 3data
Password: 3data

Smartfren
Profil name: Smartfren
APN: #999
Dial number: #777
Username: M8
Password: M8

AXIS
Profil name: AXIS
APN: AXIS
Username: AXIS
Password: 123456

Itulah informasi tentang “Pengertian APN, Fungsi dan Cara Setting APN (Acces Point Name) Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

You must be logged in to post a comment Login

Shares