Informasi

Pengertian dan Perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS Lengkap

By

on

Pengertian dan Perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS Lengkap – Saat ingin memformat drive internal, drive eksternal, USB Flash Drive, atau yang lain, Windows akan memberikan pilihan format NTFS, FAT32, dan exFAT. Apa perbedaa dari ketiga filesystem tersebut, berikut penjelasan ini selengkapnya:

Perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS

FAT32 adalah file sistem yang lebih lama, banyak digunakan pada USB flash drive dan drive eksternal lainnya. exFAT adalah penggantinya FAT32 yang modern dan lebih banyak perangkat yang mendukungnya daripada NTFS, walaupun seluas FAT32. Windows menggunakan NTFS untuk menjalankan sistem dan juga ideal untuk drive internal lainnya.

FAT32

FAT32 adalah file system tertua dimana ini diperkenalkan pada Windows 95 untuk menggantikan file system yang lebih tua, yakni FAT16. Flash drive kebanyakan menggunakan format FAT32 untuk kompabilitas maksimum, bukan hanya di komputer, namun perangkat lain seperti konsol game dan perangkat lainnya yang memiliki port USB.

File system ini memiliki kekurangan yaitu tidak bisa menyimpan file tunggal yang ukurannya melebihi 4GB dan juga partisi FAT32 harus kurang dari 8TB.

File system ini masih bisa digunakan untuk USB Flash Drive dan media eksternal lainnya, tapi tidak untuk drive internal. FAT32 tidak memiliki hak akses dan fitur keamanan seperti yang dibangun dalam file system NTFS yang lebih modern. Versi Windows saat ini tidak bisa lagi dipasang FAT32, dan harus diinstall ke drive dengan format NTFS.

Kompatibilitas: Bekerja pada semua versi Windows, Mac, Linux, konsol game, dan perangkat yang praktis dengan port USB.

Batas: 4 GB ukuran file maksimum, 8 TB ukuran partisi maksimal.

Penggunaan Ideal: Gunakan pada removable drive untuk kompatibilitas maksimum, dengan asumsi tidak memiliki file tunggal 4 GB atau lebih besar.

NTFS

NTFS adalah file system modern yang paling disukai Windows. Ketika menginstall Windows, format yang digunakan drive adalah NTFS. NTFS memiliki batasan ukuran file dan partisi yang begitu besar. NTFS pertama kali muncul pada Windows XP.

Selain itu, NTFS dikemas dengan fitur modern lainnya. Mendukung hak akses file untuk keamanan, jurnal perubahan yang bisa membantu memulihkan kesalahan jika komputer mengalami crash dengan cepat, salinan bayangan untuk backup, enkripsi, batas kuota disk, hard link, dan berbagai fitur lainnya. Peran NTFS begitu penting sebagai penggerak sistem operasi, terutama dalam hal perizinan.

File system partisi Windows harus NTFS. Apabila kalian memiliki drive sekunder pada Windows dan berencana untuk menginstal program, mungkin kalian harus membuatnya dengan format NTFS juga.

Akan tetapi, NTFS tidak kompatibel dengan sistem operasi lain. NTFS akan bekerja pada semua versi terbaru Windows. Secara default, Mac OS X hanya bisa membaca NTFS drive, tidak bisa menulis. Beberapa distribusi Linux bisa mengaktifkan NTFS dan bisa menulis, namun beberapa mungkin hanya bisa membaca. Tak satu pun dari konsol PlayStation Sony mendukung NTFS. Bahkan Xbox 360 dari Microsoft sendiri tidak bisa membaca NTFS drive, walaupun hanya Xbox One yang bisa. Perangkat lain bahkan memiliki kemungkinan kecil mendukung NTFS.

Kompatibilitas: bekerja dengan semua versi Windows, namun hanya bisa membaca pada Mac secara default, begitu pula pada beberapa distribusi Linux. Perangkat lain, kecuali Xbox One dari Microsoft mungkin tidak akan mendukung NTFS.

Batas: batasan ukuran file dan partisi sangat besar.

Penggunaan Ideal: gunakan untuk sistem drive Windows dan drive internal lain yang hanya akan digunakan dengan Windows.

exFAT

exFAT merupakan file system yang dioptimalkan untuk flash drive. exFAT dirancang untuk menjadi file system yang ringan seperti FAT32 tanpa semua fitur tambahan NTFS, namun tanpa keterbatasan FAT32. exFAT diperkenalkan pada tahun 2006, dan telah ditambahkan ke versi Windows dengan update pada Windows XP dan Windows Vista.

Seperti NTFS, ExFAT memiliki batas ukuran file dan ukuran partisi sangat besar. Ini berarti memungkinkan untuk menyimpan file yang lebih besar dari 4 GB masing-masing pada flash drive atau kartu SD apabila diformat dengan ExFAT. exFAT merupakan upgrade dari FAT32 dan harus menjadi pilihan terbaik untuk drive eksternal di mana kalian ingin file system yang ringan tanpa batas ukuran file seperti FAT32.

exFAT juga lebih kompatibel dari NTFS. Mac OS X hanya mendukung read-only untuk NTFS, namun Mac menawarkan dukungan read-write untuk ExFAT. exFAT drive bisa diakses di Linux dengan menginstal perangkat lunak yang sesuai.

Kompatibilitas: bekerja dengan semua versi Windows dan versi modern dari Mac OS X, namun membutuhkan software tambahan pada Linux.

Batas: batasan ukuran file dan partisi sangat besar.

Penggunaan Ideal: gunakan untuk USB flash drive dan drive eksternal lainnya, terutama jika perlu file lebih dari 4 GB.

Itulah informasi tentang”Pengertian dan Perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS Lengkap“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares