Informasi

Pengertian Bandwidth, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Bandwidth Lengkap

By

on

Pengertian Bandwidth, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Bandwidth Lengkap – Bandwidth adalah istilah yang merujuk pada suatu nilai konsumsi dalam transfer data yang terjadi antara perangkat server dan client dalam waktu tertentu, biasanya dihitung dalam satuan bps (bit per second).

Dalam jaringan komputer, istilah bandwidth sering dikaitkan dengan data transfer rate, yaitu jumlah data yang dibawa dari satu titik ke titik lainnya dalam waktu tertentu (biasanya dalam satuan detik). Semakin besar bandwidth yang diberikan maka semakin besar kemampuan transmisi data yang terjadi dalam jaringan tersebut.

Jenis-Jenis Bandwidth

Terdapat 2 jenis bandwidth diantaranya yaitu:

Bandwidth Analog
Bandwidth analog adalah bandwidth yang menyatakan perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dalam rentang satuan frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz), yang bisa memastikan banyaknya informasi yang ditransmisikan dalam waktu tertentu. Jenis bandwidth ini sangat jarang digunakan dalam dunia jaringan.

Bandwidth Digital
Bandwidth digital yaitu jenis bandwidth dengan kapasitas yang menentukan jumlah data digital yang bisa ditransmisikan, baik melalui saluran yang menggunakan kabel atau nirkabel dalam waktu tertentu yang dihitung dalam bit. Jenis bandwidth ini banyak digunakan oleh penyedia jasa internet atau ISP di Indonesia.

Fungsi Bandwidth

Secara umum, fungsi bandwidth adalah menghitung besarnya kemampuan dalam transmisi data yang dilakukan pengguna. Selain itu, fungsi bandwidth yaitu:

  • Sebagai media transfer data.
  • Sebagai pembatas kecepatan transfer data.
  • Sebagai pembatas volume data.

Cara Kerja Bandwidth

Saat pengguna terhubung dengan suatu jaringan, maka bandwidth akan bekerja sesuai fungsinya. Jika terhubung ke suatu jaringan, biasanya terdapat batasan volume akses yang diberikan. Untuk itu, kalian perlu menghemat penggunaan bandwidth agar kapasitas data yang akan di akses akan semakin banyak. Karena, semakin besarnya bandwidth yang disediakan, maka semakin besar pula jumlah kapasitas data yang dapat ditransfer.

Itulah informasi “Pengertian Bandwidth, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Bandwidth Lengkap“, semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login

Shares