Android

100% BERHASIL Cara Root Vivo Y12 Tanpa PC atau Laptop MUDAH

By

on

Root android merupakan cara yang dilakukan untuk membuka akses penuh pada sistem android sehingga pengguna dapat melakukan akses perangkat dengan sepenuhnya. Seperti dengan mengubah melakukan custom rom recovery, menghapus aplikasi bawaan ponsel, membobol wifi, mengakses beberapa linux, dan membuat perangkat lebih optimal.

Android sendiri memiliki sistem operasi yang terbuka dari Apache sehingga pengguna dapat sepenuhnya mengelola sistem tersebut. Namun, jika terjadi kerusakan akibat rooting merupakan resiko yang harus ditanggung oleh pengguna dan diluar tanggung jawab pengembang. Beberapa kerusakan yang sering terjadi akibat proses root seperti ponsel kehilangan garansi hingga mengalami bootloop akibat gagal saat proses root.

Salah satu ponsel yang bisa dengan mudah dilakukan root adalah Vivo Y12. Pada Vivo Y12 terdapat cara mudah root Vivo Y12 tanpa PC atau Laptop mapuan install TWRP terlebih dahulu. Untuk itu simak cara root Vivo Y12 dibawah ini.

Baca Juga :

Cara Root Vivo Y12 Tanpa PC atau Laptop

Vivo Y12 merupakan smartphone besutan Vivo yang rilis sejak Juni 2019 yang kerap disandingkan dengan Samsung A20 karena keduanya sama-sama dibanderol dengan harga sekitar 2 juta’an. Vivo Y12 sendiri dibekali dengan layar Halo FullView 6,35 inci dengan resolusi 1544 x 720 piksel dan aspek rasio 19,3: 9. Dan disematkan 3 kamera belakang dengan lensa utama 13MP, lensa ultrawide 8MP dan depth sensor 2MP.Sedangkan pada kamera depan disematkan dengan kamera 8MP. Dan didukung dengan Chipset Helio P22 seperti yang di gunakan pada Vivo Y15.

Untuk melakukan root Vivo Y12, pengguna terlebih dahulu perlu melakukan Unlock bootlooader Vivo Y12. Dengan membuka Unlock bootlooader, maka akan lebih mudah saat melakukan root Vivo Y12. Untuk itu berikut ini cara Unlock bootlooader Vivo Y12. Simak langkah dibawah ini dengan benar agar proses Unlock bootlooader Vivo Y12 berhasil.

Cara Unlock bootlooader Vivo Y12

  • Kabel Data/USB original Vivo Y12
  • Siapkan Laptop atau Komputer
  • Download ADB Fastboot Tools dan extrak file di Laptop atau Komputer
  • Download Driver USB VIVO Y12 di Laptop atau Komputer

Setelah itu, aktifkan menu OEM Unlock dan USB Debugging, berikut caranya:

  • Ekstrack File Vivo ADB Fastboot Tools di laptop atau komputer dengan cara klik kanan file, lalu pilih Extract Here.
  • Lalu buka folder Vivo Fastbot, lalu klik dan tahan tombol shift, lalu klik kanan pilih Open command window here/Open PowerShell window here.

  • Setelah itu akan terbuka jendela Command Line.
  • Lalu hubungkan Vivo Y12 ke laptop atau komputer menggunakan kabel USB.
  • Selanjtunya pada jendela Command Line ketik adb devices, untuk pengecekan apakah Ponsel telah terdeteksi atau tidak. Perhatikan gambar dibawah ini…

  • Setelah itu ketikkan adb reboot bootloader, maka ponsel akan restart dan otomatis masuk ke fastboot mode.

  • Selanjutnya ketikkan fastboot bbk unlock_vivo, dan jika proses berhasil maka akan muncul tulisan Device is unlock di smartphone anda.
  • Langkah terakhir, ketik fastboot reboot dan tekan Enter untuk reboot/restart Hp. Selesai.

Setelah berhasil melakukan Unlock bootlooader Vivo Y12, langkah selanjutnya yaitu melakukan root Vivo Y12. Cara root Vivo Y12 ini menggunakan menggunakan aplikasi Kingroot, karena itu pastikan anda memiliki koneksi internet yang stabil agar aplikasi dapat memperbarui database atau file jke dalam file sehingga proses root berjalan lancar dan berhasil.

Cara Root Vivo Y12 dengan Kingroot

  • Terlebih dahulu download Aplikasi Kingroot versi terbaru
    Lalu install aplikasinya. Jika muncul notifikasi “Google installation blocked message” maka pilih “More details” lalu pilih “Install anyway (unsave)” dan “Ok”. Perhatikan gambar dibawah ini.

  • Pastikan kembali smartphone memiliki koneksi yang stabil
  • Selanjutnya akan muncul jendela perintah, Pilih “install” untuk mulai proses installasi aplikasi kingroot. Setelah selesai, pilih “Open” untuk menjalankan aplikasi.
  • Setelah aplikasi kingroot terbuka, lalu klik tombol “Try It”

  • Selanjtunya agar kingroot dapat memberikan akses root pada vivo Y12, klik pada tombol “Start Root” untuk mulai proses rooting.

  • Tunggu proses root selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menitan. Jika proses root selesai maka akan muncul notifikasi “Root Succesfully”

  • Sampai disini proses root Vivo Y12 berhasil dilakukan.

Langkah terakhir yaitu install aplikasi Root Checker di Play Store dan jalankan. Jika muncul pesan 100% berwarna hijau maka proses root telah berhasil dan anda dapat melakukan akses penuh terhadap ponsel anda.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Root Vivo Y12 Tanpa PC atau Laptop. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login