100% Work Cara Lock Jaringan 4G LTE Only HP ASUS Zenfone Semua Tipe MUDAH | Pro.Co.Id

Informasi

100% Work Cara Lock Jaringan 4G LTE Only HP ASUS Zenfone Semua Tipe MUDAH

By

on

Saat ini jaringan 4G merupakan jaringan yang dapat mengakses internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya seperti jaringan 3g, 2G atau H+, sehingga membuat jaringan 4G kini banyak digunakan oleh pengguna smartphone, termasuk pengguna ASUS Zenfone.

Seperti yang kita ketahui, jaringan 4G LTE merupakan jaringan internet yang memiliki akses lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan jaringan sebelumnya, seperti 3G atau 2G. Jaringan 4G LTE memiliki kecepatan download hingga 1GB/detik dan kecepatan unggah mencapai 250MB/detik, namun kecepatan tersebut tetap dipengaruhi oleh provider penyedia layanan.

Dengan kecepatan akses tersebut, tentunya akan sangat mendukung aktivitas pengguna smartphone untuk berselancar menggunakan internet, seperti untuk melakukan pekerjaan, bermain game, menonton video youtube maupun bersosial media.

Meskipun demikian, tidak semua daerah telah suport oleh jaringan 4G secara penuh. Terdapat beberapa daerah yang masih mengalami kesulitan mengakses jaringan 4G seperti didaerah pedesaan dan pegunungan, sehingga kadang koneksi interner berubah ke 3G HSPA meskipun smartphone yang digunakan telah suport jaringan 4G.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara yang bisa dilakukan agar smartphone tetap bisa mengakses jaringan 4G LTE yaitu dengan mengunci jaringan 4G LTE atau lock jaringan 4G.

Apa itu Lock Jaringan 4G LTE Only? Lock Jaringan 4G LTE Only adalah cara yang dilakukan untuk mengubah jaringan internet di HP agar tetap berada di koneksi jaringan 4G LTE saja atau disebut juga dengan mengunci jaringan 4g LTE di smartphone. Dengan melakukan perubahan tersebut, maka ponsel akan fokus mencari jaringan 4G LTE Only saja tanpa merubah ke jaringan 3G atau H+. Langkah ini akan lebih efeisien jika dilakukan pada lokasi yang telah suport dengan jaringan 4G. Langkah lock jaringan 4G hanya direkomendasikan bagi pengguna Asus Zenfone yang mengalami masalah karena jaringan 4G tidak stabil.

Lalu Bagaimana cara mengunci jaringan 4G di HP ASUS Zenfone Semua Tipe? Cara untuk mengunci jaringan 4G di HP ASUS Zenfone Semua Tipe dapat dilihat melalui penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : 

Cara Lock Jaringan 4G LTE Only HP ASUS Zenfone

Sebelum mengetahui cara mengunci jaringan 4G di HP ASUS Zenfone, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Untuk itu, berikut ini beberapa syarat untuk mengunci jaringan 4G di Hp ASUS Zenfone, antara lain:

  • Terlebih dahulu pastikan smartphone ASUS Zenfone anda telah mendukung internet 4G LTE.
  • Pastikan anda menggunakan SIM card yang telah suport jaringan 4G. Jika belum, maka lakukan aktifasi SIM Card di gerai operator terkait terdekat disekitar anda.
  • Lakukan registrasi kartu
  • Pastikan anda memiliki kuota internet.
  • Pengaturan ini dapat dilakukan pada daerah yang memiliki jaringan 4G stabil.

Jika syarat diatas telah terpenuhi, namun smartphone anda belum bisa mengunci sinyal 4G LTE dan jaringan sering berubah-ubah sebaiknya gunakan beberapa cara dan trik dibawah ini.

LOCK JARINGAN 4G DENGAN KODE RAHASIA

Cara paling umum yang digunakan untuk mengunci jaringan 4G di HP Asus Zenfone yaitu dengan menggunakan kode rahasia, termasuk juga pada Asus Zenfone. Smartphone android sebenarnya dilengkapi dengan beberapa kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengakses menu pengaturan, termasuk pengaturan jaringan. Meskipun demikian, ada beberapa jenis dan tipe android yang tidak bisa mengakses kode rahasia tersebut. Namun tidak dengan ASUS Zenfone, asus telah suport dengan fitur tersebut, sehingga pengguna dapat melakukan pengaturan jaringan menggunakan kode rahasia. Berikut cara mengunci jaringan 4G melalui kode rahasia.

  • Buka dial pad di HP Asus Zenfone anda.
  • Lalu ketikkan kode rahasia *#*#4636#*#*
  • Setelah itu secara otomatis akan muncul jendela Phone Information.
  • Klik pada kolom Jaringan, lalu atur menjadi LTE Only.
  • Selanjutnya tunggu hingga koneksi jaringan 4G LTE muncul dan anda dapat menikmati koneksi internet dengan lancar.

Meskipun cara lock jaringan 4G LTE di Asus Zenfone bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Kita juga dapat menggunakan beberapa jenis aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk mengunci jaringan 4G. Berikut aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci jaringan 4G.

LOCK JARINGAN 4G DENGAN APLIKASI TAMBAHAN

Terdapat beberapa aplikasi yang tersedia di google play store untuk mengganti pengaturan jaringan ke 4G LTE Only. Beberapa aplikasi tersebut sebenarnya memiliki fungsi dan tujuan yang mirip dengan metode pengaturan lock jaringan menggunakan kode rahasia.

Hanya saja dengan aplikasi tamabahan, membuat pengguna lebih efisien tanpa harus mengetik kode satu persatu yang terkadang pengguna lupa dengan kode yang tepat.

Contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci jaringan 4G LTE Only di hp Asus zenfone yaitu aplikasi 4G LTE Switch. Aplikasi ini merupakan salah satu jalan pintas untuk mengakses menu Device Info dan dapat digunakan tanpa melalui akses root. Berikut cara lock jaringan 4G menggunakan aplikasi 4G LTE Switch.

  • Terlebih dahulu download aplikasi 4G LTE Switch, instal dan buka aplikasinya.
  • Jika muncul pesan Install Block, pilih Pengaturan, dan beri centang pada Unknown Source.
  • Selanjutnya jalankan aplikasinya, maka secara otomatis akan diarahkan ke menu Pengujian.
  • Scroll kebawah dan pilih opsi Set Preferred Network Type
  • Pada icon segitiga dibagian bawah tulisan, pilih LTE Only.
  • Selesai.

Dengan melakukan Lock Jaringan 4G LTE ini, anda tidak lagi merasakan berselancar internet dengan lambat, karena dengan cara ini anda bisa menikmati koneksi internet yang lebih cepat dibanding biasanya. Hanya saja akan ada beberapa hal yang terjadi pada smartphone anda seperti HP tidak bisa menerima atau melakukan panggilan , hingga tidak bisa mengirim pesan.

Selain itu, biasanya battere hp akan lebih boros dan terjadi peningkatan suhu panas secara signifikan akibat sistem smartphone yang dipaksa menjadi dan menerima sinyal 4G saja.

Jika smartphone Realme anda mengalami hal demikian, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengembalikan kembali ke jaringan 4G atau LTEOnly ke jaringan 3G.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Lock Jaringan 4G LTE Only di HP Asus Zenfone. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login