fbpx

Android

10 Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Penuh Pada Smartphone Android SANGAT MUDAH

By

on

Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Penuh –¬†Notifikasi penyimpanan internal yang hampir penuh atau ruang penyimpanan tidak cukup bisa terjadi pada semua smartphone Android. Namun paling sering notifikasi ini muncul pada smartphone android yang memiliki memori internal kecil. Hal ini akan cukup mengganggu, apalagi notifikasi muncul pada saat anda sedang melakukan proses download aplikasi atau game. Untuk mengatasi masalah tersebut, inilah 10 Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Penuh Pada Smartphone Android.

Terdapat 2 faktor penyebab seringnya muncul notifikasi penyimpanan internal hampir penuh. Faktor pertama disebabkan karena aplikasi bawaan ROM pabrikan terlalu banyak sehingga membuat ruang penyimpanan internal terpakai banyak. Faktor kedua disebabkan karena kesalahan pengguna saat memanfaatkan penyimpanan pada memori internal seperti banyak file besar yang seharusnya tidak disimpan di memori internal.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah memori internal hampir penuh. Untuk mengetahuinya dibawah ini adalah Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Penuh Pada Smartphone Android.

Jangan Asal Install Aplikasi

Solusi paling mudah untuk mengatasi masalah memori internal hampir penuh pada HP android adalah dengan tidak sembarangan menginstall aplikasi. Karena ketika anda menghapus aplikasi tersebut, maka aplikasi akan meninggalkan sampah yang tidak anda sadari dan menyebabkan memori penyimpanan sampah bertumpuk.

Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Cara selanjutnya untuk mengatasi memori internal hampir penuh yaitu dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau Micro SD. Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yaitu dengan masuk menu pengaturan >> manajemen aplikasi >> pilih aplikasi dan tap pindahkan ke SD Card.

Pindahkan File Foto, Musik, dan Video ke Memori Eksternal

Selain aplikasi, data lainnya yang bisa anda pindahkan ke memori eksternal adalah file foto, musik dan video. Cara ini dapat memberikan ruang labih pada memori internal. Cara memindahkan file foto, musik dan video ke memori eksternal yaitu.

  • Buka file Manager
  • Lalu buka folder penyimpanan foto, musik dan video seperti Gallery
  • Lalu pilih file yang akan dipindahkan ke memori eksternal
  • Pilih opsi “Move (pindah)” atau “Copy (Salin)”.
  • Selanjutkan arahkan ke perintah Paste ke folder penyimpanan memori eksternal.

Atur Penyimpanan Hasil Foto

Cara selanjutnya yaitu dengan ubah aturan penyimpanan hasil jepretan kamera ke memori eksternal. Cara mengganti lokasi penyimpanan foto dari kamera ke memori eksternal yaitu.

  • Buka camera
  • Lalu cari icon “Gear” tap icon tersebut
  • Lalu cari menu Lokasi Penyimpanan dan pilih SD Card
  • Maka penyimpanan foto akan berpindah ke peyimpanan eksternal.

Hapus Pesan

Meskipun tidak memiliki pengaruh yang besar pada ruang penyimpanan, namun history pesan dapat membantu mengurangi beban kinerja memori internal. Karena itulah kita perlu menghapus history pesan di Smartphone anda dengan cara.

  1. Delete semua history pesan yang ada pada smartphone
  2. Delete inbox atau pesan yang ada pada semua sosial media yang anda gunakan seperti WhatsApp, BBM, LINE, Facebook, Instagram dan lainya.

Delete Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Game adalah aplikasi yang paling banyak memakan ruang penyimpanan internal HP. Jadi jika aplikasi tersebut sudah tidak lagi anda gunakan, maka sebaiknya segera di hapus. Cara delete aplikasi diandroid sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Setelan >> Manajemen Aplikasi
  • Lalu cari aplikasi yang akan anda hapus
  • Selanjutnya Tap “Hapus Instalasi”

Delete File Cache

Selain delete aplikasi, anda juga perlu delete cache pada sistem android. Untuk menghapus cache anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master atau menggunakan menu pengaturan. Cara menghapus file cache adalah sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Setelan >> Manajemen Aplikasi
  • Cari aplikasi dan tap Clear Cache

Delete Data Aplikasi Offline

Aplikasi offline adalah aplikasi yang menyediakan konten seperti gambar, video, musik atau artikel yang dinikmati secara offline. Contohnya seperti youtube dengan fitur offline, joox, google musik dan lainnya. Cara delete daata aplikasi offline yaitu dengan.

  • Buka aplikasi “ex. Youtube” buka “Profil Anda”
  • Pilih Pengaturan >> Unduhan >> Hapus Unduhan.
  • Atau buka menu Library pada pojok kanan bawah
  • Buka menu Unduhan, maka akan terlihat daftar data offline anda.
  • Selanjutnya buka Icon titik tiga disebelah video yang akan anda hapus.
  • Pilih menu “Hapus dari Unduhan” lakukan satu persatu pada setiap video.

Hindari Update Aplikasi Otomatis

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah penyimpanan internal adalah dengan tidak memperbolehkan Play store melakukan update aplikasi secara otomatis. Dengan cara ini akan membuat memori smartphone tetap terjaga.

Lakukan Factory Reset

Cara paling mentok yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah memori penyimpanan internal adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik. Hanya saja semua data yang ada didalam Smartphone dan aplikasi pihak ke 3 akan hilang dan kembali ke setelan semula seperti saat awal beli.

Cara ini bisa anda lakukan ketika android mengalami eror yang tidak diketahui penyebabnya. Dengan melakukan factory reset maka akan membuat Smartphone menjadi kembali ringan seperti baru beli.

Lakukan cara factory reset dengan cara buka pengaturan >> pilih cadangkan dan atur ulang >> Reset Data Pabrik.

Dengan 10 Cara Mengatasi Memori Internal Hampir Penuh Pada Smartphone Android diatas, besar kemungkinan ruang penyimpanan internal smartphone akan lebih berkurang. Sehingga membuat performa smartphone menjadi lebih maksimal.

You must be logged in to post a comment Login

Shares