Informasi

Cara Mengatasi Lupa Password di BIOS Komputer & Laptop Paling Mudah

By

on

Salah satu cara paling aman untuk melindungi komputer/laptop agar aman dari tangan-tangan jail adalah dengan mengunci file/folder di Windows. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengunci file/folder di Windows, salah satunya dengan memberikan password pada BIOS. Pemberian password BIOS dapat anda lakukan pada saat proses Booting sedang berjalan, dan dengan menekan tombol F2 pada Keyboard. Namun apa jadinya jika kita lupa kata sandi atau pasword BIOS? Sebagai manusia, tentunya hal tersebut bisa saja terjadi, masalah ini kerap terjadi karena kebanyakan pengguna jarang melakukan proteksi melalui Menu BIOS sehingga banyak pengguna yang mengalami masalah lupa Password BIOS di komputer/Laptop.

Kebanyakan pengguna OS Windows biasanya melakukan proteksi terhadap komputer/laptop dengan melakukan cara mengunci komputer dengan memberikan password pada akun untuk Login. Meskipun cara tersebut dinilai cukup efektif untuk melindungi keamanan komputer/laptop, namun hanya dengan mengunci melalui User Account, orang lain masih saja bisa membuka Booting dan dapat login screen. Bahkan bagi mereka yang memiliki keahlian menggunakan Linux Live Cd atau Windows Live Media masih bisa mengakses dan menyalin semua data yang ada di komputer anda.

Untuk itu salah satu cara paling aman yang dapat anda lakukan untuk melindungi komputer adalah dengan mengunci komputer menggunakan BIOS, karena sebelum Booting ke sistem operasi, terlebih dahulu BIOS akan menanyakan password terlebih dahulu. Meskipun masih ada kemungkinan password BIOS dapat direset dengan melepas baterai CMOS di motherboard. Namun cara tersebut tergolong ribet karena kita harus melepas casing komputer/membongkar laptop sehingga lebih sulit dilakukan.

Baca Juga : Cara Mengubah User Name Account di Windows 10

Namun apa jadinya jika kita lupa Password BIOS selain dengan melepas baterai CMOS? ada cara lain yang bisa untuk mengatasi lupas password di BIOS, yaitu dengan menggunakan layanan pihak ketiga untuk mereset Password BIOS. Untuk lebih jelasnya, simak Cara Mengatasi Lupa Password di BIOS Komputer & Laptop dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password di BIOS Komputer & Laptop

Bagi anda yang sedang mengalami masalah lupa password BIOS di komputer/laptop, tidak usah bingung, karena terdapat cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Jika dengan membuka batterai CMOS pada komputer atau laptop dinilai cukup repot dan sulit untuk melakukan reset password BIOS, maka cara dibawah ini bisa anda lakukan dengan mudah yaitu dengan menggunakan bantuan layanan pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya simak caranya dibawah ini.

Langkah pertama terlebih dahulu hidupkan komputer, lalu masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol F2, F10 atau pun Delete. Namun pada masing-masing komputer/laptop memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke menu BIOS. Setelah berhasil masuk ke menu BIOS, maka akan muncul jendela BIOS yang telah terproteksi dan anda bisa memasukkan pasword di kolom yang tersedia.

Namun karena anda lupa password BIOS maka selanjutnya akan muncul jendela notifikasi System Disabled dengan kode yang tertera seperti gambar dibawah ini.

Setelah muncul kode, maka perhatikan atau tulis kode tersebut. Karena kode tersebut merupakan kode yang dapat anda gunakan untuk menemukan password atau kata sandi baru di BIOS.

Setelah mendapatkan kode tersebut, selanjutnya kunjungi situs https://bios-pw.org/, maka pastikan komputer/laptop terhubung oleh jaringan internet.

Setelah halaman https://bios-pw.org/ terbuka, maka masukkan kode yang anda dapatkan sebelumya, lalu tekan “Get password” .

Baca Juga : Cara Menghapus Lisensi (Product Key) Windows 10 

Selanjutnya maka akan muncul beberapa alternatif password yang bisa anda coba untuk masuk ke BIOS. Lalu tekan Enter dan anda sudah bisa menemukan halaman Menu BIOS kembali.

Sedangkan untuk melakukan Reset password BIOS atau menghapus password BIOS, pilih tabulasi Menu Security di Menu BIOS. Lalu lakukan konfigurasi ulang pada bagian “Set Supervisor Password” dan Enter.

Setelah itu akan muncul tampilan “Set Supervisor Password” untuk melakukan Reset Password.

Lalu di bagian “Enter Current Password” masukkan kode yang didapatkan dari situs https://bios-pw.org/ dan Enter.

Lalu pada bagian “Enter New Password” untuk menghapus kata sandi, maka kosongkan saja dan tekan Enter. Dan dibagian “Confirm New Password” hapus password, lalu tekan Enter.

Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi yang muncul pada tampilan setup notice. Lalu klik Continue untuk menyimpan semua perubahan yang anda buat dan untuk mengakhiri proses tersebut.

Selanjutnya, Restart komputer/laptop, lalu cek kembali dengan masuk ke Menu BIOS. Jika anda bisa masuk BIOS tanpa membutuhkan pasword, maka proses menghapus atau reset password yang anda lakukan telah berhasil. Sedangkan jika anda memiliki niat untuk mengganti paswrod yang baru, maka anda perlu memasukkan password BIOS Yang baru.

Baca Juga : Cara Melihat Product Key atau Lisensi Windows 10

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Lupas Password di BIOS Komputer/Laptop .Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login