Informasi

Cara Mengatasi Error 404 Not Found di Halaman Browser

By

on

Dapat dikatakan internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia, baik digunakan untuk mencari informasi ataupun digunakan untuk mencari uang, khususnya bagi pemilik situs Website. Namun tidak selamanya website yang anda kunjungi atau di kelola selalu aman dari error. Salah satu error yang sering terjadi yaitu munculnya pesan Error 404 Not Found di halaman browser suatu website. Namun, kabar baiknya anda bisa mengatasi Error 404 dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan informasi tentang Cara Mengatasi Error 404 Not Found di Halaman Browser dengan mudah.

Namun sebelum itu, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu error 404 dan faktor penyebabnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Error Unable to start correctly 0xc00007b di Windows 10

Apa Itu Error 404?

Error 404 adalah sebuah pesan peringatan yang muncul pada Browser pencarian ketika anda tidak menemukan halaman atau situs yang diakses, seperti konten yang diakses hilang, diubah ataupun adanya kerusakan pada situs.

Pesan Error 404 not found berasal dari script website yang anda kunjungi atau yang anda kelola. Bisa jadi karena kesalahan pada server hosting tempat menyimpan file website.

Apa Penyebab Error 404?

Ada beberapa penyebab Error 404 yang muncul bisa saja muncul di platform baik di browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, maupun di Google Chrome. Error 404 paling sering muncul pada website yang dibuat dengan menggunakan WordPress. Berikut ini beberapa penyebab Error 404, antara lain:

1. Salah Memasukkan URL

URL digunakan untuk mempermudah pencarian laman dimesin pencarian browser. Untuk berhasil masuk ke alamat atau situs yang dituju, anda harus memasukkan alamat website atau URL yang tepat. Meskipun sepele, salah memasukkan URL juga menyebabkab keluar atau muncul Error 404. Misalnya, anda ingin masuk ke WWW.PRO.CO.ID namun anda salah memasukkan URL ke WWW.PROO.CO.ID.

Baca Juga : Cara Menjalankan Mode Private di Browser

2. Error Cache

Cache merupakan proses penyimpanan data sementara pada halaman HTML yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan bandwidth dan loading server. Namun kadangkala browser yang digunakan melakukan caching pada website yang diakses sehingga muncul tampilan Error 404, meskipun website atau situs yang anda akses bisa dibuka melalui browser lainnya.

3. Masalah pada Compatibility

Masalah Compatibility yang menyebabkan munculnya pesan error 404 biasanya muncul pada website yang menggunakan WordPress. Pada kasus tertentu, masalah pada plugin atau tema juga berpengaruh pada WordPress dalam membuat URL dan permalink website.

4. Pengaturan DNS

Penyebab lain munculnya error 404 bisa juga disebabkan karena domain yang belum dipropagasi ke Domain Name System (DNS). Sehingga menyebabkan muncul pesan error 4040 ketika digunakan untuk mengakses situs website.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya pesan error 404 di browser anda, berikut ini beberapa cara tersebut, antara lain:

Baca Juga : Cara Mengaktifkan IDM di Opera Browser

1. Reload atau Refresh Halaman

Cara paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pesan error 404 di browser adalah dengan melakukan Reload atau Refresh halaman website. Kadangkala cara ini efektif untuk mengatasi beberapa masalah error pada website, biasanya karena terdapat masalah layanan hosting yang digunakan.

Untuk melakukan reload atau refres halaman bisa dilakukan dengan memencet tombol F5 pada keyboard atau dengan klik opsi refress pada address bar sebelah kiri di browser anda.

2. Cek URL

Seperti penjelasan diatas, salah satu penyebab error 404 adalah karena kesalahan penulisan URL. Untuk itu, agar terhindar dari munculnya error 404, coba cek kembali penulisan URL di address bar. Pastikan penulisan URL yang anda tulis benar.

3. Delete Cache dan History Browser

Cara selanjutnya untuk mengatasi error 404 di browser yaitu dengan menghapus Cache dan History Browser. Seperti yang kita ketahui, browser akan menyimpan history penelusuran dalam bentuk cache. ketika salah satu cache menyimpan error 404, maka akan membuat situs yang anda buka terus menerus menampilkan eror 404. Karena itulah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus cache dan history browser.

Cara menghapus History Browser, bisa dilakukan dengan cara dibawah ini:

  • Buka menu setting di browser dan klik History atau tekan CTRL+H
  • Klik pada opsi Clear browsing data
  • Lalu pilih rentang waktu data yang ingin dihapus
  • Pilih opsi Browser history dan Cached images and files
  • Dan klik Clear data.

4. Reset Permalink WordPress

Salah satu faktor yang menjadi penyebab munculnya pesan error 404 adalah cara WordPress menampilkan permalink, berikut ini adalah cara reset Permalink WordPress, yaitu:

  • Buka dashboard WordPress, klik menu Setting, pilih Permalinks.
  • Lalu akan muncul menu pengaturan seperti dibawah ini.
  • Setelah itu kembalikan permalink ke default Plain untuk sementara.
  • Lalu klik Save dan halaman pengaturan akan reload.
  • Selanjutnya kembalikan pengaturan permalink ke sebelumnya yang anda gunakan.
  • Lalu klik Save.
  • Maka proses reset permalink berhasil anda lakukan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10

5. Nonaktifkan Tema dan Plugin

Pada penjelasan diatas, masalah masalah plugin atau tema juga menjadi salah satu penyebab error 404. Maka untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan menonaktifkan tema dan plugin, melalui cara dibawah ini:

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan tema dan plugin melalui Dashboard, berikut diantaranya:

Cara 1: Terlebih dahulu nonaktifkan semua plugin dengan cara buka menu Plugins -> Installed Plugins. Lalu beri centang pada semua plugin yang digunakan, lalu terapkan dengan cara klik Bulk Actions dan pilih Deactivate. Jika dengan menonaktifkan semua plugin, dan error 404 masih muncul, maka anda bisa menonaktifkan salah satu plugin yag menyebabkan error tersebut.

Cara 2: Aktifkan satu persatu plugin yang anda nonaktifkan sebelumnya untuk mengecek plugin mana yang menjadi penyebab munculnya eror tersebut. Jika anda mengaktifkan satu plugin dan error masih muncul, maka artinya plugin tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya Error 404.

Cara 3: Setelah berhasil mendapatkan plugin yang bermasalah, ada baiknya terlebih dahulu update plugin tersebut. Karena bisa jadi munculnya Eror 404 akibat plugin yang tidak di update. Namun, jika plugin sudah di update dan masih tetap muncul pesan eror 404, maka lebih baik uninstall plugin tersebut dan gunakan alternatif lain.

Cara 4: Jika dengan proses uninstall plugin belum bisa mengatasi error 404, maka anda bisa beralih ke tema. Ganti tema yang sedang digunakan dengan tema yang lainnya. Jika dengan cara ini Error tidak lagi muncul, maka dapat dipastikan penyebab munculnya pesan error tersebut berada pada Tema yang anda gunakan.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Error 404 Not Found di Halaman Browser. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login