Cara Factory Reset dan Hard Reset Oppo A7 Mudah 100% Work | Pro.Co.Id

Android

Cara Factory Reset dan Hard Reset Oppo A7 Mudah 100% Work

By

on

Cara Hard Reset Oppo A7 – Ada beberapa alasan mengapa smartphone android perlu dilakukan reset kepengaturan pabrik. Salah satunya karena perangkat terlalu banyak aplikasi sehingga membuat kinerjanya lambat, dan alasan paling umum ketika melakukan reset ke pengaturan pabrik adalah saat menjual smartphone. Tak terkecuali juga pada smartphone Oppo A7. Berikut ini kita akan membahas Cara Hard Reset Oppo A7 dengan dua cara, yaitu melalui menu Pengaturan, atau melalui Recovery Mode jika perangkat tidak bisa booting ke beranda.

Oppo A7 hadir dengan layar sudah waterdrop fullscreen dengan layar yang besar, yaitu 6,22 inci dengan aspek rasio 19:9. Bagian layar Oppo A7 juga dibekali kaca Gorilla Glass 3. Ponsel ini memiliki 16 MP kamera depan yang bahkan lebih bagus dari kamera belakang yang hanya beresolusi 13 MP dan 2 MP. Oppo A7 menanamkan baterai dengan kapasitas besar, yaitu 4.230 mAh.

Hard Reset adalah proses menghapus seluruh data yang tersimpan pada Smartphone, termasuk seluruh aplikasi pihak ke 3 yang telah di install dalam smartphone, serta mengembalikan smartphone seperti kondisi awal settingan pabrik.

Proses hard reset pada smartphone dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat ponsel. Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan melakukan hard reset adalah untuk membersihkan Virus pada ponsel, mengatasi masalah pada kunci / lock screen smartphone yang Lupa Pin, Lupa Pola, Lupa Kata Sandi serta masalah pada Sidik Jari, untuk memperbaiki Bug pada ponsel, dan mengatasi Ponsel yang Lag, Lemot, atau Lelet.

Cara Reset Oppo A7

Sebelum melakukan Hard Reset, sebaiknya lakukan Backup Data File terlebih dahulu, karena setelah proses hard reset selesai, semua file dan aplikasi pihak ke 3 pada smartphoe akan terhapus secara otomatis.

Selanjutnya pastikan baterai ponsel terisi penuh atau minimal terisi 7-% agar tidak mengganggu proses hard reset.

Proses reset pada android biasanya menggunakan 2 cara umum, yaitu reset melalui menu Pengaturan (Setelan) dan melalui Recovery Mode. Simak cara factory reset / hard reset Oppo 7 berikut ini.

Cara Factory Reset Oppo A7

Proses factory reset cukup aman dilakukan karena dalam proses ini anda bisa memilih opsi reset sesuai dengan kebutuhan. Seperti mengamankan data-data penting, seperti file, foto atau video. Berikut langkah factory reset:

  • Buka menu Setelan pada Oppo A7.
  • Pilih menu Setelan Tambahan, lalu tap Buat Cadangan dan Reset.
  • Selanjutnya pilih Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  • Akan langsung keluar tiga piliha opsi, antara lain:
    • Hapus Semua Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar”, pilih opsi ini untuk mereset pengaturan dan data aplikasi, tetapi data seperti dokumen, foto, video dll tidak akan hilang.
    • Hapus Semua Konten dan Pengaturan”, pilih opsi ini maka semua pengaturan dan konten yang tersimpan didalam perangkat akan terhapus.
    • “Hapus SMS dan MMS di Ponsel Ini”, pilih opsi ini maka akan menghapus semua SMS yang ada di perangkat, kecuali yang disimpan di dalam SIM.
  • Pilih opsi sesuai kebutuhan, dan tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.
  • Selanjutnya perangkat Oppo A7 akan booting dan siap digunakan kembali.
  • Proses Selesai.

Cara Hard Reset Oppo A7

Hard reset ini dapat dilakukan melalui ColorOS Recovery. Cara ini biasanya digunakan saat perangkat Oppo A7 mengalami masalah seperti system error atau juga bootloop. Berikut cara hard reset Oppo A7.

  • Pastikan ponsel dalam keadaan full baterai.
  • Setelah itu masuk ke ColorOS recovery dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan, kemudian tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar.
  • Pilih bahasa, agar lebih mudah pilih English.
  • Lalu pilih Wipe data untuk melakukan reset.
  • Selanjutnya, kembali ke menu ColorOs Recovery, kemudian pilih Reboot.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Hard Reset Oppo A5s

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Hard Reset Oppo A7. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.

You must be logged in to post a comment Login