Informasi

Cara Backup Driver di Windows 10 Melalui Command Prompt, Sangat Mudah!

By

on

Cara Backup Driver di Windows 10 Melalui Command Prompt, Sangat Mudah! – Dalam instalasi komputer, apapun sistem operasinya, hal yang penting adalah adanya driver dari komputer tersebut. Tanpa adanya driver komputer tidak akan bisa mengoperasikan hardware yang terintegrasi dengannya. Jika bisa, maka tidak akan maksimal. Akan tetapi masalah yang sering ditemui oleh para user yaitu keberadaan driver tersebut, ada user yang lupa menyimpan master drivenya atau kendala non teknis lainnya seperti tidak tersedianya driver di situs vedor hardware yang bersangkutan.

Nah, kali ini kita akan memberikan tips cara backup driver di windows 10. Berikut cara membackup driver di windows 10:

Cara Backup Driver di Windows 10 Melalui Command Prompt

1. Disini kita akan memanfaatkan fitur DISM yang bisa digunakan melalui Command Prompt. Sebelumnya, buka command prompt as administrator terlebih dahulu . Setelah terbuka, ketikkan perintah ini:

DISM /Online /Export-Driver /Destination:F:\Driver

Jangan lupa ubah F:\Driver menjadi folder destination atau folder tujuan yang akan menjadi tempat penyimpanan sile backup. Selain itu, pastikan folder yang menjadi destination sudah tersedia karena jika belum maka akan terdapat pesan error. Jika sudah, tekan Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Jika sudah mendapatkan pesan complete successfully, berarti driver telah berhasil di-backup. Kalian bisa cek di folder destination yang kalian tentukan sebelumnya.

Cara Merestore File Backup Driver

Ini mudah, setelah kalian install ulang laptop atau komputer kalian seperti biasa, buka command prompt ad administrator, lalu ketikkan perintah : DISM /Online /Add-Driver /Driver:F:\Driver /Recurse.

Pastikan lokasi/path direktorinya sudah benar sesuai dengan yang dibuat. Ini tidak hanya berlaku pada windows 10, Kalian juga bisa menggunakannya pada windows 8 dan 8.1.

Demikian informasi tentang “Cara Backup Driver di Windows 10 Melalui Command Prompt, Sangat Mudah!“, semoga bermanfaat

You must be logged in to post a comment Login

Shares